Wednesday, December 5, 2018

Efektivitas Teknologi Transportasi

ad300
Advertisement

Teknologi sebagai hasil karya manusia berfungsi untuk mengatasi masalah dalam kehidupan sehari-hari sesuai bidang kehidupan manusia. Sejak manusia mengubah sumber daya alam menjadi alat untuk mengatasi masalah yang dihadapinya maka sejak itu pula manusia menciptakan teknologi. Teknologi dari asal katanya dapat dipahami dari dua kata penting yaitu dari kata tekne dan logia. Tekne diartikan kerajinan, sedangkan logi diartikan pikiran, perenungan, perkataan, firman atau sabda yang kemudian secara ilmiah disebut ilmu. Jadi dalam teknologi ada perpaduan antara kerajinan dan logi-logi manusia (pikiran manusia), hasilnya yaitu alat atau teknologi.

Teknologi sebagaimana yang dimaksud di atas, dimulai dengan teknologi sederhana yang dipakai manusia mengatasi masalah. Misalnya minum air yang memberi sehat pada tubuh, manusia kemudian berusaha menciptakan alat yaitu alat untuk masak air. Manusia yang mengalami masalah dalam hidup yaitu lapar, mengatasi lapar dengan cara membuat alat untuk masak nasi, jagung dll. Perkembangan teknologi ini semakin berkembang sampai penemuan teknologi yang canggih bahkan super canggih. Untuk itu dalam artikel ini saya kelompokkan teknologi dalam tiga kawasan, yaitu:
(1) Teknologi kawasan darat,
(2) teknologi kawasan laut,
(3) Teknologi kawasan udara.

Mari kita bahas beberapa teknologi di atas secara satu per satu.

1. Teknologi Transportasi Darat

Dari sat tempat ke tempat yang lain, biasanya orang menempuhnya dengan berjalan kaki. Tentu berjalan kaki ini dilakukan di darat. Kalau menyeberang sungai yang besar pasti membutuhkan alat untuk menyeberang. Ada pilihan perahu, kapal dll. Perahu dan kapal merupakan alat yang dicipta manusia untuk memudahkan manusia menyeberangi sungai. Bisa juga berenang tapi butuh tenaga. Kalau dengan keluarga menyeberang sungai dengan berenang tentu sangat beresiko. Di darat, perjalanan kaki dalam jarak tempuh yang jauh sering juga membuat manusia mengalami keletihan, rasa cape dan lain-lain. Berbagai masalah ini kemudian membuat manusia berpikir untuk mengolah sumber daya alam yang dapat mengatasi masalah berjalan kaki berjam-jam ditempuh dalam waktu yang singkat, ada yang menggunakan tenaga kuda, dan cara-cara lainnya. Semuanya mendorong manusia menciptakan apa yang disebut dengan sepeda, motor, mobil, truk, bus dll. Alat-alat ini dapat memindahkan manusia dari satu tempat ke tempat lain dalam waktu yang relatif cepat. Manusia tidak berlama-lama berjalan kaki.
Dengan adanya alat-alat transportasi darat maka lebih efektif lagi membantu manusia mencapai tujuan kerja, tujuan perjalanan dll. Sepeda misalnya: banyak ragam sepeda, ada sepeda untuk bekerja, ada sepeda untuk olahraga, seperti sepeda balap. Sepeda balap didesain dengan baik untuk tujuan balap sepeda. Ada balap sepeda antar sekolah, balap sepeda antar universitas, balap sepeda antar kabupaten, balap sepeda antar negara, balap sepeda dalam turnamen-turnamen dunia.

Demikian juga motor, ada motor untuk kebutuhan transportasi kerja, motor-motor untuk transportasi kerja dirancang dengan rancangan profesional dan sesuai kebutuhan pasar. Ada motor-motor yang dipakai untuk ojek, motor untuk bepergian ke kantor, motor untuk berbisnis dll.
Demikian pula mobil, bus dan lain-lan. Sekarang alat trasportasi darat yang menggunakan bus juga didesain dengan perkembangan zaman. Ada yang mendesain bus antar propinsi dengan kamar-kamar khusus, jadi bus VIP. Kemudian di Bus Way, kita melihat banyak bus way dengan desain-desain tempat duduk yang lebih menyenangkan. Ada tempat duduk khusus untuk wanita dan para lansia. Jadi perkembangan transportasi darat, khususnya alat-alat angkutan seperti penumpang, kini didesain dengan sangat efektif untuk kepuasan penumpang.
Selain itu, dalam dunia industri dikenal sebuah teknologi yang disebut dengan teknologi 4,0. Tenknologi ini akan menggantikan beberapa peran manusia.Silakan cari informasi Teknologi 4.0. Bahkan sudah mulai dipakai dalam dunia pendidikan.

