Saturday, April 10, 2021

Ruang Iklan

 [update 2021], Pemilik blog menyediakan ruang iklan bagi yang hendak promosi produk. Ruang iklan tentu menjadi sesuatu yang penting dalam dunia pendidikan. Bagi yang hendak mempromosikan produk pendidikan seperti buku, pelatihan, seminar dll dapat menghubungi kami di alamat yang telah dicantumkan. Saya menerima banner iklan dengan ukuran sbb:


ukuran banner 250 x 300.
Ukuran banner 970 x 90
Ukuran banner Jumbo 300 x 1050 Bahkan ukuran 1 laman blog.

Untuk harga kita dapat sepakati bersama. Yang Berminat silakan hubungi saya melalui:

Nama : Yonas Muanley
Hp : 081388662585
Email : yonasmuanley@gmail.com


Pasang Iklan Anda disini




Bagi yang mau memasang iklan untuk dipublikasikan di weblog ini silakan menghubungi kami. Promosi di blog sangat efektif karena blog dapat efektif berada dalam halaman 10besar google. Ukuran iklan dari ukuran 250x300 sampai pada ukuran yang besar seperti 970 x 90 dan ukuran jumbo 600 x1050 dan seterusnya. Tentu semuanya berpulang kepada pemilik produk atau para sponsor yang mau mempromosikan produknya melalui blog ini.



Promosi dalam dunia Pendidikan seperti promosi kuliah, penerimaan mahasiswa baru, kuliah online yang telah terakreditasi, promosi entrepreneur seperti digital preneur, usaha online dan usaha-usaha lainnya. Topik ini menjadi salah satu pokok percakapan dari Capres hari ini tanggal, 17 Februari 2019. Pertanyaan salah satu calon Presiden yaitu usaha online di Indonesia.

Bila Anda berminat silakan hubungi saya untuk memasang iklan Anda di blog ini.

Wednesday, March 17, 2021

Efektivitas Media Online dalam Pembelajaran Daring di Masa Covid 19

Pengertian

Efektivitas dalam konteks penulisan artikel ini diartikan sebagai ketercapaian tujuan pembelajaran. Tujuan pembelajaran adalah perubahan yang diharapkan terjadi dalam diri pelaku pembelajaran. Perubahan itu tidak lain yaitu perubahan peserta didik dalam kecakapan kognitif, afektif dan psikomotorik. Selanjutnya pelaku pembelajaran yang dimaksud disini yakni orang yang menjadi peserta didik, mahasiswa, peserta seminar, kursus dll. Guru dan dosen serta instruktur juga termasuk dalam pelaku pembelajaran. Artinya selain guru/dosen/instruktur sebagai pengajar/pelatih, mereka juga belajar dan terus menerus belajar meningkatkan kompetensi mereka untuk tugas mengajar/melatih. Namun saya memfokuskan istilah "pelaku pembelajaran" hanya kepada peserta didik. Mengapa saya fokuskan demikian? Karena perumusan tujuan pembelajaran tentu diarahkan kepada peserta didik. Ketika peserta didik mencapai tujuan tersebut maka tercapailah efektivitas pembelajaran yang didalamnya melibatkan guru/dosen/intruktur dan peserta didik/mahasiswa/peserta seminar, dan berbagai komponen yang dipakai dalam upaya mencapai tujuan pembelajaran tersebut. Dalam konteks inilah saya membahas efektivitas media online. Media online adalah segala alat yang dapat dipakai untuk menyampaikan isi pelajaran/materi kuliah/informasi dari guru/dosen/instruktur kepada peserta didik secara online.

Identivikasi Media Online di Masa Pandemi Covid-19

Sejak munculnya virus yang disebut dengan Covid-19 dan penyebarannya ke berbagai penjuru dunia dan telah mengakibatkan banyaknya manusia yang meninggal dunia, kemudian Covid-19 dipandang sebagai musuh manusia di seluruh dunia maka ada upaya untuk mengantisipasi penyebaran virus Covid-19 dengan cara mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak sosial. Tiga tindakan ini wajib dilakukan oleh setiap orang dalam menjaga dirinya terhadap ancaman virus. 

Penyebaran virus Covid-19 berpengaruh pada seluruh sektor kehidupan manusia, termasuk di dunia pendidikan. Kemudian pendidikan dalam arti proses belajar-mengajar dilakukan secara daring. Pembelajaran daring ini memaksa warga pembelajar di sekolah maupun di perguruan tinggi memanfaatkan media-media yang dipakai dalam dunia bisnis seperti pemanfaatan video conference seperti zoom, google meet, dll.

