(2) Tanggungjawab kedisiplinan, dan kemandirian
(3) Kejujuran
(4) Hormat dan santun
(5) Kasih saying, kepedulian, dan kerjasama
(6) Percaya diri, kreatif, kerja keras, dan pantang menyerah
(7) Keadilan dan kepemimpinan
(8) Baik dan rendah hati
(9) Toleran, cinta Damai, dan Persatuan. (Sri Narwanti, 2011: 25)
Sedangkan menurut Haedar Nashir, ada 13 karakter bangsa yang mesti diupayakan agar terbentu dalam diri peserta didik. Tiga belas karakter itu dirinci sebagai berikut.
(1) Jujur
(2) Berani
(3) Amanah
(4) Adil
(5) Bijaksana
(6) Tanggungjawab
(7) Disiplin
(8) Mandiri
(9) Malu
(10) Kasih sayang
(11) Indah
(12) Toleran
(13) Cinta Bangsa (Kewargaan) (Haedar Nashir, 2013: xiv)
Karakter-karakter di atas mesti terbentuk dalamdiri peserta di di seluuruh Indonesia. Artinya pendidikan karakter di Indonesia bagian Barat, Tengah, dan Barat harus membentuk karakter kebangsaan dalam diri peserta didik.
Pendekatan K2013 memberi ruang yang lebih banyak kepada peserta didik sebagai pribadi yang mampu merekonstruksi pengetahuan yang bernilai bagi dirinya dan lingkungan hidup. Disini guru bertindak sebagai creator, mampu memberdayakan kreativitasnya untuk menolong peserta didik dalam proses pembeajaran.
Tentang karakter, ada banyak buku yang membahas tentang pendidikan karakter. Pembahasan-pembahasan demikian memberi nilai tambah dalam usaha pendidikan karakter di Indonesia. Kita dapat membeli buku-buku yang membahas tentang pendidikan karakter di toko buku terdekat atau kita membelinya secara online seperti membeli di toko pedia.
Semoga bermanfaat
No comments:
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.