Beberapa hari ini saya mengajar di sebuah tempat yang berada di Teluk Gong wilayah Jakarta Utara. Tempat yang saya tuju berada dibelakang apartemen teluk intan. Saya berangkat dari sebuah halte di wilayah Jakarta Timur menuju Pluit dengan mnggunakan bus way, saya bertanya kepada teman saya tentang tempat di mana saya turun dan akan dijemput oleh teman. Namun karena saya ingin berusaha sendiri ke tempat yang saya tuju maka setelah melewati jematan besi, jembatan I dan Jemabatan II, saya kemudian turun di halte bus way jembatan dua. Saya keluar dari halte bus way kemudian memesan ojek online, beberapa menit kemudian driver ojek onlinepun datang dan saya bersamanya menuju tempat mengajar di belakang apatermen.


Nampak salah komunikasi antara saya dan teman, teman saya maksudkan saya turun di Jalan Moa No ... (saya sengaja tidak sebutkan nomor rumah) karena nomor rumah itu salah. lalu driver ojek online mulaia mutar-mutar cari alamat. Alamat yang di wa sudah sesuai dan driver ojek online sudah sangat tepat membawa saya ke jalan tersebut. Sambil mencari alamat dalam suasana sedang hujan, untunglah hujannya tidak terlalu deras, walaupun saya basah namun laptopku aman. Untuk menjaga kondisi basah yang parah karena hujan, maka saya minta diturunkan di pintu masuk apartemen intan. Saya tidak menemukan alamat karena alamat yang diberi tidak lengkap. Ada nomor rumah dan jalan tetapi tidak ada RT dan RW jadi semakin sulit mencari. Saya kemudian telp ke teman, setelah itu saya masuk ke halaman aparetemen intang untuk sekadar berteduh. Saya kemudian berteduh persis di depan indomart. Saya melihat hujan semakin deras, saya lalu berkata puji Tuhan laptopku aman tidak basah karena terkena hujan.

Setelah hujan berhennti saya kemudian mencari alamat rumah yang saya tuju dengan bersandar pada naluri. Lalu tidak kemudian temanku telp saya dan minta saya berhenti di sebuah tempat agar ia dapat menjemputnya. Saya lalu mencari sebuah tempat berhenti dan menunggu teman yang akan menjemput dengan motor. Selang beberapa menit temanku datang, kemudian membawa saya ke tempat mengajar.

Kisah di atas menunjukkan bahwa efektivitas teknologi transportasi menolong saya mencapai tujuan yaitu tempat yang saya tuju. Bus way sangat efektif membawa saya dari wilayah Jakarta Timur ke Wilayah Jakarta Utara yaitu ke Teluk Gong dengan melewati beberapa halte bus way, tiga halte yang terakhir sebelum saya turun yakni halte jembatan besi, jembatan satu, jembatan dua. Dari jembatan dua saya lanjutkan perjalanan dengan efektif menggunakan ojek online. Handphone siaomi yang saya bawa juga efektif menolong saya dalam mengkorelasikan dengan transportasi online. Mata pelajaran yang saya bawa yaitu Teknologi dan Media Pendidikan.
Melalui mata pelajaran ini, saya berusaha menyadarkan kepada peserta untuk memanfaatkan teknologi website dalam membuat media pembelajaran online maupun membuat bahan ajar online. Jika belum dapat menggunakan website berbayar maka peserta dapat menggunakan halaman-halaman website gratis seperti blogspot dan wordpress. Dari kedua platform ini saya sarankan menggunakan blogspot karena pengoperasiannya sedemikian mudah, bahkan kita dapat menata tampilan blog yang sedemikian profesional dengan menggunakan template-template yang SEO Friendly dll.


Jika kita hendak menggunakan website berbayar maka kita dapat memesan melalui situs-situs penyedia domain dan hosting kemudian kita membayar biayanya setiap bulan untuk hosting sementara domain bersifat tahunan. Hosting juga bisa kita bayar tahunan tetapi jika keungan belum memungkikan maka kita memilih membayar bulanan. Seperti website milik saya di https://mediailmiah.com saya menggunakan jasa layanan Rumah Web. Silakan Anda cari informasi ini situs Rumah Web.

