Monday, May 20, 2019

Efektivitas Membuat Buku Ajar

Efektivitas Membuat Buku Ajar
Para guru dan dosen dituntut untuk memiliki buku ajar atau bahan ajar. Buku ajar yang disusun guru dan dosen tentu bermanfaat bagi dosen dan mahasiswa dalam keberlangsungan proses pembelajaran. Proses pembelajaran berlangsung dalam instruksi yang jelas. Instruksi tersbut dapat dituangkan dalam buku ajar. Selain itu, buku ajar sangat penting bagi seorang guru dan dosen. Seorang guru maupun dosen yang memiliki buku ajar sendiri tentu sangat berguna bagi guru/dosen dan siswa dan para mahasiswa. Salah satu fungsi buku ajar bagi guru dan dosen yakni perhitungan angka kredit (PAK).
Guru dan dosen yang rajin membuat buku ajar punya peluang mendapat kredit point tertenggi. Dengan kredit tersebut dapat digunakan untuk proses pembelajaran.





Pengertian Buku Ajar

Beberapa pendapat tentang buku ajar

1. Suharjono menyatakan bahwa buku ajar adalah buku yang dipakai oleh warga pembelajar (guru dan peserta didik) sebagai buku pelajaran dalam bidang studi tertentu yang menjadi buku standar yang ditulis oleh mereka yang memiliki keahlian dalam bidang yan ditulis, mereka menulis berdasarkan tujuan instruksional dan beberapa kelengkapan yang memudahkan orang memahami apa yang disampaikan dalam buku tersebut

2. Dalam situs Kemenristek Dikti, buku ajar diartikan sebagai buku pegangan untuk suatu mata kuliah yang ditulis dan disusun oleh pakar bidang terkait dan memenuhi kaidah buku teks serta diterbitkan secara resmi dan disebar luaskan. (Pedoman PAK Dosen 2009)

3. Menurut Hall-Quest dalam Tarigan (1986:11), yang dimaksud dengan buku ajar adalah rekaman pemikiran rasial yang disusun untuk maksud-maksud dan tujuan instruksional.
4. Menurut Lange dalam Tarigan (1986:11), buku ajar adalah buku standar atau buku setiap cabang khusus studi dan terdiri dari dua tipe yaitu buku pokok atau utama dan suplemen atau tambahan.

5. Menurut Bacon dalam Tarigan (1986:11), buku ajar adalah buku yang dirancang buat penggunaan di kelas, dengan cermat disusun dan disiapkan oleh para pakar atau ahli dalam bidang itu dan dilengkapi dengan sarana-sarana pengajaran yang sesuai dan serasi.

Efektivitas Buku Ajar
1. Menolong guru mencapai tujuan instruksional pembelajaran
2. Mengontrol kegiatan mengajar pendidik
3. Menjadi pegangan guru dan peserta didik
4. Menolong peserta didik dalam belajar mandiri
5. Meningkatkan kredit point pendidik

Friday, March 15, 2019

Efektivitas Mencari Informasi Transportasi dengan Handphone

Efektivitas Mencari Informasi Transportasi dengan Handphone
Setiap orang membutuhkan informasi, khususnya ketika mengadakan sebuah perjalanan ke luar kota maka diperlukan informasi-informasi berkait dengan perjalanan tersebut. Demikian juga saya, saya akan mengadakan perjalanan ke Bandara Udara Ujung Pandang-Makassarada tanggal 15 Maret 2019 pada pukul 15.30, nanti pukul 00,05 saya akan berangkat menuju Bandara Soekarno Hatta untuk penerbangan dari Jakarta ke kota Makasar dan selanjutnya ke Palopo dan Tanah Toraja. Untuk perjalanan ini saya perlu mencari informasi, terlebih lagi perjalanan ini sebagian merupakan pengalaman baru maka saya tidak tahu persis berapa biaya perjalanan dengan Bus AC. Syukurlah bahwa kendala ini teratasi dengan Handphone Android yang ada pada saya.







