Wednesday, January 13, 2021

Efektivitas Motivasi Berprestasi Tinggi

ad300
Advertisement

Apa itu efektivitas motivasi berprestasi tinggi?


Ada ragam pengertian tentang motivasi berprestasi tinggi.Namun dalam artikel ini sengaja penulis tidak membahasnya. Menurut penulis, motivasi berprestasi tinggi adalah kecenderungan tinggi untuk mengerjakan pekerjaan yang memiliki tingkat rintangan yang tinggi.

Motivasi berprestasi adalah proses yang menjelaskan intensitas, arah, dan ketekunan seorang guru untuk mencapai tujuan yang hendak dicapainya. Definisi ini menegaskan tiga hal penting dalam motivasi yaitu: intensitas, arah dan ketekunan. (dimodivikasi dari Wikipedia)

Dalam Wikipedia juga disampiakan bahwa motivasi adalah 'alasan' yang mendasari sebuah perbuatan yang dilakukan oleh seorang individu. Dalam konteks artikel ini, motivasi berprestasi guru adalah alasan yang mendorong perbuatan guru dalam melakukan tugas pembelajaran dan tugas-tugas lainnya seperti melakukan penelitian dan pengabdian masyarakat.

Guru yang memiliki motivasi berprestasi tinggi adalah guru yang memiliki alasan yang sangat kuat dalam dirinya untuk mencapai apa yang diinginkannya dengan mengerjakan pekerjaannya sekarang sebagai seorang guru. Artinya pekerjaan yang akan dilakukan seorang guru bila didasarkan pada motivasi tinggi maka ada alasan untuk mencapai tujuan pekerjaan tersebut karena motivasi yang dimilikinya.

Motivasi memang menjadi salah satu sebab seorang guru melakukan sebuah pekerjaan secara berhasil. Namun aspek lain yang ikut menentukan keberhasilan dari motivasi seorang guru dalam melaksanakan tugasnya sekarang. Aspek yang saya maksudkan yaitu arah. Sudah ada motivasi berprestasi, namun bila tidak ada arah maka keberhasilan pekerjaan sebagai seorang guru tidak akan berjalan secara baik. Jadi, intensitas mesti ada arah. Namun kedua dimesi motivasi ini tidak akan berhasil bila tidak ditopang dengan dimensi ketekunan. Ketekunan dalam melaksanakan suatu pekerjaan itu sangat penting. Tiga unsur motivasi ini menjadi sebab kesuksesasan dalam pekerjaan sebagai seorang guru.

Jadi, elemen motivasi seperti intensitas, arah dan ketekunan ada dalam diri seorang guru yang memiliki motivasi tinggi untuk melakukan pekerjaannya. Misalnya ketekunan menjadi seorang guru yang bermotivasi tinggi mesti secara tekun melakukan tugasnya secara baik. Sifat ketekunan menjadi salah satu penentu tentang kemampuan seseorang dalam durasi waktu tertentu seorang pendidik dan tenaga profesional lainnya mempertahankan pekerjaannya. (Wikipedia)

Selain informasi di atas, silakan perhatikan beberapa pendapat tentang Motivasi berprestasi tinggi dalam deskripsi berikut ini.

Salam

Yonas Muanley



Share This
Previous Post
Next Post

Pellentesque vitae lectus in mauris sollicitudin ornare sit amet eget ligula. Donec pharetra, arcu eu consectetur semper, est nulla sodales risus, vel efficitur orci justo quis tellus. Phasellus sit amet est pharetra

0 comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.