Wednesday, October 3, 2018

Pendidikan Tentang Ragam Manfaat Alat Pembersih Yang Efektif

ad300
Advertisement
Apa itu Pendidikan Tentang Ragam Alat Pembersih Yang Efektif? Adakah alat pembersih yang mampu digunakan sekali dan membuat super ampun membersihkan keramik?
Air yang sering digunakan mengandung saat besi. Ada beberapa kasus, sering saat besi pada air itu membuat bak kamar mandi yang terbuat dari keramik menjadi kuning dan sulit dibersihkan. Selain itu kebutuhan akan kebersihan motor dan mobil membuat perlunya sebuah teknologi pembersih. Teknologi pembersih ini juga tidak semua orang memiliki pengalaman yang sama. Ada yang terbiasa menggunakan alat pembersih seperti ini tetapi ada pula yang belum. Oleh karena itu perlu ada pendidikan.


Mendidik itu berlangsung dalam berbagai kesempatan. Mendidik yang efektif adalah upaya melibatkan diri dalam apa yang sedang dihadapi oleh peserta didik. Artinya tidak sekadar berbicara tetapi ikut serta peserta didik dalam menyelesaikan sebuah masalah. Ini memang butuh keteladanan.

Suatu saat ada masalah yang terjadi pada sebuah kamar mandi di salah satu perguruan tinggi, para mahasiswa di perguruan tinggi itu umumnya pada tahun 1 dan 2 mendapat kesempatan untuk berasrama. Asrama disediakan oleh penyelenggara perguruan tinggi. Asrama tersebut ada di lokasi kampus. Dengan kata lain, tempat kuliah dan asrama di jadikan satu kompleks. Hal ini untuk efisiensi anggaran. Mahasiswa tidak mengeluarkan transportasi untuk ke tempat kuliah. Para mahasiswa berasal dari berbagai kalangan, khususnya yang datang dari desa tertentu di Indonesia.

Suatu saat dalam pertemuan mahasiswa, koordinator asrama menyampaikan bahwa sebuah kamar mandi yaitu kamar mandi pria belum dibersihkan secara baik. Keramik bak kamar mandi terlihat menguning karena kadar saat besi dari air tanah yang dialirkan ke bak mandi melalui paralon.
Saya sebagai seorang pemimpin di perguruan ini mengambil keputusan untuk ikut serta bersama mahasiswa dalam acara kebersihan yang biasanya diadakan pada hari Jumaat Jam 15.00 sebelum mahasiswa meninggalkan asrama untuk weekend atau berakhir pekan, dan akan masuk asrama pada hari minggu. Dalam kerja praktis itu, saya bersama tiga mahasiswa, salah satunya dari daerah pedalaman. Saya kemudian meminta kepada mereka untuk secara bersama-sama membersihkan bak kamar mandi, khususnya kramik bak kamar mandi yang menguning. Mereka pun mau bekerja sama dengan saya. Saya kemudian membeli obat pembersih atau cairan pembersih multifungsi. Artinya alat pembersih ini berguna untuk bak kamar mandi, keramik kamar mandi, closet dll. Saya membeli alat pembersih di Alfamart terdekat. Setelah itu kami mulai mempergunakan cairan pmbersih keramik yang baru dibeli tersebut, kemudian disiram pada keramik bak kamar mandi. Setelah menunggu beberapa menit, kami kemudian membersihkannya.