Saya mencari informasi melalui handphone tentang perjalanan bus dari makasar ke Palopo dan dari palopo ke Toraja. Saya kemudian menemukan informasi tentang rental mobil dengan beragam pilihan mobil seperti dengan Kijang, pajero dll. Kita tinggal memilih mobil yang kita sukai. Namun saya tidak memilih pilihan dengan perjalanan rental mobil, saya memilih perjalanan dengan Bus AC.

Beberapa lama kemudian datang seorang temman saya yang mengerti tentang Palopo dan Toraja, ia kemudian menyarankan kepada saya untuk menggunakan shalter bus ketika sampai di Bandar Udara Hasanudin. Menurutnya bila menggunakan shalter mobil maka akan irit pengeluaran, biayanya tidak lebih dari Rp 30.000,00. Saya kemudian mengiayakan untuk nantinya menggunakan sesuai informasi teman saya.

Teman saya kemudian pamit karena ada acara arisan di rumahnya. Pasti acara arisan menyenangkan. Makan bersama ikan bakar, Arsik, dengan ditemani sambal Andalima. Teman saya isterinya dari suku Batak jadi kalau acara di rumah maka ada makanan ciri khas Batak. Kadang saya mendapat jatah makanan. Enak juga.

Kembali ke Handphone, dengan Hp yang kita miliki dan terkoneksi dengan internet maka kita dapat mencari informasi yang kita perlukan seperti informasi perjalanan ke daerah atau perjalanan antar kota. Perjalanan antar kota sering memberi kenangan-kenangan terindah. Saya teringat ketika mengajar di kota Ngabang-Kalimantan Barat. Dari Jakarta yaitu Bandara Soekarno Hatta menuju bandara Pontianak dan dari Pontianak menuju kota Ngabang dengan menggunakan Bus. Demikian juga perjalanan saya dari Pontianak ke Sintang. Semua saaya jalani dengan sebuah passion bahwa mengajar adalah tugas yang harus jalani sampai akhir hidupku.



Perjalanan ke dua kota yang saya sebutkan di atas, terjadi dalam semangat passionku. Bagiku mengajar adalah panggilan hidup yang Tuhan anugerahkan pada diriku. Ayahku seorang guru Sekolah Dasar. Saya sejak memasuki SLTA tidak memilih mengajar menjadi tujuan hidup saya, namun karunia mengajar itu muncul dalam proses perjalanan hidup.
Semoga perjalanan saya di dua kota ini saya laksanakan dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku.

Salam

Thursday, March 14, 2019

Efektivitas Perjalanan dengan Menggunakan Celana Dalam Sekali Pakai

Efektivitas Perjalanan dengan Menggunakan Celana Dalam Sekali Pakai

Hari ini saya hendak mengadakan perjalanan ke sebuah kota yang sangat jauh, saya harus menempuh penerbangan dengan pesawat dari Jakarta menuju Ujung Pandang-Makasar, kemudian melanjutkan perjalanan ke Palopo dan Tanah Toraja. Saya sudah menyiapkan pakaian untuk perjalanan selama 2 Minggu. Hanya saja Tas yang aku bawa sudah terlalu penuh. Saya kemudian berpikir cara efektif tanpa harus membawa pakaian dalam jumlah yang banyak. Salah satu cara yakni mencari informasi dan membeli pakaian yang sekali pakai dan dibuang. Tentu ada pakaian-pakaian tertentu yang hanya sekali pakai dan dibuang.




Pilihan ini disebabkan karena tidak ingin merepotkan diri dalam perjalanan dengan harus mencuci pakaian. Jadi tinggal pakai dan setelah itu dibuang dan ganti lagi dengan yang baru. Ya pilihan ini hanya untuk perjalanan dalam waktu 1 sampai 2 minggu atau katakanlah satu bulan.

Jika demikian pakaian mana yang sekali pakai dan dibuang?

Saya memilih pakaian pada celana dalam. Celana dalam tentu mudah, sudah ada yang menjual produk celana dalam yang memenuhi kebutuhan perjalanan. Kita tidak perlu cuci. Ibaratnya sama dengan tisu, sekali kita pakai tisu dan kita buang sampai kembali ke rumah dan normal lagi seperti biasa. Maksudnya tetap menggunakan pakaian yang dipakai berkali-kali.

