Sunday, December 23, 2018

Fasilitas Ruang Pimpinan Lembaga Pendidikan

ad300
Advertisement
Saya memposting sebuah tulisan yang berkenaan dengan fasilitas ruang pimpinan berdasarkan pengalaman saya beberapa bulan lalu dalam mengunjungi sebuah sekolah tinggi teologi dalam rangka MoU untuk Tridarma Perguuruan Tinggi. Ketika saya hadir dalam kampus sekolah tersebut, saya dipersilakan untuk masuk ke kantor dan diantar ke ruang ketua Sekolah Tinggi Teologi.Saya kemudian memasuki ruang pimpinan dan berjumpa dengan ketua STT. Saya dipersilakan untuk duduk di kursi tamu. Ruangnya tidak terlalu besar tetapi untuk ukuran Sekolah Tinggi saya rasa ukuran tersebut sudah memadai. Kami kemudian ngobrol singkat sebelum memulai percakapan sesuai kunjungan saya.
Ruang tersebut dilengkapi dengan Full AC, meja ketua, laptop dan printer serta satu set kursi/sofa untuk tamu sekolah yang ber-urusan dengan ketua Sekolah Tinggi.
Saya tertarik dengan fasilitas tersebut. Fasilitas yang saya maksud seperti nampak dalam gambar berikut:


Sebuah ruang kantor ketua mesti dipersiapkan atau dilengkapi dengan fasilitas yang menunjang untuk tugas-tugas ketua serta perkunjungan tamu ketua. Terlebih lagi dalam rangka melaksanakan tridarma perguruan tinggi, yaitu: pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat, pasti ada kerja sama antar sekolah tinggi untuk melaskanakan kerja sama dalam bidang penelitian seperti penelitian kolaborasi,penelitian dosen pemula dan penelitian-penelitian yang berhubungan dengan kebutuhan sebuah perguruan tinggi. Selain itu ada penelitian pengabdian masyarakat. Penelitian yang tentunya berhubungan dengan asas kemanfaatan bagi masyarakat

Fasilitas yang dibutuhkan untuk melengakpi ruang pimpinan lembaga pendidikan seperti ruang ketua STT dapat dilengkapi dengan fasilitas seperti:
Meja Ketua
Kursi Ketua
Satu atau dua Set Tempat duduk sofa yang disiapkan di ruang kantor ketua
Satu set printer
Telephone
AC

Bisa juga dipajang foto ketua yang pernah memimpin sekolah tinggi periode demi periode. Hal ini dimaksudkan agar para tamu ketua dapat melihat secara garis besar siapa saja yang pernah memimpin lembaga pendidikan yang bersangkutan.

Kursi sofa yang ditempatkan di ruang ketua hendaknya sofa yang berkualitas dengan harga yang terjangkau. Demikian juga pemasangan AC. Pasanglah AC dengan kualitas yang baik agar udara di ruang ketua memberi rasa aman bagi ketua dalam bekerja dan menerima tamu.
Untuk Kursi Ketua Sekolah Tinggi, dapat memilih beberapa pilihan kursi sebagai berikut:
1. Kursi Kantor Umura-Hitam.
2. Presiden Kursi Kantor.
3. Kursi Kantor Direktur jaring.
4. Savello Office Chair Reputo.
5. High Point Fontana Kursi Kantor.
Silakan harganya cek di Tokopedia, dan toko-toko online yang menjual kursi khusus untuk pimpinan.


Kita dapat membeli kursi untuk ketua berdasarkan kemampuan finansial sekolah.Fasilitas ruang ketua juga menunjukkan kewibawaan sebuah lembaga pendidikan. Semaikin baik penataan ruang pimpinan semakin terjermin ketertiban sekolah. Namun fasilitas ini ditopang dengan sistem kepemimpinan seorang ketua. Seorang ketua yang tegas dan berwibawa akan nampak dalam kepeimpinannya. Sering terjadi bahwa fasilitas tidak terlalu mempengaruhi namun dalam beberapa kasus fasilitas ikut mempengaruhi penampilan seorang ketua.

Semoga bermanfaat
Share This
Previous Post
Next Post

Pellentesque vitae lectus in mauris sollicitudin ornare sit amet eget ligula. Donec pharetra, arcu eu consectetur semper, est nulla sodales risus, vel efficitur orci justo quis tellus. Phasellus sit amet est pharetra

0 comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.