Monday, July 9, 2018

Efektivitas Pembelajaran Berbasis Peserta Didik

ad300
Advertisement
Apa efektivitas dari paradigma Pembelajaran berbasis peserta didik di banding dengan pembelajaran berbasis guru. Dalam kurikulum 2013 model lama dan Kurikulum 2013 Edisi Revisi mengusung paradigma pembelajaran berpusat kepada peserta didik. Pembelajaran berpusat pada peserta didik berarti pembelajaran yang membuat peserta didik mampu mengembangkan potensi dirinya. Implementasi kurikulum 2013 edisi revisi kini dilakukan di satuan sekolah seperti SD sampai SMA/SMK, sedangkan di perguruan tinggi ada kurikulum berbasis KKNI.

SUmber: Pixabay.com

Ada beberapa jawaban untuk efektivitas pembelajaran berbasis peserta didik:

1. Pembelajaran berlangsung secara menyenangkan
2. Pembelajaran menjadi responsif
3. Pembelajaran menjadi komunikatif
4. Pembelajaran menjadi peluang mengekspresi potensi diri peserta didik
5. Pembelajaran menjadi dialogis dua arah dan banyak arah
7. Pembelajaran menjadi peluang guru mengeksplor diri sebagai fasilitator
8. Pembelajaran menuntut guru sebagai perencana atau strategos yang baik. Guru harus merancang dan menerapkan metode secara baik, yang sesuai dengan K2013 Edisi Revisi
9. Pembelajaran menjadi peluang peserta didik mengalir dalam pengalaman melibatkan pikiran, emosi terjalin dalam kegiatan yang menyenangkan dan menantang
10. Pembelajaran menjadi peluang mendorong prakarsa peserta didik
11. Pembelajaran berlangsung dalam suasana hidup, menyenangkan dan interaktif
12. Pembelajaran memberi peluang peserta didik membangun kerja sama mencapai tujuan.
13. Pembelajaran memberi peluang dalam mewujudkan sikap tolong menolong dalam memecahkan masalah
14. Pembelajaran menjadi arena tukar pikiran/sumbang saran
15 Pembelajaran memberi peluang peserta didik menjadi proses pengalaman mengambil keputusan memcahkan masalah 16. Pembelajaran memberi peluang kepada peserta didik untuk melatih diri dalam analisis dan mengevaluasi kegiatan intelektual memproduksi pengetahuan.
17. Pembelajaran memberi peluang dalam dimensi evaluasi, dimana evaluasi peserta didik bersifat refleksi dan berperan memperbaiki proses untuk untuk meningkatkan prestasi.
18. Pembelajaran tidak terbatas di ruang kelas tetapi di luar ruang kelas, bahkan seluruh jagat.

Demikianlah poin-poin efektivitas pembelajaran yang berpusat kepada peserta didik,

Share This
Previous Post
Next Post

Pellentesque vitae lectus in mauris sollicitudin ornare sit amet eget ligula. Donec pharetra, arcu eu consectetur semper, est nulla sodales risus, vel efficitur orci justo quis tellus. Phasellus sit amet est pharetra

0 comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.