Monday, May 20, 2019

Efektivitas Membuat Buku Ajar

ad300
Advertisement
Para guru dan dosen dituntut untuk memiliki buku ajar atau bahan ajar. Buku ajar yang disusun guru dan dosen tentu bermanfaat bagi dosen dan mahasiswa dalam keberlangsungan proses pembelajaran. Proses pembelajaran berlangsung dalam instruksi yang jelas. Instruksi tersbut dapat dituangkan dalam buku ajar. Selain itu, buku ajar sangat penting bagi seorang guru dan dosen. Seorang guru maupun dosen yang memiliki buku ajar sendiri tentu sangat berguna bagi guru/dosen dan siswa dan para mahasiswa. Salah satu fungsi buku ajar bagi guru dan dosen yakni perhitungan angka kredit (PAK).
Guru dan dosen yang rajin membuat buku ajar punya peluang mendapat kredit point tertenggi. Dengan kredit tersebut dapat digunakan untuk proses pembelajaran.





Pengertian Buku Ajar

Beberapa pendapat tentang buku ajar

1. Suharjono menyatakan bahwa buku ajar adalah buku yang dipakai oleh warga pembelajar (guru dan peserta didik) sebagai buku pelajaran dalam bidang studi tertentu yang menjadi buku standar yang ditulis oleh mereka yang memiliki keahlian dalam bidang yan ditulis, mereka menulis berdasarkan tujuan instruksional dan beberapa kelengkapan yang memudahkan orang memahami apa yang disampaikan dalam buku tersebut

2. Dalam situs Kemenristek Dikti, buku ajar diartikan sebagai buku pegangan untuk suatu mata kuliah yang ditulis dan disusun oleh pakar bidang terkait dan memenuhi kaidah buku teks serta diterbitkan secara resmi dan disebar luaskan. (Pedoman PAK Dosen 2009)

3. Menurut Hall-Quest dalam Tarigan (1986:11), yang dimaksud dengan buku ajar adalah rekaman pemikiran rasial yang disusun untuk maksud-maksud dan tujuan instruksional.
4. Menurut Lange dalam Tarigan (1986:11), buku ajar adalah buku standar atau buku setiap cabang khusus studi dan terdiri dari dua tipe yaitu buku pokok atau utama dan suplemen atau tambahan.

5. Menurut Bacon dalam Tarigan (1986:11), buku ajar adalah buku yang dirancang buat penggunaan di kelas, dengan cermat disusun dan disiapkan oleh para pakar atau ahli dalam bidang itu dan dilengkapi dengan sarana-sarana pengajaran yang sesuai dan serasi.

Efektivitas Buku Ajar
1. Menolong guru mencapai tujuan instruksional pembelajaran
2. Mengontrol kegiatan mengajar pendidik
3. Menjadi pegangan guru dan peserta didik
4. Menolong peserta didik dalam belajar mandiri
5. Meningkatkan kredit point pendidik
Share This
Previous Post
Next Post

Pellentesque vitae lectus in mauris sollicitudin ornare sit amet eget ligula. Donec pharetra, arcu eu consectetur semper, est nulla sodales risus, vel efficitur orci justo quis tellus. Phasellus sit amet est pharetra

0 comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.