Wednesday, May 22, 2019

Efektivitas Kurikulum IB dan Kurikulum 2013 serta Kurikulum Berbasis KKNI

ad300
Advertisement
Pendidikan yang diselenggarakan di tingkat satuan pendidikan seperti SD, SMP dan SMA/SMK diumpakan sebagai sebuah ladang/tempat benih ditanam disiram dan tumbuh dan menghasilkan buah. Dalam konteks pendidikan, sekolah sebagai tempat membentuk peserta didik mengalami pengalaman belajar yang memampukan mereka dalam melanjutkan pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi maupun ke pasar kerja (tempat kerja). Proses ini dimulai dengan sebuah perencanaan besar yang kita sebut dengan kurikulum. Kurikulum merupakan pengalaman anak yang menjadi tanggungjawab sekolah. Pengalaman itu berupa adanya tujuan, materi, proses dan evaluasi ketercapaian tujuan tersebut.

Dalam proses pembelajaran di sekolah yang ada di Indonesia, kita kenal ada beberapa kurikulum, yaitu kurikulum 2013 atau K13, Kurikulum IB, dan kurikulum berbasis KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia). Kurikulum KKNI dipakai di SMK dan di Perguruan Tinggi. Selain itu ada juga perguruan tinggi yang menggunakan kurikulum IB. Lalu apa efektivitas dari tiga kurikulum tersebut dalam diri peserta didik.
Ketiga kurikulum ini diberlakukan dalam satu ladang yang kita sebut dengan ladang atau tempat atau sekolah.



Kurkulum 2013 dipakai secara nasional di satuan sekolah dasar, menengah pertama, menengah atas. Sedangkan KKNI dipakai di 2 ladang edukasi yaitu di satuan pendidikan dan perguruan tinggi. Satuan pendidikan yaitu kurikulum KKNI diterapkan di SMK. Mengapa demikian? Karena mereka dipersiapkan untuk pasar kerja, berbeda dengan peserta didik yang ada di SMA, mereka harus melanjutkan lagi ke Perguruan Tinggi dan setelah menyelesaikan pendidikan tinggi maka mereka dapat bekerja sesuai bidang profesinya. Sedangkan kurikulum KKNI diipakai di SMK dan Perguruan Tinggi karena mereka akan menjadi pekerja di lapangan kerja yang ada di masyarakat atau mereka sebagai penipta pekerjaan.
Share This
Previous Post
Next Post

Pellentesque vitae lectus in mauris sollicitudin ornare sit amet eget ligula. Donec pharetra, arcu eu consectetur semper, est nulla sodales risus, vel efficitur orci justo quis tellus. Phasellus sit amet est pharetra

0 comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.