Pages

Wednesday, November 28, 2018

Tugas Awal Filsafat Ilmu

TUGAS AWAL
MK. FILSAFAT ILMU
Oleh: Yonas Muanley


Standar Kompetensi/Capaian Pembelajaran MK:

Mahasiswa menjelaskan dan menerapkan filsafat ilmu dalam kegiatan Akademis (bimbingan mahasiswa) dan penelitian ilmiah (tesis dan disertasi) dalam bidang Pendidikan Kristen, Teologi, Misi dll.

Deskripsi Mata Kuliah

Filsafat ilmu bertujuan memberikan pengetahuan tentang paradigma keilmuan yang bersifat operasional dalam membentuk:
1. Dosen/pendidik/gembala yang mampu mengajar secara efektif dalam bidang keilmuan, sebab tanpa mengetahui secara mendalam mengenai hakikat dan fungsi keilmuan, maka hal itu tak mungkin dapat dilakukan dengan benar.
2. Dosen yang mampu memberikan bimbingan terhadap mahasiswa yang sedang menyusun skripsi (logika berpikir dalam karya ilmiah)
3. Dosen yang mampu melakukan kegiatan penelitian dan pengabdian pada masayarakat sesuai Tri Dharma Perguruan Tinggi.
4. Dosen yang bersikap dan berperilaku sesuai dengan etika keilmuan. Dalam konteks demikian maka focus penyajian mata kuliah ini meliputi pembahasan tentang ontology, epistemology, dan aksiologi ilmu dan perkembangan pengetahuan ilmiah.
Dengan kata lain, mata kuliah ini bertujuan memberikan pengetahuan tentang paradigma keilmuan yang bersifat operasional. Dalam rangka tujuan ini maka pembahasan mata kuliah ini mencakup ontology, epistemology, dan aksiologi ilmu serta perkembangan ilmu pengetahuan ilmiah.
Pembahasan tentang ontology ilmu difokuskan pada unsure realitas empiric, seperti data, fakta dan informasi serta kedudukannya dalam kegiatan ilmiah.
Pembahasan tentang epistemology ilmu difokuskan pada pengkajian metode ilmiah dan operasionalisasinya dalam metode penelitian.
Pembahasan tentang aksiologi ilmu difokuskan pada nilai-nilai yang terkait dengan kegiatan keilmuan baik secara internal, eksternal, maupun sosial, termasuk di dalamnya etika dan estetika.
Pembahasan materi perkuliahan filsafat ilmu dikaitkan dengan materi yang diberikan dalam perkuliahan Metodologi Penelitian dan Tehnik Analisa Data.


Kompetensi Dasar
1. Mahasiswa mendemonstrasikan kemampuan kognitif, afektif dan psikomotorik tentang filsafat ilmu
2. Mahasiswa mampu mendemonstrasikan kemampuan kognitif, afektif dan psikomotorik tentang ontology ilmu
3. Mahasiswa mampu mendemonstrasikan kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotorik tentang epistemology ilmu
4. Mahasiswa mampu mendemonstrasikan kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotorik tentang aksiologi ilmu
5. Mahasiswa mampu mendemonstrasikan kemampuan menganalisis hubungan filsafat ilmu dengan metodologi penelitian dan tehnik analisa data (instrument dan pengukuran)
Indikator dari setiap Kompetensi Dasar di atas dapat dilihat dalam Silabus Yang akan dibagikan pada saat kuliah.
Tugas-tugas mahasiswa sebelum mengikuti kuliah dan pada waktu kuliah

A. Pra Seminar

Mahasiswa membaca buku-buku filsafat ilmu (buku-buku filsafat Ilmu dijual secara online) silakan kunjungi tokopedia. Sedangkan beberapa paper Yonas Muanley yang tercantum berikut ini dapat dibaca di perpustakaan.

1. Yonas Muanley. Filsafat Pendidikan Pada Pendidikan Agama Kristen (Filsafat Pendidikan Agama Kristen). Jakarta: Program Pascasarjan Pendidikan Agama Kristen Sekolah Tinggi Theologia Injili Arastamar. 2007
2. Yonas Muanley. Teori Kebenaran, Bahan Presentasi Program D.Th. STTBI Semarang.2007
3. Yonas Muanley. Pandanganku Tentang Filsafat Pendidikan (Implementasi Berbagai Aliran Filsafat Pendidikan yang Relevan dalam Pendidikan Agama Kristen. Post Paper Program Pascasarja (D.Th.PAK) STT Baptis Indonesia, Semarang.2007
4. Yonas Muanley. Bahan Ajar Filsafat Pendidikan di STTIA. 2009
5. Yonas Muanley. Kurikulum dalam Alkitab dan Alkitab dalam Kurikulum (lihat filosofis-teologis) hubungan Atena dan Yerusalem/hubungan logi orang non Kristen dan Kristen dalam logos yang berbuah. 2008

B. Membuat Paper (15/8 halaman, kwarto, double spasi) dengan memilih salah satu judul dibawah ini atau usulan mahasiswa yang disetujui oleh dosen.

Judul-judul pre paper:

1. Ilmu dan Filsafat/Filsafat Ilmu Teologi Misi, Teologi Kependetaan, (definisi sempit sampai luas/teori-teori filsafat ilmu pendidikan)
2. Teori Kebenaran : Koherensi, Korespondensi, Pragmatisme
3. Cabang-cabang Filsafat
4. Ontologi Ilmu (teori-teori ontology ilmu Teologi dan atau pendidikan)
5. Epistemologi Ilmu (teori-teori epistemology ilmu teologi dan atau pendidikan)
6. Aksiologi Ilmu (teori-teori aksiologi ilmu Teologi dan atau pendidikan) 7. Hubungan antara Filsafat Ilmu dengan Metodelogi Penelitian dan Analisis Data
8. Instrumen dan Skala Pengukuran dalam Penelitian: ……….
C. Para mahasiswa siap mempresentasikan paper sesuai dengan judul yang dipilih pada saat kuliah dimulai.

D. Post Paper.

Setiap mahasiswa diwajibkan membuat post paper (15/25 halaman) dan dikumpulkan pada waktu yang ditentukan kemudian. Post Paper harus mengikuti norma penulisan karya ilmiah (etika akademis penulisan karya ilmiah).

E. Penilaian

1. Kehadiran ……………………...................………. : 10%
2. Presentasi dan keterlibatan di kelas ………. : 20 %
3. Paper/Laporan (Pra Seminar/Pre Paper) : 20 %
4. Presentasi ……………………………………............ : 20 % (Power Point)
5. Post Paper …………………………………............. : 30 %
100 %

Salam Kasih

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.