Tuesday, October 8, 2019

Efektivitas Mobile Learning Berbasis iPad Paling Canggih

ad300
Advertisement
Efektivitas.blogspot.com.- Saya senang membahas metode pembelajaran yang disebut dengan "Mobile Learning", alat yang dipakai dalam learning yang disebut mobile ini meliputi ragam gadget, yaitu mulai dari komputer (Desktop), Laptop, iPad/Tablet, handphone dan lain-lain. Kesenangan tentang mobile learning membuat saya membahas secara khusus tentang penggunaan iPad biasa maupun iPad paling canggih yang disebut dengan "iPad Pro", tentu harganya juga sesuai dengan kecanggihannya. Kita dapat menyebut beberapa iPad seperti: iPad Air yang luar biasa hemat dan luar biasa hebat, iPad Pro yang paling canggih yang pernah ada. Dengan kata lain,kita dapat memilih iPad yang paling populer untuk dipakai dalam pembelajaran.






iPad bukan hanya dipakai dalam proeses pembelajaran tetapi juga dalam dunia kerja. Untuk itu, perhatikan bagaimana efektivitas menggunakan iPad dengan penrnyataan ini: "Pekerjaan lebih mudah diselesaikan dari pada dibicarakan" (www.apple.com/id/ipad-10.2/)
Menggunakan iPad, dapat memudahkan proses pembelajaran. Apalagi pembelajaran yang mengusung model "mobile learning", para pendidik, sambil dudukminum kopi dan menyelenggarakan pembelajaran dengan menggunakan Gadged yaitu iPad yang dapat dibawa ke mana saja. Kita dapat mengadakan pembelajaran sambil duduk santai di mana saja.

Mobile Learning Berbasis iPad

alangkah indahnya bila paradigma ini dipakai dalam pembelajaran, yaitu "proese pembelajaran lebih efektif tercapai dari pada pembelajaran konfensional:.

Mobile learning berbasis iPad tentu efektif dalam menyelesaikan kegiatan belajar-mengajar. Kita dapat mengedit bahan ajar dengan mudah, bahkan pada saat mencari informasi atau mencari rujukan sumber lain di website sambil kita melakukan mengajar dengan cara panggilan face time pada saat bersamaan. Kita juga dapat mengelola semua file kita di suatu tempat yang aman dengan menggunakan aplikasi file. Selain itu ketika kita menulis bahan ajar, atau jurnal ilmiah atau artikel-artikel ilmiah dan membuat presentasi, kita dapat menggunakan papan ketik pada layar atau kita dapat menggunakan (memasang ) smart keyboard dalam ukuran penuh.
Efektivitas mobile learning dengan iPad terletak pada apa yang dikatakan dalam situs (www.apple.com/id/ipad-10.2/) yang saya tulis ulang sbb:

Kita dapat membuat catatan di ruang kuliah/ruang kelas, bahkan menulis tugas-tugas kuliah secara cepat dengan menggunakan Apple Pencil dengan iPad. Tentu ini sangat cocok bagi kita dalam menuangkan ide secara cepat dalam bentuk tulisan. Selain itu pembelajaran dengan menggunakan iPad adalah pembelajaran yang menyenangkan.

Menggunakan iPad dalam proses pembelajaran memberi peluang bagi kita dalam menyatakan secara tulisan ide-ide kreatif seperti melukis,mendesain logo membuat sketsa. Semua ini dapat kita lakukan dengan bantuan Pensil Apple yang dirancang secara spesifik untuk hal-hal kreatif. Kalau mau tau mendetail tentang Gambar iPad dan iPad tercanggih silakan kunjungi Apple

Bila pemasangan link ini tidak dikehendaki oleh pemilik situs yang beberapa idenya saya tulis ulang dalam konteks pembelajaran yang menggunakan iPad maka saya bersedia menghapusnya.
Untuk efektivitas mobile learning berbasis iPad paling canggih bisa dicari bukunya. Caranya melalui penjualan buku online. Mudah-mudahan sudah ada buku tentang topik ini. Bila belum ada, jangan kuatir. Efektivitas mobile learning berbasis Gadget ini tidak harus ada bukunya. Yang penting kita punya iPad kategori paling canggih, kita manfaatkan untuk kepentingan proses pembelajaran. Secara khusus dalam masa Covid-19 dengan sistem "Belajar dari Rumah". Kita dapat menggunakan iPad untuk proses pembelajaran mata pelajaran apa saja yang kita lakukan di rumah maupun di jalan. gadget yang satu ini juga mudah dibawa ke mana-mana, jadi sangat efektif untuk dijadikan sebagai media pembelajaran online. Untuk melaksanakan pembelajaran dengan gadget ini, butuh kemauan kita untuk menggunakannya. Kita harus memulai, dan sambil terus belajar mengembangkan diri mengelola pembelajaran mobile learning berbasis iPad.






Melakukan pembelajaran dengan mobile learning memang menyenangkan. Saya beberapa minggu yang lalu pergi ke sebuah sekolah yang mengundang saya untuk mengajar. Saya hanya membawa handphone. Pembelajaran kami lakukan melalui handphone. Mahasiswa datang dengan gadget yang mereka miliki. Bahan mengajar, saya sudah siapkan di google drive dan dapat diakses melalui handphone. Sebuah pembelajaran yang medianya dapat dikantongi di saku celanan dan baju. Sangat praktis dan tidak memberatkan untuk dibawa seperti membawa laptop ke ruang kuliah.
Jadi, mobile learning berbasis iPad dapat dilakukan dalam satuan pendidikan seperti:
1. Sekolah Dasar Negeri (SD) Negeri maupun Swasta di Seluruh Indonesia
2. Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri maupun Swasta di Seluruh Indonesia
3. Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK) Negeri maupun Swasta di Seluruh Indonesia
Perguruan Tinggi berbentuk:
1. Universitas Negeri maupun Swasta di Seluruh Indonesia
2. Institut Negeri maupun Swasta
3. Sekolah Tinggi Negeri maupun swasta
4. Akademi Negeri maupun Swasta
Selamat melaksanakan mobile Learning berbasis iPad

Semoga bermanfaat

Salam
Share This
Previous Post
Next Post

Pellentesque vitae lectus in mauris sollicitudin ornare sit amet eget ligula. Donec pharetra, arcu eu consectetur semper, est nulla sodales risus, vel efficitur orci justo quis tellus. Phasellus sit amet est pharetra

0 comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.