Friday, February 15, 2019

Mengefektifkan Fasilitas Ruang Pimpinan

ad300
Advertisement
Setiap orang yang bekerja membutuhkan ruangan. Dalam ruang yang dipakai untuk kerja mesti dilengkapi dengan fasilitas yang layak untuk menunjang efektivitas kerja. Tulisan ini sifatnya refleksi pribadi atas pengalaman kerja yang saya alami secara pribadi dan menuangkannya dalam artikel ini. Dalam pengalaman ini, saya menjadi seorang pemimpin di sebuah Perguruan Tinggi sejak tahun 2016, saya menempati sebuah ruangan dengan beberapa fasilitas. Fasilitas yang saya maksudkan yakni:
1. Meja Pimpinan atau meja direktur atau Fulset meja direktur
2. Kursi Pimpinan/ kursi direktur
3. AC
4. Komputer
5. Printer

Lima fasilitas di atas tentu menopang efektivitas kerja saya sebagai seorang pimpinan. Saya memang merindukan sebuah kursi direktur sebagaimana yang muncul dalam promosi iklan-iklan yang kita sering lihat di Google Adsense yang menerbitkan iklan di blog dan website-website tertentu. Saya merindukan kursi direktur yang berkualitas, kursi yang terbuat dari kulit atau alat lainnya yang tentu memberi kenyaman ketika digunakan. Selain itu saya merindukan ada meja tamu dan kursi tamu atau sofa untuk tamu di ruangan pimpinan.
Tempat kantor saya berada di wilayah DKI-Jakarta Timur, jadi kalau saya beli meja dan kursi direktur maka saya dapat mencarinya dibeberapa tempat yang menjual fasilitas kantor, dan bila membeli secara online maka saya dapat memesan melalui toko online, dengan demikian saya dapat memiliki meja dan kursi direktur untuk ruangan saya.


Memasuki tahun 2018, yaitu pada akhir tahun 2018 kami mulai mempersiapkan borang prodi dan borang institusi untuk reakreditasi di BAN PT. Saya mengusulkan kepada Yayasan untuk mempersiapkan ruang khusus untuk ketua, ruang dengan ukuran yang besar dan ternyata dikabulkan. Ruang yang diberi untuk saya tempati sebagai pimpinan memiliki ukuran yang lebih besar dari ruangan sebelumnya.Sekarang tahun 2019, saya punya ruang yang baru. Dalam ruang yang baru, saya memerlukan fasilitas yang juga dapat secara efektif menopang kerja saya tetapi juga efektif menambah poin untuk akreditasi institusi. Ya memang ketika kita mengikuti aturan dari BAN PT maka sekolah akan ditata secara baik dan berkualitas.

Beberapa fasilitas yang saya harapkan untuk ditingkatkan yaitu:
1. AC. PKnya ditambah sehingga kualitas kesejukannya dalam ruang dapat mengefektifkan kerja dan dipenuhi oleh pihak Yayasan. Saya senang karena memiliki ruang sebagai pimpinan. Ukurannya relatif besar dan cocok untuk ruang ketua Sekolah Tinggi
2. Meja. Saya masih menempatkan meja yang saya pakai sebelumnya dengan ditambah meja yang lain. Saya sedang usahakan agar memiliki meja standar sebagai meja pimpinan. Meja ini di internet selalu dikenal dengan meja direktur. Ada banyak model meja direktur. Ada yang dibuat dari kayu jati dan ada pula dari bahan stanlis
3. Komputer dan Laptop

Saya punya filosofis kerja yaitu kepala menjadi tangan dan tangan menjadi kepala. Artinya saya sebagai pimpinan dapat memerintah bawahan untuk mengerjakan apa yang saya mau untukkepentingang lembaga. Namun saya lebih senang bila ada yang harus saya ketiksendiri maka saya kerjakan tanpa harus meminta staf untuk mengetik. Termasuk mengerjakan borang Prodi dn Institusi. Saya mengerjakan bagian tertentu yang dapat saya kerjakan. Itulah sebabnya saya menghendaki adanya komputer dan laptop di ruangan saya.

4. Kursi Direktur.

Ada beberapa kursi direktur yang saya suka, Saya memerlukan kursi tersebut untuk lebih memudahkan saya untuk fleksibel menerima tamu atau bekerja. Jadi tinggal duduk di kursi dan memutar badan untuk bekerja seperti mengetika di komputer, laptop dan mengakses informasi google di komputer dan laptop. Kursi direktur yang paling baik jika bisa diseting untuk tidur sejenak. Kursi-kursi direktur dengan ragam model tersebut dapat kita cari di toko online seperti bukalapak dan tokopedia, alibaba, dll.

Semoga bermanfaat


Share This
Previous Post
Next Post

Pellentesque vitae lectus in mauris sollicitudin ornare sit amet eget ligula. Donec pharetra, arcu eu consectetur semper, est nulla sodales risus, vel efficitur orci justo quis tellus. Phasellus sit amet est pharetra

0 comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.