Advertisement |
1. Identitas Mata Pelajaran.
2. Identitas Sekolah.
Idntitas yang perlu dicantumkan yakni nama satuan pendidikan atau nama sekolah dan kelas
3. Kompetensi Inti
Kompetensi Inti adalah deskripsi tentang kompetensi pada ranah sikap, pengetahuan dan keterapilan yang harus dipelajari untuk dikuasai setiap peserta didik pada suatu tingkat atau jenjang sekolah, kelas, dan mata pelajaran tertentu.
4. Kompetensi Dasar
Kompetensi Dasar adalah kemampuan spesifik yang meliputi aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang berhubungan dengan muatan atau mata pelajaran 5. Materi Pokok.
Materi pokok adalah teori-teori, fakta-fakta, konsep-konsep, prinsip-prinsip yang perlu dipelajari serta Indikator Pencapaian Kompetensi
6. Pembelajaran
Pembelajaran adalah rangkaian proses pembelajaran yang bertujuan agar tercapai kompetensi yang diharapkan.
7. Penilaian
Penilaian atau evaluasi adalah suatu proses penilaian untuk mengetahui ketercapaian kompetensi yang telah ditetapkan
8. Alokasi Waktu
Alokasi waktu adalah lamanya waktu yang dipakai untuk interaksi edukatif dalam proses pembelajaran
9. Sumber Belajar
Sumber belajar adalah tempat di mana peserta didik mendapat informasi pelajaran sehingga terjadilah apa yang disebut dengan pengalaman belajar (perubahan kognitif, afektif dan psikomotorik). Sumber belajar yang dimaksud di sini terdiri dari: Sumber buku, media cetak (koran atau majalah) dan media elektronik atau multimedia, atau alam sekitar serta sumber-sumber belajar lain yang relevan dan termasuk guru juga merupakan salah satu sumber belajar
Efektivitas Silabus dalam artikel ini diartikan sebagai kemampuan mengelola komponen-komponen silabus menjadi susunan yang jelas dan menolong warga pembelajar mencapai tujuan kompetensi yang dicantumkan dalam kompetensi dasar dan indikator-indikator ketercapaian kompetensi dasar. Kompetensi dasar harus merujuk pada kompetensi inti.
Salam
0 comments:
Note: Only a member of this blog may post a comment.