Dalam melakukan pembelajaran daring seperti yang saya sebutkan di atas perlu didukung dengan alat-alat yang menopang terlaksananya pembelajaran daring. Alat-alat yang saya maksdkan antara lain:

1. Komputer

2. Laptop

3. Handphone

4. Tablet

5. iPad

6. dll

Alat-alat di atas tidak akan efektif dalam dunia pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19 bila tidak dimanfaatkan secara baik. Untuk itu mesti menggunakan alat-alat tersebut di atas secara baik agar tercapai tujuan pembelajaran. 

Secara prakticalnya, kebanyakan peserta didik menggunakan laptop dan handphone untuk pembelajaran daring. Umumnya setiap laptop ada camera sehingga sangat menguntungkan dalam pembelajaran yang berbasis video conference. Namun ada pula laptop yang tidak memiliki kamera. Untuk laptop demikian, kita dapat menggunakan webcame dengan harga yang berfariasi bergantung mutu webcame tersebut.

Ada pula yang menggunakan tablet seperti Samsung Tab untuk melakukan proses pembelajaran daring yang berbasis video conference. 




Alat-alat di atas dapat dimanfaatkan secara baik untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan oleh guru/dosen/instruktur dalam materi yang disampaikannya.

 

Wednesday, January 13, 2021

Efektivitas Motivasi Berprestasi Tinggi

Efektivitas Motivasi Berprestasi Tinggi

Apa itu efektivitas motivasi berprestasi tinggi?


Ada ragam pengertian tentang motivasi berprestasi tinggi.Namun dalam artikel ini sengaja penulis tidak membahasnya. Menurut penulis, motivasi berprestasi tinggi adalah kecenderungan tinggi untuk mengerjakan pekerjaan yang memiliki tingkat rintangan yang tinggi.

Motivasi berprestasi adalah proses yang menjelaskan intensitas, arah, dan ketekunan seorang guru untuk mencapai tujuan yang hendak dicapainya. Definisi ini menegaskan tiga hal penting dalam motivasi yaitu: intensitas, arah dan ketekunan. (dimodivikasi dari Wikipedia)

Dalam Wikipedia juga disampiakan bahwa motivasi adalah 'alasan' yang mendasari sebuah perbuatan yang dilakukan oleh seorang individu. Dalam konteks artikel ini, motivasi berprestasi guru adalah alasan yang mendorong perbuatan guru dalam melakukan tugas pembelajaran dan tugas-tugas lainnya seperti melakukan penelitian dan pengabdian masyarakat.

Guru yang memiliki motivasi berprestasi tinggi adalah guru yang memiliki alasan yang sangat kuat dalam dirinya untuk mencapai apa yang diinginkannya dengan mengerjakan pekerjaannya sekarang sebagai seorang guru. Artinya pekerjaan yang akan dilakukan seorang guru bila didasarkan pada motivasi tinggi maka ada alasan untuk mencapai tujuan pekerjaan tersebut karena motivasi yang dimilikinya.

Motivasi memang menjadi salah satu sebab seorang guru melakukan sebuah pekerjaan secara berhasil. Namun aspek lain yang ikut menentukan keberhasilan dari motivasi seorang guru dalam melaksanakan tugasnya sekarang. Aspek yang saya maksudkan yaitu arah. Sudah ada motivasi berprestasi, namun bila tidak ada arah maka keberhasilan pekerjaan sebagai seorang guru tidak akan berjalan secara baik. Jadi, intensitas mesti ada arah. Namun kedua dimesi motivasi ini tidak akan berhasil bila tidak ditopang dengan dimensi ketekunan. Ketekunan dalam melaksanakan suatu pekerjaan itu sangat penting. Tiga unsur motivasi ini menjadi sebab kesuksesasan dalam pekerjaan sebagai seorang guru.

Jadi, elemen motivasi seperti intensitas, arah dan ketekunan ada dalam diri seorang guru yang memiliki motivasi tinggi untuk melakukan pekerjaannya. Misalnya ketekunan menjadi seorang guru yang bermotivasi tinggi mesti secara tekun melakukan tugasnya secara baik. Sifat ketekunan menjadi salah satu penentu tentang kemampuan seseorang dalam durasi waktu tertentu seorang pendidik dan tenaga profesional lainnya mempertahankan pekerjaannya. (Wikipedia)

Selain informasi di atas, silakan perhatikan beberapa pendapat tentang Motivasi berprestasi tinggi dalam deskripsi berikut ini.

Salam

Yonas Muanley