Saturday, December 1, 2018

Berlibur di “Surga Immanere dunia” dalam Waktu Beberapa Hari

ad300
Advertisement
Apa itu Berlibur de “Surga Immanere dunia” dalam Waktu Beberapa Hari? Ikuti dalam artikel ini
Awalnya saya berpikir untuk memakai kata imanen tetapi sebaiknya saya menggunakan istilah Latin yaitu “Immanere”. Kata immanere berarti “tinggal di dalam”. Orang pertama yang menggunakan istilah ini yakni seorang filsuf Yunani, namanya Plato dengan arti yang menunjuk kepada “batin”dari suatu objek, fenomena atau gejala. Dalam perkembangan selanjutnya seorang filsuf bernama Immanuel Kant mengembangkan istilah ini. Tentu dampaknya berkembang sampai sekaran dan masa yang akan datang. (lih. Wikipedia). Pembahasan tentang surga immanere pasti menjadikan pembaca penasaran dan ingin langsung mengetahui apa yang dimaksud dengan istilah ini. Ada banyak cara untuk kita mendapatkan pengertian dari sebuah kata, dan upaya ini sekarang tidak terlalu sulit karena ada banyak alat untuk menolong kita dalam mendapatkan arti kata. Namun sebelum anda mencari arti kata itu, perhatikan penjelasan saya berikut ini.






Apa yang dimaksud dengan “Surga Immanere Dunia”?.

Istilah immanere yang saya gunakan dalam artikel ini dipahami dalam konteks filsafat salah satu realitas semesta, yaitu tempat-tempat di dunia yang memberi rasa “senang”, “bahagia”, “sukacita”, “sejahtera”, “gembira” dalam hati para pengunjung. Dalam istilah-istilah ini terabstraksi apa yang terjadi dalam hati seseorang/keluarga ketika berada di dalam tempat-tempat yang memberi suasana hati dengan gambaran melalui kata: senang, bahagia, sukacita, sejahtera. Tempat-tempat yang memberi rasa senang, bahagia, sukacita, sejahtera seperti berada di tempat-tempat wisata di Indonesia dan negara-negara di luar Indonesia yang memberi suasana hati yang bahagia, sejahtera dstnya, inilah yang saya maksudkan dengan Surga. Tentu surga dunia, jadi bukan surga dalam arti teologis sebagaimana yang menurut keyakinan saya sebagai orang Kristen diajarkan dalam Alkitab tentang surga. Surga yang diajarkan dalam kitab suci yang saya miliki (Alkitab) tentu berbeda dengan surga yang saya paparkan dalam artikel ini. Dalam artikel ini surga yang saya maksudkan adalah tempat-tempat wisata yang memberi kebahagiaan dalam hati. Bahagia seperti ini ada batasnya, tidak bertahan dalam waktu yang lama. Misalnya mengunjungi surga di NTT, yaitu di danau tiga warna “Kelimutu”, kita akan terpesona bahkan senang berada di wilayah danau kelimutu tetapi setelah keluar dari wilayah danau kelimutu suasana bahagia itu menjadi hilang atau tidak bertahan di hati. Namun ketika kembali lagi ke lokasi yang sama maka muncul lagi suasana dalam hati yang tentu menyenangkan.


Dalam penjelasan di atas, sudah ada makna “surga dunia”, immanere (tinggal di dalam), dunia yaitu tempat-tempat wisata. Tempat-tempat wisata itu kita kunjungi dan berada di dalamnya dalam batas waktu tertentu. Katakanlah kita pergi ke Surga di Bali maksudnya mengunjungi tempat-tempat wisata seperti Pantei Kuta Bali, dan beberapa tempat lainnya. Pasti kita akan menginap di Bali beberapa hari. Itulah sebabnya saya membuat judul artikel: “Berlibur di “Surga Immanere dunia” dalam Waktu Beberapa Hari”.
Beberapa tempat yang menawarkan surga di Bumi Nusantara, yaitu:

1. Surga di Pulau Ela

Berdasarkan beberapa media online yaitu melalui gambar, Surga di Ela dihubungkan dengan pantai yang nan Indah. Setiap yang ke sana akan menikmati pemandangan pantai dan laut yang bersih dan jernih. Pulau Ela adalah surganya Maluku Tengah dan Indonesia. Saya katakan begitu karena ada di wilayah Maluku Tengah yang merupakan wilayah NKRI. Untuk menikmati surga di Pulau Ela maka perlu menginap di sana. Ada tempat penginapan yang tersedia di Nusa Ela Resort. Kita bisa memilih tempat menginap seperti Rumah Terapung dan rumah panggung. Tentu harganya cukup mahal, antara 450 untuk rumah panggung, dan 750 ribu untuk biaya penginapan di rumah terapung. Namun bisa saja ini bukan harga statis, bisa saja ada perubahan harga. Silakan cari informasi di situs yang membahas harga penginapan di Resort Nusa Ela.
Surga yang ada di Nusa Ela adalah keindahan pulau dan laut yang masih terawat dengan baik, belum dijamah tangan-tangan yang berpotensi merusak keindahan alam dan laut di Resort Nusa Ela. Saya yakin masyarakat disana pasti menjaga keaslian pemandangan Nusa Ela, dengan demikian banyak orang akan tertarik menikmati masa libur akhir Tahun di Nusa Ela.

