Tuesday, February 5, 2019

Cara Efektif Membuat Soal UTS dan UAS Online

ad300
Advertisement

Pelajaran apa yang cocok untuk kuis online. Salah satu misalnya pelajaran bahasa Inggris. Peserta didik tentu senang belajar bahasa Inggris. Namun hal ini tidak berarti pelajaran lain tidak cocok, semua pelajaran atau mata kuliah apapun bisa dibuat kuis online atau soal ujian yang bersifat online.Apalagi sekaran zaman teknologi canggih, handphone Android dapat dipakai untuk menjawab soal-soal ujian online ketika kita sedang dalam perjalanan.

Kemajuan teknologi internet memudahkan para guru dan dosen membuat soal ujian dan jawaban soal UTS dan UAS secara online. Fasilitas membuat soal UTS dan UAS tentunya gratis. Alias kita bebas menggunakannya tanpa biaya bulanan. Oleh karena gratis maka kita tentu menggunakannya tanpa harus menyediakan anggaran bulanan maupun tahunan. Biaya yang kita sediakan hanya biaya koneksi internet dan biaya listrik sedangkan alat untuk membuat soal itu bersifat gratis. Kita juga tidak perlu merasa malu atau gengsi karena menggunakan fasilitas membuat soal yang bersifat gratisan. Walaupun gratisan tampilannya profesional. Tampilan profesional itu disebabkan karena ada banyak template yang disediakan dalam situs ini. Sekarang kita memulai dengan proses awal sampai akhir dalam membuat soal UTS dan UAS ataupun Kuis Online. Berikut langkahnya:






Langkah 1: Daftar ke situs Fyrebox
Langkah 2: Setelah Anda berada pada halaman situs ini, pilih kotak berwarna ungu dengan tulisan "BUAT KUIS SECARA GRATIS". Tanda kutip hanya untuk menegaskan kotak yang Anda pilih untuk mendaftar. Silakan kunjungi pada kolom BUAT KUIS SECARA GRATIS (Ingat kotak berwarna ungu). Setelah itu akan muncul.

Langkah 3: Isi kolom yang tersedia, yaitu: Kotak yang berisi Nama: Isi Nama Anda, kotak Email: Isi email Anda, dan kotak Kata Sandi atau Pasword: Buat pasword yang akan Anda buat untuk login ke situs fyrebox. Setelah kotak tersebut diisi secara benar, silkan kunjungi kotak berwarna ungu dan lakukan tindakan sebagaimana yang biasa dilakukan untuk mendaftar. Kunjungi melalui kotak dengan tulisan DAFTAR, bila sudah melakukan tindakan atas kata Daftar maka kita akan dibawa ke halaman situs setelah kita melakukan tindakan terhadap kata DAFTAR.


langkah 4: Setelah prosedur langkah ke-3, kita akan dibawa ke dashboard Fyrebox. Didalam laman tersebut ada pilihan, yaitu: Buat Kuis, silakan pilih tanda tambah (+) lalu membuat kuis atau soal ujian. Kotak kedua yakni memilih template yang kita kehendaki untuk dijadikan sebagai latar kuis atau ujian. Saya memilih latar menara effel di Prancis. Silakan pilih template yang cocok dengan salera Anda. Template tersebut hanya mempercantik tampilan latar kuis atau soal yang kita buat. Pada kotak template juga ada tantad + dan silakan pilih tanda tambah untuk memilih template yang tersedia.

Bila kita lakukan secara benar maka akan menghasilkan sebuah soal ujian atau kuis yang menarik dan siap untuk ditampilkan dalam blog.

Langkah 5: Pilih kode html yang ditampilkan. Pilih yang cocok. Saya memilih kode html yang dapat ditampilkan di laptop atau komputer maupun handphone. Silakan lihat ikon yang ditampilkan. Saran saya jangan pilih yang Popunder atau pop up nanti ada peralihan halaman. Saya tidak memilih itu. Saya memilih yang pertama. Penjelasan ini akan lebih dipahami setelah Anda melakukannya dan Anda berada pada dashboard situs pembuat kuis online yaitu Fyrebox.

Maaf untuk postingan ini saya tidak memuculkan tangkapan layar gambar prosedur mendaftar yang berguna untuk memperjelas pendaftaran di situs kuis online. Saya pilih demikian karena menampilkan gambar kadang mempengaruhi loading blog. Jadi, para pengunjung silakan lihat langsung pada situs sebagaimana yang sudah disebutkan.

Bila kita sudah berhasil membuat dan memposting dalam blog kita, kemudian pada saat ujian kita tampilkan di ruang kelas atau ruang kuliah dengan cara mengkoneksikan dengan beberapa alat seperti laptop, LCD seperti Infokus dan layar presentasi. Tentu laptop guru dan dosen seerta peserta didik harus ada koneksi internet. Bisa menggunakan modem atau WiFi sekolah. Sekarang banyak penawaran tentang pemasangan Wifi yang memudahkan kita ber-internetan.

Informasi ini semoga bermanfaat untuk pendidik.
Share This
Previous Post
Next Post

Pellentesque vitae lectus in mauris sollicitudin ornare sit amet eget ligula. Donec pharetra, arcu eu consectetur semper, est nulla sodales risus, vel efficitur orci justo quis tellus. Phasellus sit amet est pharetra

0 comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.