Cara di atas kita tempuh karena kita tidak ingin menampung pakaian kotor selama dalam perjalanan ataupun mencuci, apalagi di musim hujan. Jadi kita tinggal membeli pakaian yang sekali pakai. Kita dapat membeli secara online dan pesananpun di antar ke kita.



Saya mengadakan perjalanan ke Sulawesi dalam rangka tugas mengajar. Namun tugas mengajar ini bukan perjalanan dinas pemerintah karena saya bekerja di bidang swasta. Jadi saya ke sana juga sebagai pendidik swasta tetapi memiliki NIDN yang dilekuarkan khusus untuk pendidik di perguruan tinggi swasta. Saya ke sana dalam rangka memenuhi undangan teman saya. Teman saya meminta untuk mengajar selama 2 minggu, setelah itu saya kembali ke Jakarta.

Ya lumayanlah menambah pengalaman ke tempat lain dalam rangka tugas mengajar. Mengajar menjadi pilihan hidup yang saya hidupi secara bahagia. Bahagia bukan karena banyak uang tetapi bahagia karena mengajar adalah pilihan hati atau yang sesuai dengan passion saya.
Saya berangkat ke Makasar dari Bandara Soekarno Hatta dengan menggunakan jasa salah satu pesawat komersial yaitu Citilink. Penerbangan pada jam subuh dan diharapkan tiba di Makasar pada pukul 03.00 dan berhenti seejenak di Makasar dan menuju tempat penantian Bus yang melayani route perjalanan Makasar ke Palopo.

Saya mencoba mencari informasi harga Bus dari Makasar ke Palopo dan ternyata saya kketemu sebuah informasi yang memastikan kepada saya harga tiket Bus AC Makasar ke Palopo, kisaran Rp 150.000,00 an. Sekarang tinggal klik dan dapat informasi melalui Hp Android,

Salam

Wednesday, March 13, 2019

Efektivitas Pembelajaran K13 dalam ranah Karakter

Efektivitas Pembelajaran K13 dalam ranah Karakter
K13 adalah singkatan dari kurikulum 2013. Kehadiran kurikulum dalam dunia pendidikan mulai dari Sekolah Dasar sampai perguruan tinggi karena pembelajaran adalah usaha terencana maka sangat penting kurikulum dalam pembelajaran. Dengan demikian pembelajaran berbasis K2013 memiliki efektivitas dalam aspek pembenatukan karakter. Dikatakan demikian karena Kurikulum 2013 adalah kurikulum berbasis kompetensi dan karakter. Maka efektivitasnya jelas yaitu membentuk karakter peserta didik. Guru yang terlibat dalam melaksanakan K2013 berusaha agar peserta didik didik dalam pembentukan karakter seperti dalam kurikulum 2013 berbasis karakter tentu yang dimaksudkan yaitu karakter peserta didik sebagai anak bangsa. Ada sejumlah karakter bangsa yang mesti terbentuk dalam diri peserta didik. Karakter yang dimaksud yaitu:



(1) Cinta Tuhan dan alam semesta beserta isinya
(2) Tanggungjawab kedisiplinan, dan kemandirian
(3) Kejujuran
(4) Hormat dan santun
(5) Kasih saying, kepedulian, dan kerjasama
(6) Percaya diri, kreatif, kerja keras, dan pantang menyerah
(7) Keadilan dan kepemimpinan
(8) Baik dan rendah hati
(9) Toleran, cinta Damai, dan Persatuan. (Sri Narwanti, 2011: 25)

Sedangkan menurut Haedar Nashir, ada 13 karakter bangsa yang mesti diupayakan agar terbentu dalam diri peserta didik. Tiga belas karakter itu dirinci sebagai berikut.

(1) Jujur
(2) Berani
(3) Amanah
(4) Adil
(5) Bijaksana
(6) Tanggungjawab
(7) Disiplin
(8) Mandiri
(9) Malu
(10) Kasih sayang
(11) Indah
(12) Toleran
(13) Cinta Bangsa (Kewargaan) (Haedar Nashir, 2013: xiv)
Karakter-karakter di atas mesti terbentuk dalamdiri peserta di di seluuruh Indonesia. Artinya pendidikan karakter di Indonesia bagian Barat, Tengah, dan Barat harus membentuk karakter kebangsaan dalam diri peserta didik.



