Wednesday, July 24, 2019

Efektivitas Blended Learning Melalui Free Weblog

ad300
Advertisement
Pada waktu saya membaca sebuah metode pembelajaran yang disebut metode pembelajaran masa depan yang sering dikenal dengan istilah Inggris "Blended Learning". Setelah saya mempelajari maka saya menemukan salah satu unsur blended Learning yaitu melalui pembelajaran online. Pembelajaran online dapat dilakukan melalui free weblog dengan platform "blogspot". Saya kemudian berpikir bahwa saya punya modal untuk itu yakni saya memiliki blog yang dirancang untuk pembelajaran online. Dengan demikian saya dapat menggunakannya atau mengkombinasikannya dengan pembelajaran online yang menjadi salah satu unsur dari "Blended Learning."
Dalam weblog, kita dapat mencantumkan apa yang disyaratkan dalam kurikulum Berbasis KKNI. Kurikulum berbasis KKNI adalah kurikulum yang memiliki spirit pembelajaran dari berpusat ke pendidik ke berpusat pada pesertadidik Pembelajaran yang berpusat kepada guru atau dosen lebih cocok menggunakan pembelajaran yang disebut dengan "Blended Learning" disingkat BL. Dalam metode pembelajaran masa depan ini dicampur unsur lama dan baru. Unsur lama yaitu pembelajaran tatap muka di kelas, pembelajaran mandiri dan pembelajaran online.





Bila hendak menggunakan free weblog sebagai salah satu unsur dari pelaksanaan pembelajaran masa depan atau BL, maka sebaiknya bahan-bahan yang hendak disampaikan secara online di blog ditata dengan menggunakan tombol navigasi. Alangkah baiknya menggunakan "Sitemap". Sitemap yang tentu dibuat dengan menggunakan kode HTML atau XML. Carilah kode sitemap yang Seo Friendly agar memdahkan untuk diakses secara baik oleh peserta didik melalui gadget seperti handphone. Selain itu gunakan template yang Responsif. Penggunaan template blog yang responsif memungkinkan blog dapat diikuti di handphone.
Efektivitas dari pemanfaatan weblog terhadap pelaksanaan pembelajaran dengan metode blended learning yakni memudahkan peserta didik dapat mengakses dan mempelajari materi pelajaran secara mandiri tanpa dibatasi tempat dan waktu. Efektivitas dari sisi biaya juga sangat terjangkau, penggunaan blog bersifat free, pembayaran hanya pada wifi atau koneksi internet dan listrik. Dengan demikian blog efektif dipakai untuk pembelajaran BL.
Share This
Previous Post
Next Post

Pellentesque vitae lectus in mauris sollicitudin ornare sit amet eget ligula. Donec pharetra, arcu eu consectetur semper, est nulla sodales risus, vel efficitur orci justo quis tellus. Phasellus sit amet est pharetra

0 comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.