Friday, December 7, 2018

Efektifkah Memiliki Kartu Kredit?

ad300
Advertisement
Mengapa perlu memiliki kartu kredit dan bagaimana penguasaan diri yang menolong kita untuk secara efektif memiliki dan menggunakan kartu kredit. Memiliki kartu kredit untuk beberapa bank mungkin sangat mudah namun kita harus mengontrol penggunaan kartu kredit dalam berbelanja. Ini sedikit pengalaman saya.

Beberapa tahun yang sudah berlalu, saya ditawarkan oleh seorang dosen saya tentang kartu kredit dari salah satu Bank ternama di dunia. Sayapun mengiayakan dan kami beberapa orang mengurusnya. Setelah mengisi aplikasi, petugas kartu kredit meninjau lokasi untuk memastikan pengajuan kami diterima atau ditolak. Peristiwa ini berlangsung tahun 1994, setelah beberapa bulan kami menunggu akhirnya jawabanpun datang yaitu saya dikirimi kartu kredit. Saya sebenarnya ingin menyebut nama bank tetapi tidak saya lakukan disini, saya kisahkan secara umum saja.


Setelah menerima kartu kredit, sayapun menggunakan untuk keperluang belanja yang dapat mendatangkan point. Sering bersama teman belanja, jika barang yang dibeli dalam jumlah yang banyak maka saya tawarkan untuk membeli dengan menggunakan kartu kredit, sementara uangnya saya terima dan saya akan lakukan pembayaran di bank sesuai tagihan yang saya terima atau langsung melunasinya agar tidak terkena bunga. Keuntungan yang saya peroleh adalah point. Kegiatan ini berlangsung beberapa bulan.
Suatu saat saya mendapat pemberitahuan bahwa saya mendapat reward dari Bank dimana saya mendapat kartu kredit. Tentu hadiahnya lumayan memuaskan. Produk yang diberi juga produk berkualitas. Beberapa kali saya mendapat hadiah dari bank karena transaksi belanja melalui kartu kredit. Setelah poin terkumpul untuk hadiah tertentu, saya kemudian telepon untuk menukar point saya dengan hadiah.
Suatu saat stuasi jadi berubah, ada perhitungan-perhitungan yang saya tidak paham. Maklum orang awam. Saya kemudian berusaha untuk melunasi utang saya, ya tidak terlalu besar. Setelah itu saya meminta kartu kredit untuk saya dihentikan. Hal ini disebabkan karena saya tergoda belanja dengan kartu kredit bila ada di toko buku, dan toko pakaian dll. Jadi, untuk tidak terjebak dalam keinginan saya yang tidak terkontrol dalam belanja, saya menghentikan keanggotaan saya dalam kartu kredit dari sebuah bank luar negeri.
Setelah itu ada berbagai penawaran tetapi saya menghindari karena kebiasaan yang pertama. Dari pada nanti saya memberatkan diri saya sendiri lebih baik saya berhenti. Namun teman-teman yang mengatur diri dalam beanja, mereka terus menggunakannya. Saya tidak tahu sampai pada saat saya posting. Namun salah satu teman saya menyatakan sudah berhenti.
Jadi, efektif tidaknya memiliki kartu kredit itu sangat bergantung pada setiap pribadi. Ada pribadi yang mengontrol keinginan belanja. Ia belanja benrdasarkan apa yang benar-benar ia perlukan. Jadi, teman ini tidak terlalu berat dalam membayar tagihan bulanan dari kartu Kredit.
Kini ada banyak bank yang menawarkan kartu Kredit, jika ada yang mau tentu silakan saja. Namun mereka yang masih ragu ya sebaiknya belajar lebih dalam sebelum memutuskan memiliki kartu kredit.


Bank-bank tertentu yang ada di negara kita menawarkan kartu kredit kepada yang mau menggunakan kartu kredit. Sebagai seorang blogger, tentu memiliki kartu kredit sangat efektif untk beberapa transaksi yang menggunakan kartu kredit. Ada yang menjual template profesional dengan sistem pembayaran melalui paypal, kartu kredit dll. Namun demi faktor keamanan pakai saja paypal. Karna belanja sesuatu dengan menggunakan kartu kredit, khususnya untuk produk-produk antar negara seperti kita ingin membeli template blog yang sangat SEO Friendly dari blogger profesional di negara-negara tertentu, sebaiknya pakai paypal. Karena jika akun kartu kredit kita bobol maka kita akan menanggung biya yang sangat besar. Kalau di Paypal tentu kita isi dengan nominal yang terbatas. Bila bobol dalam arti uang kita diambil oleh pihak yang tidak bertanggungjawab maka kerugian kita tidak terlalu besar.

Beberapa transaksi dapat menggunakan kartu Kredit.Itu berarti kita dapat memiliki kartu kredit hanya saja kita harus mengawasi keinginan kita dalam menggunakan kartu kredit untuk pembelanjaan atau pembelian sesuatu yang tidak terlalu dibutuhkan.

Kini hadir kartu Kredit Idaman, apply kartu kredit juga dilakukan secara online melalui toko online terpercaya seperti tokopedia. Disediakan berbagai pilihan kartu kredit:
1. Kartu Kredit Platinum
2. Kartu Kredit Titanius
3. Singapore Airlines KrisFlyer Visa Signature
4. Master Card Platinum
5. Visa Batman
6. Bank bank Indonesia: BRI, BNI, Mandiri, BCA dll
7. CitiBank
8. Bank Jepang, seperti: The Bank of Tokyo-Mitsubishi UFJ, Ltd.
9. Bank bank Indonesia, seperti: BRI, BNI, Mandiri, BCA dll
dll

Salam
Share This
Previous Post
Next Post

Pellentesque vitae lectus in mauris sollicitudin ornare sit amet eget ligula. Donec pharetra, arcu eu consectetur semper, est nulla sodales risus, vel efficitur orci justo quis tellus. Phasellus sit amet est pharetra

0 comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.