Tuesday, February 5, 2019

Efektif Membuat Kuis Online

ad300
Advertisement

Apakah Anda seorang guru yang ingin berinovasi dan mengupayakan efektivitas dalam proses pembelajaran khususnya dalam merancang Soal Ujian (UTS dan UAS) Online. Jika ya maka Anda tidak secara kebetulan menemukan artikel ini. Silakan pelajari secara baik membuat kuis secara online dengan bantuan sebuah website yang akan saya jelaskan dalam artiel ini. Baca terus sampai selesai dan praktikan membuat kuis online. Selamat membaca.



Hari ini mengisi hari libur imlek yang jatuh tanggal 5 Februari 2019. Saya mencari informasi bagaimana membuat kuis online. Pembuatan kuis ini disebabkan karena saya ingin kreasi dan inovasi dalam bidang pekerjaan saya sebagai seorang pengajar. Saya ingin melaksanakan ujian secara langsung. Peserta didik langsung mengerjakan soal melalui handphone yang ada pada mereka. Saya kemudian menemukan sebuah situs yang menyediakan program membuat kuis online dan dapat memuat di website maupun blog. Saya tertarik dengan pesan ini karena saya membutuhkan alat seperti itu. Terlebih lagi saya memiliki blog yang bertemakan Ujian Tengah Semester dan Ujian Akhir Semester. Melalui blog ini (blog UTS dan UAS Online) saya membuat soal secara online kemudian memasang pasword. Bila sudah tiba waktu ujian dimulai barulah saya memberi pasword di kelas. Itupun kalau semua peserta sudah ada di kelas dan siap memulai ujian.

Para peserta yang mengikuti ujian online, dapat membawa Handphone seperti Android dan smartphone, atau membawa laptop dan note book. Setelah mereka sudah menyiapkan alat-alat ujian, saya kemudian memberi pasword dan mereka langsung menjawab secara online. Skornya juga langsung mereka tahu setelah mengisi soal-soal ujian.


Lalu hari ini 5 Februari 2019 saya menemukan situs pembuat kuis online yaitu fyrebox.com, dari sisi keamanan situs ini menggunakan https://www.fyrebox.com Itulah sebabnya saya berani menggunakan layanan ini. Situs yang menggunakan https tentu terjamin keamanannya. Saya tahu hal ini karena seluruh blog saya menggunakan https. Salah satu yang saya hindari adalah praktik Malware yang muncul dan merusak laman-laman tertentu dalam blog dan google dapat memblog atau bisa saja blog kita dihapus bila tidak memperbaikinya. Jadi, setiap penawaran dari situs tertentu, saya biasanya memperhatikan keamanan situs dengan memeriksa apakah situs sudah menggunakan https. Bila ini ada maka saya tentu berani menggunakannya seperti yang saya posting hari ini. Sekarang saya langsung pada pembuatan soal atau kuiz online dengan mengunjungi dan menggunakan layanan Kuis Online. Layanan ini bersifat free, saya sudah mencobanya dan memuat dalam salah satu blog, kini soal atau kuis yang saya buat, saya cantumkan dalam weblog efektivitas. Harapannya pengunjung blog dapat menjawab beberapa soal yang saya buat dalam kuis online. Tampilan gambar berikut ini adalah template atau latar kuis yang disediakan oleh situs fyrebox. Tampilan gambar seperti Menara Eiffel di Perancis, di dalam gambar tersebut tertulis Kalimat: "Jawablah quis berikut ini sebagai ajang menguji komptensi tentang efektivitas". kalimat itu berfungsi sebagai instruksi dari saya sebagai pembuat kuis, kemudian pembaca sebagai penjawab kuis itupun kalau bersedia. Itulah sebabnya pada kotak kecil berwarna biru tertulis kata STAR. Dari kata star Anda memulai menjawab soal. Sekarang langsung eksekusi kuis dengan memulai dari kata STAR seperti berikut ini.

Soal yang tampil disini saya pindahkan ke weblog lain, silakan ikuti disini. Namun harus diingat bahwa ini hanya usaha memanfaatkan alat untuk membuat kuiz yang sifatnya gratis, dan dapat diterapkan dalam membuat soal ujian tengah semester dan ujian akhir semester, dapat dipakai juga untuk evaluasi guru dan dosen secara online. Silakan lihat contoh kuiz yang memanfaatkan situs gratis untuk membuat quis. SIlakan kunjungi https://www.fyrebox.com. Situs ini menyediakan fasilitas gratis untuk kita membuat kuiz.

Gambar di atas terdapat kata STAR, Anda menjawab soal atau kuis online ini dengan dimulai dari kata STAR dan selanjutnya ada panah. Silalakan ikuti panah tersebut sampai selesai menjawab soal. Untuk menjawab soal di atas tempatkan krusor sesuai dengan cara mengerjakan soal secara online.

Bila Anda menjawab secara benar soal-soal yang dimuculkan maka Anda tidak perlu mengisi nama dan email. Bila muncul kolom tersebut abaikan saja. Janag mengisi nama dan email. Ulangi dari awal dengan cara meninggalkan laman dan kembali lagi untuk menjawab kuis dengan memastikan bahwa soal dijawab secara tepat. Ya dalam sistem di website itu memang ada kolom nama dan email sehingga bila kita salah menjawab maka akan muncul kolom nama dan email. Dengan begitu, bila Anda tidak mau nama dan email diisi dalam kolom yang muncul maka abaikan saja. Namanya hanya latihan saja. Sekali lagi abaikan saja bila muncul kolom nama dan alamat bila menjawab soal tidak tepat. Demikian dari saya. Sekarang kita lanjut lagi.

Para guru dan dosen yang hendak membuat soal ujian online untuk keperluan UTS dan UAS dapat mencoba Kuis Online dengan memanfaatkan blog pribadi atau blog yang khusus dibuat untuk bahan ajar. Nanti di halaman blog, kita tampilkan soal ujian dan para peserta didik dapat menjawab soal secara online melalui Handphone atau Laptop mereka yang sudah terkoneksi internet atau WiFi Sekolah.

Apa yang saya sampaikan di atas merupakan upaya kreatif dan inovasi guru dan dosen agar ujian dapat berlangsung secara menyenangkan. Selain itu kita melatih peserta didik memanfaatkan internet secara sehat atau positif. Silakan test kemampuan kognitif Anda tentang efektivitas dalam kuiz berikut ini.



Semoga bermanfaat

Selamat Mencoba

Share This
Previous Post
Next Post

Pellentesque vitae lectus in mauris sollicitudin ornare sit amet eget ligula. Donec pharetra, arcu eu consectetur semper, est nulla sodales risus, vel efficitur orci justo quis tellus. Phasellus sit amet est pharetra

0 comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.