Pages

Sunday, July 15, 2018

Efektivitas Guru Komunikatif

Guru tidak dapat menghindari komunikasi. Komunikasi menjadi sedemikian penting dalam diri guru dan dalam pekerjaannya sebagai seorang pendidik profesional. Komunikasi berikut ini dapat dicermati untuk diimplementasiskan dalam gaya komunikasi guru yang berhasil menolong peserta didik dalam proses pembelajaran, khususnya pembelajaran dalam konteks implementasi kurikulum 2013 dan kurikulum berbasis KKNI yang digunakan di perguruan tinggi.
Beberapa gaya komunikasi.

Theo Riyanto (2015) menyebutkan beberapa gaya komunikasi antara lain:

1. Gaya dominan
2. Gaya dramatik
3. Gaya berdebat
4. Gaya animasi
5. Gaya yang mengesankan
6. Gaya relaks
7. Gaya penuh perhatian
8. Gaya terbuka
9. Gaya keramahan
10. Gaya bicara singkat padat

Gaya komunikasi di atas sifatnya umum. Artinya bisa digunakan secara umum maupun oleh individu-individu sebagai pendidik. Namun Theo Riyanto mengungkapkan gaya komunikasi secara khusus untuk guru dan dosen:
1. Ramah/bersahabat
2. Singkat/padat
3. Penuh perhatian
4. Hidup dan animatif
5. Relaks
6. Dramatik

Berdasarkan gaya-gaya komunikasi di atas, gaya komunikasi mana yang efektif bagi guru dan dosen agar secara efektif mengelola proses pembelajaran.Terlebih pembelajaran dalam satuan pendidikan di Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas/Sekolah Menengah Kejuruan (SMA/SMK)menggunakan kurikulum 2013 yang berorientasi pada kompetensi dan karakter dengan model pembelajaran berbasis peserta didik. Pembelajaran berbasis pada peserta didik menempatkan guru sebagai fasilitator, motivator dan peran lain yang relevan dengan pembelajaran berbasis peserta didik.

Bila kita mencermati roh (baca: semangat Kurikulum 2013) yang berbasis pada peserta didik maka kita dapat memilih gaya komunikasi yang cocok untuk kegiatan pembelajaran yang berorientasi kepada peserta didik. Sebelum saya menyelesaikan artikel ini tentang macam-macam gaya komunikasi yang dikemukakan Theo Riyanto, saya ingin membuat kuis bagi pembaca.

Kuis Efektivitas Guru Komunikatif



1. Gaya komunikasi dramatik sangat efektif bagi guru dalam mengelola pembelajaran berbasis peserta didik (Ya Tidak)
2. Gaya komunikasi Gaya yang mengesankan sangat efektif bagi guru dalam mengelola pembelajaran berbasis peserta didik
3. Gaya komunikasi berdebat sangat efektif bagi guru dalam mengelola pembelajaran berbasis peserta didik (Ya Tidak)
4. Gaya komunikasi animasi sangat efektif bagi guru dalam mengelola pembelajaran berbasis peserta didik (Ya Tidak)
5. Gaya komunikasi dramatik sangat efektif bagi guru dalam mengelola pembelajaran berbasis peserta didik (Ya Tidak)
6. Gaya komunikasi relaks sangat efektif bagi guru dalam mengelola pembelajaran berbasis peserta didik (Ya Tidak)
7. Gaya komunikasi penuh perhatian sangat efektif bagi guru dalam mengelola pembelajaran berbasis peserta didik (Ya Tidak)
8. Gaya komunikasi terbuka sangat efektif bagi guru dalam mengelola pembelajaran berbasis peserta didik (Ya Tidak)
9. Gaya komunikasi keramahan sangat efektif bagi guru dalam mengelola pembelajaran berbasis peserta didik (Ya Tidak)
10. Gaya komunikasi bicara singkat/padat sangat efektif bagi guru dalam mengelola pembelajaran berbasis peserta didik (Ya Tidak)
11. Gaya komunikasi Ramah/bersahabat sangat efektif bagi guru dalam mengelola pembelajaran berbasis peserta didik (Ya Tidak)
12. Gaya komunikasi Hidup dan animatif sangat efektif bagi guru dalam mengelola pembelajaran berbasis peserta didik (Ya Tidak)


Jawaban Anda tentu menunjukkan pengalaman dan perenungan filosofis Anda tentang pembelajaran berbasis peserta didik.

Sampai disini dulu, berlanjut pada postingan berikut.

Salam

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.