Tuesday, March 5, 2019

Efektivitas eLearning

ad300
Advertisement
Pembelajaran, khususnya pada level perguruan tinggi dapat dilakukan secara eLearning. Bila demikian dimana efektivitas eLearning bagi perguruan tinggi maupun bagi mahasiswa dalam perkuliahan. Kini zaman teknologi, khususnya teknologi internet yang memungkinkan pembalajaran dapat dilakukan melalui elektronik, atau sering disebut eLearning. Ada pula yang mengkombinasikan antara eLearning dan tatap muka di ruang kelas, atau kombinasi antara konfensional yaitu kuliah tatap muka dengan sistem online. Perpaduan kuliah demikian tentu menyenangkan dan memungkinkan pencapaian tujuan atau efektivitas yang ada dalam kurikulum sebuah perguruaan tinggi.



Program eLearning dapat dilakukan secara full. Artinya para mahasiswa dan dosen tidak perlu datang ke kampus secara reguler namun pertemuan mereka berlangsung secara maya di dunia maya yaitu melalui komputer perguruan tinggi dan mahasiswa yang terintegrasi dalam eLearning yang dimaksud. Program ini perlu juga mendapat akreditasi BAN PT. Jadi tidak sembarang melaksanakan program eLearning.

Namun bagi perguruan tinggi yang belum punya program eLearning yang diakreditasi BAN PT, dapat menggunakan email, webiste yang dirancang khusus oleh dosen untuk menjadi media pembelajaran online, bila ada kendala menggunakan website berbayar, seorang dosen dapat mengkombinaskan kuliahnya dengan sistem tatap muka di kampus dan sebagiannya ditempuh dalam sistem online melalui blog dosen maupun website sekolah. Kita juga dapat melaksanakan perkualiahan online melalui Youtube, semua bahan ajar dimuat dalam sebuah Youtube dan diupload ke blog untuk kemudian dijadikan sebagai bahan ajar online. Hanya perlu dijaga agar pembelajaran obline yang belum mendapat izi dari BAN PT dapat dilkasanakan dengan kombinasi kuliah konfensional dan pembelajaran online. Separuhnya ditempuh secara tatap muka di kelas, yang lainnya memlalui email, blog dan youtube. Seluruh rekaman bahan ajar disajikan dalam sebuah blog dengan template video.

Alat-alat yang diperlukan dalam kuliah gabungan tatap muka kelas dan online yaitu:
1. Komputer atau laptop (handphone Android), iPad, Notebook dll.
2. Koneksi internet melalui WiFi, modem dll
3. Blog yang dirancang khusus oleh dosen mata kuliah untuk pembelajaran online
4. Blog Youtube Mata Kuliah yang diasuh
5. LCD
6. Slide untuk presentasi

Jadi, efektivitas eLearning antara lain:
1. Pembelajaran dapat dilakukan di mana saja tanpa dibatasi ruang dan waktu. Di mana ada koneksi sinyal, pembelajaran dapat dilakukan. 2. Biaya relatif murah
3. Tidak mengeluarkan biaya transportasi
4. Bebas mengatur waktu kuliah, kitalah bosnya
5. Kita dapat melek teknologi internet

Semoga bermanfaat.

Share This
Previous Post
Next Post

Pellentesque vitae lectus in mauris sollicitudin ornare sit amet eget ligula. Donec pharetra, arcu eu consectetur semper, est nulla sodales risus, vel efficitur orci justo quis tellus. Phasellus sit amet est pharetra

0 comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.