Pendekatan K2013 memberi ruang yang lebih banyak kepada peserta didik sebagai pribadi yang mampu merekonstruksi pengetahuan yang bernilai bagi dirinya dan lingkungan hidup. Disini guru bertindak sebagai creator, mampu memberdayakan kreativitasnya untuk menolong peserta didik dalam proses pembeajaran.

Tentang karakter, ada banyak buku yang membahas tentang pendidikan karakter. Pembahasan-pembahasan demikian memberi nilai tambah dalam usaha pendidikan karakter di Indonesia. Kita dapat membeli buku-buku yang membahas tentang pendidikan karakter di toko buku terdekat atau kita membelinya secara online seperti membeli di toko pedia.

Semoga bermanfaat

Efektivitas Pembelajaran Berbasis K13 dalam Ranah Kompetensi

Efektivitas Pembelajaran Berbasis K13 dalam Ranah Kompetensi
Efektivitas K2013 terletak pada aspek kompetensi. Artinya urikulum 2013 dilaksanakan untuk mempersiapkan peserta didik mampu berkompetensi dalam era globalisasi. Untuk mewujudkan maksud ini dibutuhkan perencaan tertulis atau sebuah kurikulum yang cocok dengan tuntutan zaman. Kompetensi menjadi salah satu focus yang mesti diperhatikan dan dilaksanakan secara baik dalam proses pendidikan di sekolah dasar sampai pada sekolah menengah atas. Menurut Mulyasa, kompetensi adalah perpaduan dari pengetahuan, ketrampilan, nilai, dan sikap yang direflesikan dalam kebiasaan berpikir dan bertindak. (Mulyasa, 66). Pelaksanaan K2013 efektif membentuk Kompetensi peserta didik dalam aspek pengetahuan yang diinternalisasi dalam ketrampilan, nilai dan sikap dalam diri setiap orang.



Karakteristik kompetensin yaitu:
(1) Pengetahuan. Tingkat pengetahuan pada seseorang mempengaruhi kadar kompetensinya dalam melakukan sebuah pekerjaan. Pada konteks pembelajaran, karakteristik kompetensi dari sisi pengetahuan merujuk pada kemampuan dan hasil pembelajaran. Misalnya pengetahuan seorang peserta didik. Bila tingkat pengetahuannya baik maka ia akan mengerjakan tugasnya secara baik pula.

(2) Ketrampilan. Karakteristik kompetensi dari sisi ketrampilan yaitu keahlian pada kemampuan pada diri seseorang untuk melakukan sebuah kegiatan seperti pada diri peserta didik mampu mengerjakan tugas pembelajaran, pada sisi guru mampu mengelola proses belajar-mengajar.
(3) Konsep diri dan nilai-nilai. Karakteristik pada unsure ini lebih cenderung pada sikap, nilai-nilai dan citra diri seseorang. Misalnya kepercayaan diri seorang peserta didik pada kemampuannya untuk melakukan sesuatu dalam proses belajar-mengajar
(4) Karakteristik pribadi. Karakeristik pribadi yang dimaksud disini yaitu karakteristik fisik dan konsistensi tanggapan terhadap situasi tertentu

(5) Motif. Untuk motif biasanya berkorelasi dengan emosi, hasrat, kebutuhan psikologis yang memicu tindakan (popi Sopiatin, 2013, 57-59)
Sementara Mulyasa mengemukakan pembelajaran yang dirancang dengan pola kompetensi maka ada beberapa ranah yang terkandung dalam kompetensi yang mesti dikembangkan secara baik. Ranah yang dimaksud Mulyasa dapat dikemukakan sebagai berikut (E.Mulyasa, Op.Cit., 67-68).
(1) Pengetahuan. Kompetensi dalam diri seseorang berkorelasi secara baik dengan tingkat pengetahuan. Oleh karena itu pada level ini, seorang pendidik dapat mengidenfikasi kebutuhan belajar peserta didik dan upaya mengelola pembelajaran sesuai kebutuhan kognitif. Dengan kata lain pengetahuan berhubungan dengan kesadaran dalam ranah kognitif.