NusaNiwe Ambon. Tempat ini merupakan salah satu surga di Ambon. Artinya Nusaniwe memberikan pemandangan yang mempesona hati, memberi rasa bahagia ketika berada di Nusaniwe Ambon.
Pantei Pitu Kota Ambon. Saya pernah berkunjung ke tempat ini dan sempat naik ke atas bukit dari pintu kota. Di atas bukit itu kita memandang keindahan pemandangan laut Ambon dan pantei yang membentang di sekitar pintu kota. Saya berada di atas bukit pintu kota beberapa jam kemudian turun lagi ke pantai dan minum air kelapa muda di pinggir pantai dengan desahan ombak yang mengingatkan aku di pantaiku di Mademang dan Peitoko-Alor NTT. Di sana ada Batu Topi, letaknya di wilayah yang cukup jauh dari pantei Mademang. Bila suatu saat, ada yang berlibur ke Surga Alor NTT.

2. Surga di Papua

a. Danau Sentani

Danau Sentani merupakan danau terbesar di Papua. Danau Sentani punya keindahan tertentu. Hal ini dibuktikan dengan wisatawan yang berkunjung ke danau Sentani. Di danau Sentani, para wisatawan pasti menemukan surga dunia. Surga dunia adalah bagian dari ciptaan Tuhan. Tuhan yang menciptakan alam semesta dan isinya. Maka hasil ciptaan Tuhan pasti memberi rasa bahagia kepada manusia. Itulah surga dunia, menikmati pemandangan alam yang memberi rasa senang di hati maka seseorang telah mengalami surga di bumi. Tentu surga di bumi yang saya maksudkan dalam artikel ini yaitu suasana hati yang dipengaruhi oleh keindahan tempat wisata.

b. Teluk Cenderawasih

Teluk Cenederawasi juga memberi pemandangan yang menyenangkan. Laut yang jernih dan hamparan pasir putih dan hutan yang menghijau di sekitar pantai teluk Cenderawasi menambah nikmatnya Surga Cenderawasi bagi mereka yang datang ke tempat wisata atau taman Nasional di Papua.

Membahas teluk Cenderawasi yang merupakan salah satu surga di Papua, saya teringat teluk di kabupataen saya, yaitu Kabupaten Alor yang terkenal dengan teluk yang disebut “teluk Kabola”. Ketika memasuki teluk dengan kapl laut, ikan lumba-lumba pasti menyambutnya (berenang di depan atau disamping) kapal dengan jarak pandang yang jelas, ikan lumba-lumba itu akan membawanya/menyertai sampai memasuki pelabuhan Kalabahi. Setelah itu ikan lumba-lumba akan menghilang. Mau tahu surga di teluk Kabola, silakan datang ke Alor NTT. Dari Jakarta ke Kupang dan dari Kupang dengan pesawat ke Alor. Ada banyak surga di Pulau Alor.

c. Raja Ampat

Surga di Papua yang satu ini terkenal di Nusantara dan juga manca negara. Dengan kata lain surga papua yaitu Raja Ampat terkenal oleh wisatawan demostik dan mancanegara. Beberapa Pulau yang menambah pesona surga di raja Ampat, yaitu puau Waigeo. Misoo;, Sawati, Batantara dan beberapa pulau kecil di sekitarnya. Semua ini memperkaya dan mempesona rasa bahagia memandang keindahan raja Ampat.







3. Surga di Sulawesi Utara (Manado)
a. Pulau Bunaken
b. Taman Nasional Bunaken
c. Pulau Siladen
d. Air Terjun Kima Atas di Manado
e. Danau Tondano
f. Arung Jeram Sawangan Manado
g. Pantai Malalayang di Manado
h. Taman Wisata Tandurusa di Manado
i. Bukit Kasih di Manado.

Ada keunikan di Bukit Kasih, yaitu batu diukir dengan wajah manusia. Saya melihat di sebuah gambar online, ada dua wajah yang diukir dalam bukit tesebut. Menurut informasi di bukit kasih terdapat rumah ibadah dari 5 agama resmi yang diakui negara ada di lokasi bukit kasih.

Salam

Share This
Previous Post
Next Post

Pellentesque vitae lectus in mauris sollicitudin ornare sit amet eget ligula. Donec pharetra, arcu eu consectetur semper, est nulla sodales risus, vel efficitur orci justo quis tellus. Phasellus sit amet est pharetra

0 comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.