Thursday, October 18, 2018

Efektivitas Kartu Nama Guru dan Dosen

ad300
Advertisement
Efektivitas Kartu Nama Guru dan Dosen

Apa yang biasa dilakukan oleh seseorang ketika berjumpa atau pada saat mengakhiri pertemuannya dengan orang lain. Salah satu diantaranya yaitu meminta “Kartu Nama”. Mengapa demikian?

Biasanya di kartu nama tertulis Nama Lengkap dan gelar yang dimilikinya. Ada pula yang tidak mencantumkan gelarnya. Akan tetapi bagi seorang dosen, biasanya menulis gelar di kartu nama yang dibuatnya. Sautu saat kami mengundang seorang Profesr untuk mengajar di kampus, saya kemudian menjemputnya di Bandara Soekarno Hatta. Di atas mobil kami bercakap begitu harmonis. Percakapan dengan sang profesor itu begitu mengesankan di hati saya. Saya kemudian meminta izin mendapatkan kartu nama dari sang profesor. Sang profesor itu dengan rela hati mengambil kartu nama yang ia bawa. Kartu nama itu ada dalam satu kotak khusus dan disimpan dalam tas sang profesor. Biasanya ada yang menyimpan beberapa lembar di dompet. Namun berbeda dengan profesor.

Dalam kartu sang profesor itu saya menemukan tempat menulis gelar yang berbeda dari biasanya. Yang umum terjadi yaitu gelar ditempatkan di depan nama dan setelah nama kecil dan nama keluarga besar (marga).
Contoh: Prof. Dr. John Manly, S.I.Kom., M.I.Kom., M.Psi.T.
Namun sang profesor ini berbeda. Ia menulis di pojok kanan atas. Contohnya sebagai berikut.

S.I.Kom. Universitas ...., M.I.Kom. Universitas ... M.Psi.T., Universitas ...;
John Manly
Jl. Kampung Sini No. 24
Jakarta

Alamat di atas bukan alamat sebenarnya. Nama juga bukan nama sebenarnya. Ini hanya sekadar contoh saja tentang informasi di kartu nama.
Dalam contoh di atas, kita melihat bagaimana sang profesor mempromosikan universitas tempat menyelesaikan studi Sarjana, Magister dan Doktor. Kalau Profesor itu gelar yang diberi oleh pemerintah jadi tidak ada sekolah khusus untuk profesor. Orang yang menyelesaikan S3 punya peluang untuk memiliki kredit point untuk suatu saat mendapat Profesor. Tentu untuk menjadi Profesor tidak mudah. Misalnya harus punya penelitian berskala internasional, menulis buku dan lain-lain. Kembali pada sang profesor, cara mengajarnya sangat bagus. Saya kemudian mengingat universitas di mana sang profesor itu menyelesaikan studi S1, S2 dan S3. Sayapun mulai tertarik dengan beberapa universitas yang ada di kartu nama sang profesor. Saya tertarik dengan universitas karena kualitas yang saya temukan dalam diri profesor yang saya perkenalkan di atas.
Berdasarkan cerita di atas, kita sudah menangkap apa efektivitas dari memiliki kartu nama. Paling tidak ada beberapa unsur efektivitas. Dengan memiliki kartu nama, kita mudah memberikan kepada orang yang meminta kartu nama dari kita. Kartu nama sebagai salah satu alat atau katakanlah media kecil untuk alat pemberi informasi singkat tentang identitas kita. Dikatakan demikian karena dalam kartu nama ada nama kita, alamat dan nomor handphone serta gelar yang kita miliki. Kartu nama juga menjadi media yang efektif untuk mempromosikan alamamater kita. Almamater dari S1, S2 dan S3. Sering seseorang menyelesaikan studi dengan almamater yang berbeda. S1 di salah satu universitas di Indonesia, sementara S2 dan S3 di tempuh di luar negeri atau di universitas yang berbeda. Dengan cara ini kita sudah mempromosikan universitas tempat studi kita.

