Wednesday, October 30, 2019

Efektivitas Software Payroll atau Daftar Gaji

ad300
Advertisement
Efektivitas.- Kali ini blog efektivitas menurunkan sebuah artikel tentang Payroll dan Software Payroll/Daftar Gaji. Saya berusaha membahas layanan ini karena dunia kini semakin berubah dengan kemajuan internet. Segalanya menggunakan internet. Maka pembayaran gaji juga dapat menggunakan kemajuan internet. lalu apa itu Payroll?

Pengertian Payroll

Beberapa sumber di internet yang saya dapatkan tentang Payroll memberi arti yang saya tulis ulang sebagai berikut:
1. Payroll adalah sistem atau mekanisme penggajian yang diterapkan di perusahan atau instansi pemerintah/swasta.
2. Payroll juga diartikan sebagai sebuah administrasi penggajian yang merupakan pekerjaan rutin dan termasuk bagian yang terpenting dari suatu perusahaan yang mempunyai karyawan atau pegawai.
3. Selain itu payroll diartikan sebagai jumlah total yang dibayarkan kepada karyawan atas jasa-jasa yang mereka berikan selama suatu periode.






Payroll sebagaimana yang didefinisikan di atas tentu dibutuhkan dalam kantor pemerintah (Negeri) maupun kantor swasta seperti perusahan dan sekolah-sekolah serta perguruan tinggi swasta. Dalam hal ini dapat dikatakan bahwa kehidupan para karyawan ini bergantung pada gaji yang didapat dari tempat di mana seseorang bekerja. Untuk pembayaran gaji seperti itu, perlu ada staf khusus yang menghitung gaji secara manual. Bila karyawannya ribuan orang maka butuh beberapa orang yang menangani perhitungan gaji karyawan. Apalagi di universitas dengan ribuan mahasiswa dan dosen serta karyawan. Bila dikerjakan secara manual maka membutuhkan banyak staf yang bekerja sebagai tenaga administrasi. Kini semuanya menjadi mudah dengan adanya “PayRoll” atau “payroll”.

Dengan kehadiran payroll maka dipastikan bahwa para karyawan nya menerima gaji dengan tepat waktu dan akurat.
Dalam ilmu akuntansi dan ekonomi, payroll adalah suatu metode penggajian yang dirancang khusus oleh suatu perusahaan agar proses penggajian para tenaga kerja menjadi lebih efektif dan efisien.”

Payroll sebagaimana yang disebutkan di atas dibutuhkan di perusahaan, departemen dalam bentuk tenaga manusia tetapi juga dalam bentuk perangkat lunak (software). Sering disebut dengan “software payroll”. Software ini dipakai untuk memproses perhitungan gaji yang didalamnya ada pos-pos seperti pembaaran pajak dan BPJS. Saya sendiri pernah menerima payroll dari sebuah Universitas besar dan tertua di Indonesia. Mereka mengirim payroll kepada saya. Dalam payroll itu saya melihat rincian perhitungan gaji secara jelas. Dengan demikian perhutungan gaji sekarang dipermudah dengan software payroll. Ya sekarang zamannya Era Desrubsi, segalanya internet. Bila kita memanfaatkan era desrubsi yang semakin berkembang pesat maka kita akan mengalami kemajuan yang signifikan. Sebaliknya bila tidak memanfaatkan era disrubsi maka kita tertinggal dan bisa tidak eksis lagi.

Masalah:

Di kantor yang belum menggunakan software payroll, sering terjadi masalah, yaitu proses perhitungan gaji memakan waktu lama, bahkan bisa juga terjadi kesalahan menghitung gaji, selain itu karyawan menerima gaji terlambat dll

PEMBAHASAN

Daftar gaji dikerjakan secara manual, setelah ditemukan software payroll, seorang payroll officer yang biasanya menghitung gaji karyawan dengan alat bantu hitung sedanya diganti dengan sistem yang memudahkan penghitungan gaji. Perhitungan demikian sangat berguna bagi sebuah kantor atau perusahan dengan karyawan yang relatif banyak, misalnya karyawan berjumlah ratusan bahkan ribuan. Bila karyawan sebanyak itu dan perusahan atau kantor tetap menggunakan payroll secara manual maka akan mengalami kendala seperti kesalahan perhitungan, dan membutuhkan waktu yang lama untuk menyelesaikan daftar gaji. Namun bila memiliki software payroll maka semua dapat diatasi secara mudah. Sistem yang akan bekerja menggantikan tenaga payroll officer manual. Jadi, kehadiran softwre payroll menjadi sangat membantu, waktu pengerjaan payroll menjadi lebih singkat, hasilnya dijamin akurat, dan jumlah payroll oficerpun sedikit. Dengan demikian gaji untuk payroll oficer juga diminimalisasi atau semakin berkurang.

Bila ada yang tertarik memiliki software payroll officer maka sarang yang diberikan adalah membeli Lekeun Payroll di Indonesia. Dengan memiliki payroll officer maka memudahkan payroll officer maupun pemilik bisnis dalam mengelola payroll perusahan. Dengan menggunakan software payroll officer maka administrasi database karyawan, pengelolaan gaji, pph21, bpjs, absensi, cuti, proses rekrutmen, travel management, employee Self Services dapat diselesaikan dengan cepat dan mudah.

Payroll selalu berhubungan dengan pembayaran gaji karyawan. Wujud fisiknya adalah slip gaji yang diberikan kepada karyawan setiap awal atau akhir bulan. Hal ini bergantung perusahan atau lembaga pemberi kerja. Pengalaman saya di Universitas Kristen Indonesia, payroll diberikan pada akhir bulan via email
Payroll bekerja memberikan informasi secara detil dan akurat tentang hak materiil (uang) atau penggajian yang diterima karyawan

Untuk itu, di tempat kerja ada bagian Human Resource Department (HRD), mereka memiliki posisi sebagai payroll offiser dengan tugas mengadakan perhitungan penggajian setiap karyawan pada awal atau akhir bulan. Selain itu membuat laporan rekapitulasi gaji seluruh karyawan perusahan tersebut.
Hal yang dihitung payroll officer yaitu: besarnya gaji/penghasilan kotor gaji karyawan, penghitungan potongan gaji berupa dana hari tua/pensiun, asuransi ketenagakerjaan, kesehatan (BPJS), potongan keterlambatan, potongan pinjaman atau utang ke perusahan, potongan pajak penghasilan (PPh)

Sumber:

https://www.dictio.id/t/apa-yang-dimaksud-payroll-and-payroll-taxes-payable/3640
https://www.karyaone.co.id/blog/payroll-software/


Bila ada keberatan dari pemilik situs yang alamatnya saya cantumkan disini maka saya bersedia menghapus alamat serta beberapa artikel yang saya tulis ulang. Silakan hubungi saya di: 081388662585

Selanjutnya saya ucapkan selamat merayakan perayaan Imlek bagi mereka yang merayakannya pada tanggal 25 Januari 2020


Share This
Previous Post
Next Post

Pellentesque vitae lectus in mauris sollicitudin ornare sit amet eget ligula. Donec pharetra, arcu eu consectetur semper, est nulla sodales risus, vel efficitur orci justo quis tellus. Phasellus sit amet est pharetra

0 comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.