Saya membuat situs khusus untuk persiapan membuat bahan ajar online dan juga media pembelajaran online. Ada banyak penyedia jasa pembuatan website profesional. Ada yang pembuatan websitenya cepat terindek oleh google. Bila website kita cepat terindeks oleh google maka tentu kita sangat diuntungkan karena situs kita mudah didapat dan dibaca oleh pengunjung. Hal ini saya dapatkan melalui webiste saya dengan alamat https://mediailmiah.com. Jasa layanan yang saya pakai adalah RumahWeb.com
Jika kita mau ada banyak pilihan pembuatan website pribadi, khusus untuk keperluang pengajaran yang kita lakukan.

Teknologi Natal seperti pohon Natal, kartu selamat natal, kue Natal, Baju Baru untuk natal. Menurut promosi yang ada di beberapa media online, kita bisa cari dan beli online melalui Ali Ekspres
2. Teknologi Transportasi Laut

Manusia tidak dapat tinggal sendiri, ia mencari orang lain di tempat lain seperti di daratan yang dipisahkan laut. Untuk itu manusia mesti menggunakan alat yang dijadikan sebagai transportasi laut, alat ini memungkinkan untuk seseorang bepergian ke tempat lain, kota lain di pulau-pulau seperti Jakarta ke Sumatera, Jakarta ke Indonesia Timur, Jakarta ke Kalimantan, Jakarta ke Sulawesi dan pulau-pulau yang tidak disebutkan seluruhnya disini. Untuk kebutuhan ini ada kapal penumpang yang disiapkan oleh pemerintah.
Kapal-kapal penumpang tentunya mengadakan pelayaran dari satu pelabuhan ke pelabuhan lainnya yang ada di Nusantara. Selain kapal penumpang, kita juga mengenal kapal pasiar, kapal-kapal pesiar pasti dirancang dengan teknologi tinggi. Mereka yang memiliki tingkat sosial yang tinggi seperti orang-orang kaya dapat menikmati perjalanan libur bersama keluarga dengan menggunakan kapal pesiar. Kapal pesiar itu ada yang ukurannya besar dan dapat mengadakan pelayaran antar benua. Dari Amerika ke Asia, dari Amerika ke Afrika, dari Belanda ke negara-negara lain dan lain sebagainya. Kapal-kapal pesiar dari italia. Ada kapal-kapal pesiar yang super mewah atau paling besar dan sangat mewah, dll. Banyak perusahan kapal mewah yang memproduksi kapal-kapal mewah.

3. Alat Transportasi Udara

Kini hadir transportasi udara yaitu pesawat-pesawat dengan berbagai ukuran dan kemampuan jarak terbang yang berbeda-beda. Ada yang dapat menempuh penerbngan dengan lamanya waktu 1 jam bahkan di atas 1 jam seperti 8 jam penerbangan atau lebih. Pesawat-pesawat itu didesain untuk penerbangan antar pulau dan antar negara.

4. Teknologi Pembayaran

Pembayaran dapat menggunakan ATM Bersama, Visa, Mastercard, dll

5. Teknologi ANtivirus

Teknologi transportasi yang terhubung dengan komputer rentan juga terhadap virus, maka kini muncul teknologi yang disebut dengan "teknologi anti virus". Bagi kita yang sering menggunakan komputer dan laptop serta handphone Android, dering kita temukan alat yang kita gunakan terkena virus. Dan untuk mengatasinya kita selalu memnggunakan teknologi anti virus. Beberapa teknologi antivirus komputer dan laptop yang biasa kita pakai misalnya Smadav dll. Teknologi antivirus ini penting untuk komputer dan laptop, khususnya kita yang sering berinternetan, kirim email dan lain-lain. Kegiatan ini berpotensi mendapat virus di laptop atau komputer. Apalagi kita sering memasuskan flashdisk dari kompuetr ke ke komputer. Jadi kita perlu teknologi antivirus.






Salam
Share This
Previous Post
Next Post

Pellentesque vitae lectus in mauris sollicitudin ornare sit amet eget ligula. Donec pharetra, arcu eu consectetur semper, est nulla sodales risus, vel efficitur orci justo quis tellus. Phasellus sit amet est pharetra

0 comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.