Efektivitas Kepemimpinan Kepala Sekolah dapat dimulai dengan kesadaran akan dimensi kepemimpinan berikut ini:
1. Melakukan kepemimpinan atas peran berikut ini:
a. Meluruskan kemampuan internal dalam merespon berbagai kebutuhan yang mendesak dari lingkungannya.
b. Menjadi pemimpin pendidikan yang menghasilkan hasil pendidikan yang dibutuhkan masyarakat
c. Merumuskan program-program pendidikan yang terukur
d. Perhatiannya berpusat pada pengubahan manusia ke arah yang diinginkan
e. Mengorganisir sekolah menjadi tempat manusia tumbuh dan berubah menjadi pribadi seutuhnya
f. Menghargai keaslian, kreativitas, inovasi dan perubahan
h. Melaksanakan kepemimpinan yang efektif bagi perubahan.
2. Berkomitmen dalam Pengelolaan Pendidikan. Komitmen tersebut diwujudkan melalui tindakan:
a. Melakukan kemampuan administrasi
b. Cakap melakukan pengelolaan dan eksekutif di sekolah
c. Kemampuan menciptakan perubahan yang paling efektif dalam perilaku kelompok
d. Melakukan kepemimpinan sesuai prosedur-prosedur yang berlaku untuk mencapai tujuan
3. Memiliki Kecerdasan Emosional sebagai Kepemimpinan Kepala Sekolah
a. Kemampuan memahami situasi saat ini
b. Kemampuan Intensitas
c. Kemampuan kreativitas
d. Kemampuan ketangguhan
e. Kemampuan hubungan interpersonal
Salam Efektivitas
No comments:
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.