Sunday, October 14, 2018

Kaca Mata Anti Radiasi Komputer dan Laptop

ad300
Advertisement
Apa itu kaca mata anti radiasi komputer dan laptop serta Gadget lainnya? Lalu apa hubungannya dengan efektivitas dalam weblog ini. Tentu efektivitas ini diletakkan pada kaca mata anti radiasi komputer dan laptop. Unsur ini ini akan diperoleh dalam artikel ini.Lalu mengapa kaca mata ini disebut kata mata anti radiasi komputer dan laptop?

Kaca mata ini disebut "kaca mata anti radiasi" karena dibuat khusus untuk melindungi penglihatan atau tepatnya mata kita pada saat kita melihat layar komputer dan perangkat lainnya seperti handphone dengan layar sentuh atau yang dikenal dengan nama “Android”, selain itu smartphone. Dengan demikian aktivitas kita pada beberapa gadget ini rentan terkena radiasi. Rentan terkena radiasi mata karena tidak ada yang mengetik di komputer atau laptop dan handphone tanpa melihat layar. Akibat melihat layar itu memiliki potensi besar terkena radiasi.


Pernahkah kita mengalami kondisi di mana mata kita merah karena aktivitas di depan komputer, atau mata kita menjadi lelah, mata kering, penglihatan menadi buram, dan lain-lain. Ini pertanda. Namun bagi mereka yang belum mengalami tanda-tanda ini patut juga berjaga-jaga atas kesehatan mata. Kesehatan mata itu sangat amat mahal nilainya. Jika mata kita terganggu dan berakibat fatal maka tidak bisa diganti dengan mata asli. Paling bisa diganti dengan mata palsu. Itulah sebabnya kita perlu menjaga kesehatan mata dengan menggunakan teknologi yang berguna mengatasi radiasi layar komputer dan laptop.
Ketika kita mengetik di komputer atau laptop serta layar handphone, sering mata kita disilaukan oleh cahaya yang dipantulkan dari layar komputer. Akibatnya mata kita menjadi lelah, perih dll. Ini berarti kita terkena radiasi sinar layar komputer atau laptop. Memang benar, kita dapat mengurang cahaya di layar komputer dan laptop tetapi sering juga menjadi kurang jelas. Dengan begitu kita membuat mengatur pencahayaan di layar komputer dan laptop namun tetap saja ada radiasi untuk mata kita.
Berdasarkan penjelasan di atas, kita dapat simpulkan efektivitas menggunakan kaca mata radiasi pada saat mengetik di komputer dan laptop serta gadget lainnya yaitu:
1. Kaca mata radiasi efektif melindungi penglihatan kita pada saat menatap layar kompueter dan laptop serta gadget lainnya
2. Kaca mata radiasi mengurangi paparan sinar atau mengurangi silau dengan meminimalisasi frekuensi atau pertambahan cahaya cahaya yang memantul dari layar komputer ke lensa kaca mata radiasi komputer yang kita gunakan.
3. Kaca mata radiasi efektif untuk mengoptimalkan penglihatan kita agar lebih mudah dan aman dalam melihat layar komputer dan gadget lainnya dalam waktu yang relatif lama
Untuk menjaga kualitas kesehatan mata maka kita perlu kaca mata anti radiasi, bila belum punya maka perhatikan beberapa tips berikut ini.

1. Kita mesti mengatur jarak pandang antara kita dengan komputer. Tentu jangan terlalu dekat.

Di atur demikian sehingga kita memastikan bahwa pengaruh silau layar tidak teralu berpengaruh ke mata. Misalnya kita mengetik dengan cara menekuk tangan sedikit kebawah dari posisi meja komputer dengan tetap menjaga jarak. Hal ini membuat rasa perih atau lelah di mata kita berkurang di saat mengetik. Bila kita mengetik terlalu lama tentu sangat berpengaruh. Oleh karena itu aturlah agar posisi mata kita dengan layar komputer dan laptop memiliki jarak ideal. Tandanya tidak terlalu mempengaruhi mata kita menjadi perih. Cara yang terbaik adalah rentangkan tangan ketika mengetik. Posisi ini membuat mata kita tidak lelah ataupun perih. Silakan di coba, pasti ada rasa beda di mata kita.