(2) Pemahaman. Ranah pemahaman yang dimaksud disini yaitu kedalaman kognitif dan afektif yang dimiliki oleh setiap peserta didik. Tuntutan pada level pemahaman memungkinkan seorang pendidik merancang proses pembelajaran dengan memahami karakteristik dan kondisi peserta didik sehingga tercapai efektivitas dan efisiensi proses pembelajaran.

(3) Kemampuan. Kemampuan atau sering dikenal dalam bahasa Inggris yaitu skill. Skil atau kemapuan peserta didik didefinisikan sebagai sesuatu yang dimiliki oleh setiap peserta didik untuk melakukan kegiatan belajar yang diberikan padanya. Kegiatan belajar pada peserta didik dengan pendekatan kurikulum 2013 tentu member ruang kepada peserta didik untuk aktif dalam belajar. Disini kemampuan peserta didik dapat dikembangkan secara maksimal.

(4) Nilai. Nilai dapat didefinisikan sebagai suatu standar perilaku yang telah diyakini dan secara psikologis menyatu dalam diri seseorang. Misalnya standar perilaku guru dan peserta didik dalam perbuatan baik, seperti: kejujuran, keterbukaan, demokratis, kepedulian dan lain-lain.
(5) Sikap. Sikap yang dimaksud disini yaitu perasaan atau sikap senang tidak senang, suka tidak suka, atau reaksi terhadap sesuatu yang dating dari luar. Misalnya reaksi terhadap orang yang terkena musibah, reaksi terhadap kebersilan prestasi sekolah dan lain-lain.
(6) Minat. Minat dimaknai sebagai kecenderungan seseorang dalam melakukan sesuatu perbuatan. Misalnya minat belajar, minat mempelajari sesuatu, mengerjakan tugas dan lain-lain.



Pendekatan K2013 memberi ruang yang lebih banyak kepada peserta didik sebagai pribadi yang mampu merekonstruksi pengetahuan yang bernilai bagi dirinya dan lingkungan hidup. Disini guru bertindak sebagai creator, mampu memberdayakan kreativitasnya untuk menolong peserta didik dalam proses pembeajaran.

Cara Efektif Membuat Banner Promosi Blog Edukasi

Cara Efektif Membuat Banner Promosi Blog Edukasi
Kita membuat blog yang berisi topik-topik seperti pendidikan perlu dibaca oleh pembaca blog. Namun bagaimana caranya gar blog kita dapat dibaca oleh pengunjung? Ada banyak cara, salah satunya yaitu melalui promosi blog melalui banner. Sekaran ada beragam fasilitas online yang dapat membantu kita untuk membuat banner promosi seperti promosi blog, usaha di bidang pelatihan, kursus dan lain sebagainya. Bagi kita yang belum dapat membuat banner berbayar, kita dapat membuat banner dengan bantuan "Bannersnack. Tersedia beragam ukuran untuk kita. Kita tinggal pilih dan membuat sebuah banner. Bagi kita yang menggunakan fasilitas gratis, diisinkan hanya membuat 1 banner. Namun bila kita upgrade maka kita punya peluang yang lebih banyak dalam membuat banner. Berikut banner yang saya buat untuk promosi blog efektivitas ini. Berikut contoh banner yang saya buat di situs bannersnck.



Saya memilih warna orange karena saya senang dengan warna blogger. Saya menyukai karena saya juga seorang blogger. Silakan teman-teman dapat memilih latar dengan warna yang berbeda dengan pilihan saya. Jika Anda berminat silakan kunjungi BannerSnack.com. Dalam situs ini kita dapat membuat banner iklan promowi blog yang bersifat gratis. ALias gratis. Namun persoalannya sedikit sekali karena banyak yabg malu menggunakan situs yang bersifat gratis. Pada hal blog gratis bila dikerjakaa sevcara baik maka akan memberi hasil yang menggembirakan.




Friday, March 8, 2019

Efektivitas Pemikiran Filsafat Soren Aabye Kierkegaard

Efektivitas Pemikiran Filsafat Soren Aabye Kierkegaard
Soren Aabye Kierkegaard (1841-1846) adalah seorang warga Denmark. Pemirian filsafatnya berkorelasi dengan studi yang pernah dilakukannya dan pemikiran empirisnya tentang realitas. Ia pernah studi teologi di salah satu universitas terkenal yaitu Universitas Kopenhagen-Denmark. Salah satu realitas kehidupannya yakni ia hidup untuk gereja dan perkembangan ilmu pengetahuan.

