Saturday, December 22, 2018

Suasana Natal 2018 di Tempat Berbelanja

ad300
Advertisement
Suasana Natal 2018 di tempat berbelanja yang saya maksudkan disini yakni di sebuah Mall. Mall sebagaimana lazimnya menjadi tempat untuk siapa saja yang datang ke sana untuk berbelanja ragam kebutuhan dengan diskon yang bervariasi. Jadi, judul postingan ini tidak terjadi di berbagai tempat belanja, pengalaman itu saya dapatkan ketika berbelanja di sebuah tempat belanja yaitu di Mall yang ada di Wilayah Jakarta Timur. Disana saya menemukan suasana Natal ketika saya memasuki Mall tersebut.

Natal adalah kisah yang mendunia tentang lahirnya Yesus Kristus. Kelahiran Yesus Kristus adalah peristiwa sejarah. Artinya benar-benar terjadi. Tempat kelahiran Yesus Kristus di Betlehem. Kelahiran Yesus Kristus merupakan penggenapan nubuatan oleh para Nabi dalam Perjanjian Lama. Para nabi itu menjadi pembicara TUHAN. Artinya TUHAN berbicara kepada manusia melalui Nabi. Para nabi yang diperkenalkan dalam Alkitab, khususnya Perjanjian Lama dikelompokkan dalam Jabatan Nabi Besar dan Nabi Kecil.
Para Nabi besar Menurut Perjanjian Lama, yaitu:

1. Nabi Musa
2. Nabi Samuel
3. Nabi Natan
4. Nabi Elia
5. Nabi Elisa
6. Nabi Yesaya
7. Nabi Yeremia
8. Nabi Daniel
9. Nabi Yehezkiel
10. Nabi Zakharia

Dalam Pengantar Perjanjian Lama yang disajikan secara akademis yang didasarkan pada kanon Kristus yaitu Alkitab, para nabi kecil atau biasanya disebut 12 nabi kecil merupakan sekelompok nabi Ibrani ( Israel), para nabi kecil itu berbicara atas nama TUHAN dan tercatat dalam kitab suci atau berdasarkan kitab suci yang sesuai dengan nama para nabi kecil. Kedua belas nabia kecil dapat kita baca dalam kitab suci Perjanjian Lama Alkitab Kristen sebagai berikut:

1. Hosea (Nama kitabnya Hosea/kitab Hosea, ada dalam Perjanjian Lama)
2. Yoël (Nama kitabnya Yoel /kitab Yoel, ada dalam Perjanjian Lama)
3. Amos (Nama kitabnya Hosea/kitab Amos, ada dalam Perjanjian Lama)
4. Obaja (Nama kitabnya Obaja/kitab Obaja, ada dalam Perjanjian Lama)
5. Yunus (Nama kitabnya Yunus/kitab Yunus, ada dalam Perjanjian Lama)
6. Mikha (Nama kitabnya Mikha/kitab Mikha, ada dalam Perjanjian Lama)
7. Nahum (Nama kitabnya Nahum/kitab Nahum, ada dalam Perjanjian Lama)
8. Habakuk (Nama kitabnya Habakuk/kitab Habakuk, ada dalam Perjanjian Lama)
9. Zefanya (Nama kitabnya Zefanya/kitab Zefanya, ada dalam Perjanjian Lama)
10.Hagai (Nama kitabnya Hagai/kitab Hagai, ada dalam Perjanjian Lama)
11.Zakharia (Nama kitabnya Zakharia/kitab Zakharia, ada dalam Perjanjian Lama)
12.Maleakhi (Nama kitabnya Maleakhi/kitab Maleakhi, ada dalam Perjanjian Lama)

Para Nabi tersebut di atas, telah menubuatkan kelahiran Yesus Kristus. Kelahiran Yesus Kristus kemudian dirayakan oleh orang yang menjadi pengikut Yesus Kristus atau disebut Kristen dalam perayaan yang disebut “Natal”. Natal berarti kelahiran. Kelahiran yang diperingati orang Kristen adalah kelahiran Yesus Kristus. Sedangkan tanggal 25 Desember merupakan sikap gereja secara kontekstual kala itu. Tanngalnya bisa dipersoalkan, sementara kelahiran Yesus Kristus tidak dapat dibantahkan. Kalaupun ada, maka bantahan itu biasanya bagi mereka yang mencari-cari alasan yang tidak masuk akal. Dikatakan demikian karena kelahiran Yesus Kristus itu peristiwa historis dan disaksikan oleh lebih dari satu orang dan tercatat dalam kitab suci Kristen yaitu Alkitab Perjanjian Baru seperti dalam kitab Matius dan beberapa bagian kitab suci Perjanjian Baru.

Dalam rangka perayaan natal akan peringatan hari kelahiran Yesus Kristus maka setiap tahun ada suasana natal di berbagai tempat. Misalnya pada tanggal 20 Desember 2018 pukul 18.00 – 20.00 WIB, saya bersama isteri ke sebuah tempat belanja di bilangan Jakarta Timur yaitu di Kramat Jati, saya melihat suasana di tempat belanja yang ramai dikunjungi pengunjung untuk berbelanja. Tentu orang Kristen membeli beberapa keperluan untuk Natal. Saya memperhatikan ada yang beli celana panjang Adre Lauren, ada pula yang membeli sepatu, membeli Jeans, baju kemeja tangan panjang dan lengan pendek, ikat pinggang, dan masih banyak lagi. Ada pula yang non Kristen yang membeli produk-produk sesuai kebutuhan. Belanja akan semakin menarik apabila ada diskon. Artinya ketika kita hadir di tempat belanja kemudian ada penawaran diskon 50 % - 70 %. Dengan diskon yang sebegitu besar kita dapat berbelanja secara efektif.



Hal yang hendak saya sampaikan disini yakni suasana Natal yang muncul ketika saya memasuki tempat belanja tersebut. Ada hiasan-hiasan Natal. Tentu bagi kami orang Kristen menambah damai dalam hati. Kami yang berbelanja pada tanggal 20 Desember 2018 pasti terdiri dari orang Kristen dan sesama anak bangsa yang non Kristen. Terjadi suasana yang menunjukkan toleransi sebagaimana yang dianut di Indonesia.

Saya bersama isteri belanja celana dan baju kemeja lengan panjang dan pendek dengan diskon yang ditawarkan di Matahari Mall. Ada diskon 50 %, ada pula yang beli 2 dapat 1 secara gratis. Saya membeli sepatu dengan diskon 50 %. Ya lumayan untuk dipakai dalam merayakan Natal 2018. Ada pula keperluan kaum ibu seperti Make Up dengan kualitas yang tentu berbeda. Saya katakan demikian karena sebuah Mall pasti menjual produk yang berkualitas. Bagi kaum perempuan, make up tidak dapat dipisahkan dari dirinya. Khususnya bagi yang Kristen, dalam menyongsong Natal tentu memerlukan produk-produk kosmetik untuk make up sebelum mengikuti Natal. Bagi yang laki-laki, ada produk Jeans, emba dengan kualitas yang tentu menyenangkan bagi mereka yang membeli dan menggunakan Jeans Emba.

Salam Natal 2018
Share This
Previous Post
Next Post

Pellentesque vitae lectus in mauris sollicitudin ornare sit amet eget ligula. Donec pharetra, arcu eu consectetur semper, est nulla sodales risus, vel efficitur orci justo quis tellus. Phasellus sit amet est pharetra

0 comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.