2. Mengatur Cahaya Lampu dalam ruang

Bila kita mengetik di ruang yang gelap maka kita butuh pencahayaan lampu. Tentu pencahayaan lampu sudah standar. Namun bila menggunakan yang alamiah, maka ruang kerja dipastikan memiliki pencahayaan dari luar dengan baik seperti cayaha melalui cendela.

3. Mengatur pencahayaan layar komputer atau laptop dan gadget lainnya.

Kita dapat mengatur pencahayaan sesuai keinginan kita. Intinya tidak terlalu silau. Disini kita mesti mengatur kontras pencahayaan. Diatur pencayaan yang sedemikian rupa sehingga cayaha layar komputer dan laptop tidak terlalu membuat mata kita menjadi sakit karena pencahayaan tersebut. Dengan mengatur pencahayaan yang cocok dengan cara mata kita melihat layar komputer maka kita telah menjaga kesehatan mata kita.


4. Berkedip seperlunya

Untuk menjaga kesehatan mata kita di depan layar komputer dan laptop serta gadget lainnya maka kita usahakan agar mata kita tetap berkedit. Berkedip sewajarnya. Berkedip dalam konteks mengetik di depan komputer dengan tujuan agar mata kita tetap lembab atau menjaga agar tidak terjadi mata kering. Coba Anda tidak berkedip selama beberapa jam mengetik pasti mata menjadi kering. Oleh karena itu mata diatur sedemikian rupa sehingga tetap berkedip. Jangan membuat mata di depan komputer atau laptop dengan jarang berkedip. Berkediplah beberapa menit, lalu melihat layar komputer. Bila kita lakukan ini secara baik maka mata kita tetap terpelihara kualitasnya

5. Mengistirahatkan Mata Selama 20 Menit

Beberapa informasi dari situs tertentu mengingatkan kita agar mata kita berpaling dari komputer setiap 20 menit, dan mengistirahatkan mata selama 20 detik. Jadi, bila kita mengetik di komputer dan laptop, usahakan agar setelah 20 menit mengetik, berhenti sejenak dan memberi istirahatkan mata selama 20 detik, lalu lanjutkan lagi bekerja untuk 20 menit berikutnya dan 20 detik . Selamat 20 detik itu kita gunakan mata kita untuk melihat benda-benda atau tumbuhan hijiau di luar kantor melalui jendela atau apa yang ada di kantor dengan jarak pandang 6 meter. Dengan usaha ini mata kita terpelihara kesehatannya.

Jenis-jenis Kaca Mata Radiasi

Kaca mata radiasi komputer tersedia dalam beberapa jenis yang disesuaikan dengan model-model kaca mata yang sedang tren zaman sekarang. Untuk pilihan warnapun tersedia dalam beberapa warna, kita tinggal memilih warna dan model yang kita sukai kemudian dipakai saat mengetik di komputer. Kehadiran kaca mata radiasi kompueter dan laptop tentu memberi peluang kepada guru dan dosen yang aktivitas di depan komputer dan laptop lebih lama. Saya sering menghabiskan waktu sehari, kadang sampai pukul 1 Subuh. Pasti ada rekan-rekan yang lebih getol di depan layar komputer dengan keasikan mengerjakan tugas dan psoting artikel di Jurnal, prosiding, penelitian ilmiah untuk kenaikan pangkat dan perhitungan kum bagi dosen yang ingin mencari kenaikan golongan. Kepada mereka disarankan menggunakan kaca mata radiasi komputer. Kalau mau beli silakan cari toko online seperti tokopedia dll.

Ada pula yang menyukai topi, biasanya menggunakan topi dan kaca mata untuk mengetik. Ini memang lucu dan aneh tetapi samanini apa sajabisa dilakukan seseorang untuk ingin tampil beda dan firal.

Semoga bermanfaat
Share This
Previous Post
Next Post

Pellentesque vitae lectus in mauris sollicitudin ornare sit amet eget ligula. Donec pharetra, arcu eu consectetur semper, est nulla sodales risus, vel efficitur orci justo quis tellus. Phasellus sit amet est pharetra

0 comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.