Monday, July 30, 2018

Efektivitas Produk Google For Education

ad300
Advertisement
Menggunakan Produk Google For Education tentu hal yang menyenangkan. Saya sendiri baru menemukan informasi ini. Itulah sebabnya saya menyatakan: Pagi ini tanggal 31 Juli 2018 saya mencari di Google Penelusuran tentang produk google, kemudian saya menemukan beberapa kata kunci yang popular digunakan orang untuk mencari produk google. Kata kunci yang muncul di google Search seperti berikut:
Produk google
Produk Google Inc
Produk Google yang menghasilkan uang
Produk Google untuk bisnis
Produk Google 2018
Produk Google terbaru
Produk Google dan Fungsinya
Produk google yang gagal
Produk Google apa saja
Produk google terbaik



Saya kemudian mengganti kata kunci dengan: ”Produk Google untuk Pendidikan”, hasilnya saya menemukan pada nomor 1 google dengan situs: “Solusi yang dibuat untuk Guru dan Siswa” atau “Google for Education”.

Dalam situs ini saya menemukan beragam informasi yang menggairahkan saya. Kalimat-kalimat yang member semangat kepada saya untuk terus menggunakan produk google untuk dunia pendidikan seperti: Aktifkan kolaborasi dengan G Suite untuk Pendidikan. Tentu saya dapat info baru dan saya akan terus mempelajarinya. Kembangkan potensi pendidikan tinggi dengan solusi Google Cloud. Nah bagian ini sangat cocok dengan dunia saya. Jadi tentu saya sangat bahagia menemukan informasi ini. Saya akan mempelajari Google Cloud untuk pendidikan yang sedang saya kerjakan. Produk dan ide untuk mendorong pengaruh bagi siswa dan pengajar. Kalimat ini juga sangat menyenangkan dan menginspirasi saya. Saya katakana demikian karena ternyata Google menjatuhkan pikirannya pada pendidikan melalui Google Cloud. Singkatnya informasi tentang pemanfaatan produk google untuk pendidikan dapat dibaca di Google for Education. Sedikit bocoran, kalau kita mengunjungi situs ini ada sebuah pernyataan yang saya senangi yaitu: “Mulai dari Pre-K sampai PhD, Google for Education dapat mendukung pengajar, siswa, peneliti, dan organisasi.” Pembaca diminta untuk mempelajarilebih lanjut tentang fitur kolaboratif G Suite untuk:

1. Pendidikan,
2. Chromebook yang canggih dan terjangkau,
3. Big Data,
4. Machine learning, dan
5. Fitur penyimpanan dalam Google Cloud Platform.

Penomoran di atas dilakukan oleh saya. Saya lakukan demikian untuk memudahkan pemahaman siapa saja yang mengunjungi blog efektivitas. Dalam situs GoE (Google for Education) tidak dibuat pembagian seperti nomorisasi di atas. Bila kita mengerti cara menggunakan Google Cloud Platform maka produk ini sebenarnya menolong kita dalam yang bekerja sebagai seorang creator, pengajar, peneliti dan administrator IT sehingga kita dapat mencapai tujuan yang lebih tinggi dan mengalami kemajuan lebih jauh dan dengan cepat, praktis dan mudah. Sumber Daya Pendidikan Google yang perlu kita ketahui Dalam situs edu.google.com dijelaskan bahwa ada ragam sumber daya pendidikan goole lainnya. Sumber daya pendidikan google yang dimaksud yaitu: 1. Google Culture Institute 2. Google Cloud Platform. 3. Pendidikan online terbuka 4. Google Cendekia 5. Google Penelusuran untuk Pendidikan 6. Google Maps untuk Pendidikan Penjelasan untuk enam produk di atas. 1. Pendidikan Online Terbuka: Gunanya yaitu menyediakan pendidikan online terbuka dengan course Builder. Kita dapat menggunakan untuk:

a. Mmembuat dan memberikan kursus online dengan skala luas
b. Mendapatkan analisis mendalam tentang kinerja peserta didik yang kita ajar Untuk memanfaatkan fasilitas ini tentu kita harus pelajari lebih lanjut.

2. Google Penelusuran Pendidikan:

Kita dapat mengggunakan fasilitas ini untuk skala di seluruh dunia dalam hal informasi pada situs pendidikan

3. Google Maps untuk Pendidikan

Fasilitas ini digunakan untuk akses ke sumber daya dan informasi visual dunia untuk membantu pendidik atau pengajar (guru/dosen) dan peserta didik dalam menjelajahi, membuat dan berkolaborasi dengan alat pemetaan. Melalui Google Maps kita dapat menjelajahi secara visual tentang Bumi, Bulan, Mars dan Samudera Raya.
4. Google Cultur Institute
Produk ini menolong kita untuk mengetahui kumpulan jutaan artefak dari beberapa mitra yang dapat dilihat dalam meseum virtual
5. Google Cloud Paltform Produk ini menolong kita untuk menjalankan aplikasi web atau seluler dan juga kursus online dari Udacity sehingga memudahkan peserta didik melakukan apa yang disebut dengan belajar membuat kode dengan menggunakan Google
6. Google Cendekia Google Cendekia dipakai untuk kepentingan di dunia ilmiah seperti menelusuri ragam literature ilmiah dari berbagai disiplin ilmu. Kita bisa gunakan produk ini untuk mencari:
a. Artikel
b. Skripsi
c. Tesis
d. Disertasi
e. Buku
f. Abstrack
g. Keputusan pengadilan
Inofasi google memang luar biasa. Boleh saya katakana: Google menganut teori ketidak sempurnaan. Maka tidak heran bila ada produk-produk yang terus bermunculan. Mereka yang menganut teori kesempurnaan maka akan menggap segala sesuatu sudah sempurna, tidak perlu lagi inovasi untuk hal lama. Silakan kunjungi Google Edu.

Efektivitas menggunakan produk Google For Education tentu bergantung pada keseriusan setiap pendidik dalam memanfaatkan produk google untuk edukasi yang bermanfaat bagi peserta didik dan siapa saja yang menjumpai pemanfaatan produk ini.Saya belum memanfaatkan karena baru ketahui. Saya lebih banyak menggunakan salah satu produk google yaitu Blogspot untuk menjadi media online dalam mempublikasikan bahan ajar. Ada puluhan bahan ajar yang saya buat dengan berbasis blogspot. Misalnya Bahan Ajar Filsafat Ilmu. Silakan pengunjung cari di google dengan kata kunci Bahan Ajar Online dan Mengajar, Meneliti dan Mengabdi. Akan menemukan blog saya. Menggunakan blogspot sebagai media untuk memposting bahan ajar tentu sangat menyenangkan. Di blogspot tidak terlalu ribet. Kita bisa tata sesuai keinginan kita. Template juga kita bisa pakai yang disediakan pihak ketiga.

Selmat menggunakan secara efektif google untuk kemajuan Pendidikan di Indonesia
Share This
Previous Post
Next Post

Pellentesque vitae lectus in mauris sollicitudin ornare sit amet eget ligula. Donec pharetra, arcu eu consectetur semper, est nulla sodales risus, vel efficitur orci justo quis tellus. Phasellus sit amet est pharetra

0 comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.