Cetak Kartu Nama

Sekarang zaman teknologi canggih, cetak kartu nama tidak menjadi sulit. Kita bisa mencetak kartu nama sesuai dengan salera kita. Ada beberapa pilihan kartu nama,yaitu:
1. Kartu Nama Standar. Satu sisi. Harganya fariatif ada yang Rp 25.000,00. Bila bolak balik maka harganya menjadi Rp 50.000,00 (Harga bisa berubah. Silakan cek secara online di tempat cetak kartu nama secara online maupun yang cetak manual)
2. Kartu Nama Laminasi. Satu sisi dan Bolak Balik. Harganya diperkirakan Rp 35.000,00 kalau bolak balik harganya menjadi Rp 70.000,00. Silakan cek di tempat cetak online maupun offline
Kartu Nama Tekstur. Model 1 sisi dan bolak balik. 1 Sisi harganya diperkirakan Rp 30.000,00. Bolak balik harganya Rp 60.000,00. Ya tentu harga ini perkiraan saja. Silakan cek di tempat cetak kartu.
Bila hendak mencetak kartu nama, tinggal pesan dari rumah atau kantor, kartu namapun siap diantar oleh petuga tempat cetak kartu nama melalui pengiriman kilat yang bekerja sama dengan atau dipakai oleh pemilik tempat cetak kartu nama. Salah satu tempat cetak kartu nama itu dapat kita cari infonya di tokopedia, Mario Rays. Saya sedang merencanakan sebuah usaha, saya terinspirasi dengan pendiri alibaba yang sukses dalam usahanya. Blog ini merupakan salah satu perjuangan saya dari ragam kegagalan selalu ditolak ketika mendaftar di Google Adsense. Namun perjuanganku yang tidak kenal lelah membuahkan hasil, yaitu bulan sepetember tahun 2018 merupakan tahun perwujudan kerinduanku. Kini aku melihat bagaimana senangnya melihat tampilan informasi sponsor yang sangat beragam di weblogku ini. Bagi saya penghasilan atau uang itu bukan satu-satunya alasan utama saya dalam berkarya dalam weblog ini. Dalam hal ini bila ada yang berusaha dalam bisnis cetak kartu nama maka mesti diyakini bahwa ada sejumlah kesulitan, kegagalan yang akan dialami dalam usaha tetapi tetaplah berjuang dan utamakan doa dan kerja. Tuhan pasti membuka jalan sukses bagi kita dalam perjuangan.



Lamanya pengerjaan Kartu Nama

Beberapa situs penyedia jasa kartu nama mengiformasikan bahwa mereka dapat mencetak dalam 1 hari. Artinya pesan hari ini di antar pada hari yang sama. Begitu cepat pencetakan kartu nama. Kita tidak perlu lagi menunggu waktu yang lama untuk memiliki kartu nama

Kartu Nama dan Promosi Bisnis Online

Seorang guru dan dosen dapat memulai sebuah usaha cetak kartu nama dengan menyediakan alat-alat yang diperlukan dalam cetak kartu nama. Bila seorang guru punya usaha online maka ia dapat menulis nama website atau blog Google Adsense di kartu nama yang dicetak. Blog Google adsense yang saya maksudkan yaitu para guru atau dosen yang punya website pribadi atau blog dengan domain blogspot yang sudah didaftarkan ke Google adsense dan sukses diterima menjadi publisher Google adsense. Situs atau weblog seperti ini dapat ditulis alamat URLnya di Kartu Nama. Bila kenalan penasaran dengan situs yang dicantum dalam kartu nama maka ia akan membuka situs kita melalui alamat situs yang tertulis dalam kartu nama. Dalam hal ini Kartu Nama menjadi tempat yang paling efektif untuk promosi usaha kita. Silakan bagi rekan-rekan guru atau dosen yang memiliki situs atau blog yang di dalamnya memberi informasi usaha dapat membuat kartu nama dan mencantumkan alamat web atau blog di kartu nama.

Jika dapat para guru atau dosen dapat membuka peluang usaha dalam percetakan kartu Nama. Usaha ini bisa dipromosikan melalui situs atau blog yang bersifat free tetapi efektif dalam peringkat di Google seperti Blogspot. Untuk membuat sebuah blog gratis dengan platform blogspot dengan tampilan profesional itu sangat mudah. Kita dapat menggunakan template profesional yang gratis dan bertaburan di internet. Kita tinggal klik di Google dengan kata kunci: “Template SEO Friendly”. Lalu kita download kode xml kemudian menggunakan di template blog milik kita. Saya lebih banyak menggunakan template profesional seperti tampilan blog ini. Blog saya ini sifatnya free tetapi tampilannya saya gunakan template yang SEO Friendly dari “TemplateMark”. Cara menggunakan template dari pihak ketiga maksudnya diluar Blogspot, kita dapat cari di Google dengan kata kunci: Cara memasang template di Blogspot. Ada banyak kursus online yang memberi pelajaran kepada kita bagaimana cara memasang template. Saya sarankan mencobanya dengan template mark. Mengapa demikian karena saya sudah mencobanya dan hasilnya sangat baik. Kita puas melihat tampilan blog. Silakan lihat sendiri tampilan blog ini.


Keuntungan menggunakan blogspot adalah kita tidak perlu biaya keamanan blog dari serangan virus. Sudah ada antisipasi keamanan oleh Google. namun kita tidak boleh posting informasi yang bertentangan dengan kebijakan google Adsense. Bila itu terjadi maka blog kita bisa dihapus oleh google. Saya punya pengalaman. Saya memasang kode iklan dari situs tertentu yang membawa hal yang kurang aman maka blog saya langsung hilang, tidak bisa diakses. Saya kemudian masuk ke dalam dashboard blog kemudian memperbaiki apa yang bertentangan dengan kebijakan google. Saya menghapus seluruh kode-kode iklan yang saya anggap bermasalah dan ternyata blog saya dapat diakses lagi, namun bukan blog ini.Sampai sekaran dan masa-masa yang akan datang saya tetap setia pada produk Google seperti gmail dan blogspot.

Semoga menginspirasi

Share This
Previous Post
Next Post

Pellentesque vitae lectus in mauris sollicitudin ornare sit amet eget ligula. Donec pharetra, arcu eu consectetur semper, est nulla sodales risus, vel efficitur orci justo quis tellus. Phasellus sit amet est pharetra

0 comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.