Soren Aabye Kierkegaard belajar filsafat, kesusastraan dan buku-buku lainnya. Filsafat Hegel juga tentu dipelajari ya secara baik.Ia juga dipengaruhi oleh filsafat Immanuel Kant. Berbagai filsafat yang mempengaruhi dirinya membuat Kierkegaard bersikap kritis dan akhirnya ia terkenal dengan filsafat eksistensial, yang membawanya pada pemikiran filosofis eksistensial yaitu keber-ada-an (eksistensi) manusia bukaanlaj sesuatu yang satatis, tetapi senantiasa menjadi manusia yang selalu bergerak dari kemungkinan menuju suatu kenyataan dari suatu cita-cita menuju kenyataan hidup saat ini (Aripin Banasuru, 2013:49). Ia mengembangkan tiga (3) eksistensi manusia, yaitu:




1. eksistensi estetis
2. eksistensi etis
3. eksistensi religius

Pemikiran eksistensi estetis berkenaan dengan orientasi hidup manusia sepenuhnya diarahkan untuk mendapatkan kesenangan. Kesenangan disini berkenaan dengan hidup manusia yang dikuasai naluri-naluri seksual (libido)oleh prinsip kesenangan yang bersifat hedonis dan bertindak menurut suasana hati. Sedangkan eksistensi estetis kehidupan manusia yang tanpa jiwa dan segenap upaya menikmati fasilitas dunia dan memperhatikan dunia bathinnya. Salah satu tokoh filsafat yang dipilih Kierkegaar untuk menjadi contoh manusia etis yaitu Sokrates. Sokrates dipilih menjadi manusia etis karena ia berkenaan mengorbankan dirinya dengan meminum racun, ia bersedia melakukan ini karena kebenaran yang dipirikirkan dan dibuat dalam manusia. Sedangkan eksisten religius dianggap kehidupan manusia yang irasional, artinya ada hal-hal yang tidak masuk akal. Esensi religius adalah kehidupan yang membangun relasi dengan TUHAN dan hanya mengikuti firman-Nya (Aripin Banasuru, 2013:50,51).

Penjelasan di atas tidak secara utuh menyingkapkan filsafat Soren Kienkegaard tapi paling tidak kita melihat pengaruh pemikirannya terhadap dunia, termasuk dunia pendidikan. Pemikiran filosifis Kienkegaard mempengaruhi filsafat eksistensialisme. Mereka yang senang dengan pemikiran eksistensialisme maka tidak dapat menghindari pemikiran eksistensila yang dikemukakan dan dihidupi oleh "Soren Aabye Kierkegaard". Efektivitas filosofisnya bertahan zaman. Dari waktu ke waktu pemikirannya tetap diperbincangkan oleh siapapun belajar filsafat eksistensial.

Saya sendiri senang dengan perjuangan Soren Aabye Kierkegaard, ia merenung dalam kesendirian dan menemukan apa yang menjadi inti filsafatnya dan dihidupi sampai akhir hidupnya. Pemikiranya dipelajari di Perguruan Tinggi seperti Universitas, khususnya yang memiliki fakultas filsafat, dalam tingkat institu dan sekolah tinggi tentu ada mata kuliah filsafat. Studi filsafat demikian menghantar mahasiswa kepada pemikiran Soren Aabye Kierkegaard. Disini para dosen dan mahasiswa tentu dipengaruhi atau boleh jadi senang dengan filsafat eksistensila Soren Aabye Kierkegaard.

Tempat kelahiran dan negara asal Kierkagaard yaitu Denmark memiliki tempat wisata terkenal, yaitu:

(1) Skagen
(2) Bornholm
(3) Odense
(4) Billund


Bagi mereka yang ke Denmark pasti berkunjung ke tempat-tempat destinasi terkenal di sana. Beberapa diantaranya saya sudah sebutkan di atas.

Semoga bermanfaat