Saya meminta kepada mereka agar tidak menyentuh cairan tersebut. Bila terkena pada jari atau kaki maka segera dicuci agar tidak menimbulkan gatal yang berlebihan di jari maupun kaki. Mereka kemduian memberanikan diri memasuki bak kamar mandi dengan menggunakan sandal agar tidak bersentuhan langsung dengan cairan yang ada di atas lantai bak kamar mandi.
Setelah membersihkan dengan menggunakan alat pembersih, kami melihat ada kemajuan walaupun belum secara tuntas membersihkan keramik sampai menghilangkan seluruh noda yang menempelpada keramik yang disebabkan karena kandungan kadar besi pada air. Karena sudah waktu selesai kerja praktis maka saya meminta mereka mengakhiri kerja tersebut. Tentu saya juga ikut kerja bersama dengan mereka. Jadi berhenti secara bersama-sama.
Hari jumat berikutnya kami kembali lagi membersihkan keramik bak kamar mandi dengan menggunakan pixal. Saya bawa alat pembersih ini dari rumah. Namun karena cairan yang disiram pada keramik dirasa masih kurang maka saya meminta mahasiswa membeli lagi 1 botol cairan pembersih keramik. Setelah itu kami mulai menyiram pada bagian-bagian keramik yang masih sulit dibersihkan pada kerja pertama. Setelah itu kami menunggu beberapa menit, kami tunggu antara 15 sampai 20 menit. Setelah itu kami menggosok keramik dengan sikat dan beberapa alat lain yang kami gunakan untuk membersihkan kramik kamar mandi. Hasilnya sangat memuaskan yaitu bak kamar mandi telah bersih, keramik nampak putih bersih. Para mahasiswa yang kerja merasa sangat senang dengan hasil tersebut. Tentu saya juga ikut senang dengan hasil kerja itu.
Pesan yang saya hendak katakan disini yaitu menjadi pemimpin tidakhanya berbicara, memberi perintah tetapi ikut bersama-sama, maksudnya ikut kerja bersama. Suasana pasti berbeda. Para mahasiswa terlihat begitu senang dengan kehadiran saya secara langsung bersama mereka untuk bekerja di kamar mandi, membersihkan kamar mandi. Menjadi ketua sebuah perguruan tinggi memang menyenangkan, tetapi saya tidak mempertahankan jabatan ketua dan hanya sekadar berbicara tetapi saya ikut langsung dalam membersihkan bak kamar mandi yang sudah diceritakan di atas.
Apa yang saya lakukan hendak memberi pembelajaran kepada mahasiswa agar kelak nanti menjadi pemimpin sekolah, perguruan tinggi maka bersedia juga bersama mahasiswa dalam hal-hal yang bersifat praktis seperti kehidupan ber-asrama di kampus. Seorang pemimpin hendaknya memberi contoh, ada bersama dengan mereka yang dipimpin.

Menjelang beberapa hari kemudian saya memperhatikan sebuah alat yang dibawa oleh seorang karyawan PT, alat itu sedang dipakai untuk membersihkan mobil truk, dan beberapa motor yang parkir di halaman kampus. Saya kemudian memutuskan untuk mengambil gambar itu untuk kemudian menjadi ide menulis. Saya mendekati karyawan dan meminta izin kepada mereka untuk mengizinkan saya mengambil gambar atau foto atas alat tersebut. Setelah itu saya bertanya tentang fungsi alat ini. Mereka menyatakan bahwa alat yang saya foto, dapat dipergunakan untuk mencuci motor, mencuci mobil dan membersihkan AC. Wau ternyata alat ini multi fungsi.

Saya kemudian bertanya lagi, alat ini buatan negara mana, mereka menjawab dari China. Lalu saya kembali ke ruang kantor dan mencari informasi ternyata saya temukan ada pula alat pembersih motor, mobil dan AC buatan Taiwan. Harganya tidak sampai 1 Juta. Saya kemudian berpikir untuk ber-entrepreneur di kampus, yaitu edureneur. Bentuknya yaitu menyediakan sebuah halaman untuk cuci motor, alatnya bisa membeli alat pembersih motor dan mobil seharga 1 Juta. Kemudian dipakai untuk mencuci motor. Harganya bisa dibuat tarif Rp 6.000,00 ke atas.

Bila berkembang secara baik maka bisa membeli kelengkapan pencuci motor dan mobil yang lebih bagus. Tentu dengan alat-alat pembersih yang berkualitas untuk kebersihan mobil.

Semoga bermanfaat.
Share This
Previous Post
Next Post

Pellentesque vitae lectus in mauris sollicitudin ornare sit amet eget ligula. Donec pharetra, arcu eu consectetur semper, est nulla sodales risus, vel efficitur orci justo quis tellus. Phasellus sit amet est pharetra

0 comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.