Wednesday, July 25, 2018

10 Cara Efektif diterima Google Adsense

ad300
Advertisement

Sore ini saya membaca sebuah artikel dengan judul 15 persiapan sebelum mendaftar ke Google Adsense. Saya tidak membahas ke-15 persiapan tersebut karena penulis blog hanya menyampaikan beberapa saja. Jadi saya hanya membahas dalam arti mengomentari apa yang dikemukakan kemudian memberi beberapa penjelasan tentang pokok-pokok penting yang perlu disiapkan ketiak rekan-rekan mendaftarkan blog ke Google Adsense. Berikut persiapan yang dimaksud, yaitu:

Sumber: Pixabay.com


1. Patuhi Kebijakan Program Google Adsense
Ada sejumlah kebijakan atau aturan Google Adsense yang perlu kita turuti sebelum mendaftar ke Google Adsense. Untuk mengetahui kebijakan Google Adsense maka kita langsung ke "kebijakan Google Adsense"

2. Batas Usia.

Ya saya setuju dengan persiapan yang pertama. Mengapa? Karena Google Adsense memang mewajibkan batas usia yang diperkenankan adalah usia 18 tahun ke atas
3. Satatus website atau Blog. Apakah dibannet atau tidak.

Ya bagian ini tentu diperhatikan secara baik karena website atau blog yang pernah didaftar tetapi ditolak akan mengalami nasib yang sama. Artinya menajukan berkali-kali tetap juga ditolak. Saya punya pengalaman untuk beberapa blog. Saya sudah perbaiki blog yang saya ajukan tetapi tetap saja ditolak jadi saya sudah tutup akun google Adsense. Penutupan ini dengan harapan untuk mendaftar kembali tetapi dengan blog yang orisinil alias blog baru

4. Tulis konten/artikel/berita berkualitas

Ini kaya kuliah teori kualitas. Mungkin kita harus pakai teori kualitas model Deming dll. Ya memang kita harus tulis konten blog yang berkualitas. Sebab jika tidak demikian jarang pengunjung. Jadi saya sangat setuju atau bahkan di atas dari SANGAT SETUJU tetapi tidak ada pilihan di atas dari sangat setuju. Tidak mungkin maha setuju. Kalau Mahasiswa ya ada
Intinya kalau mau buka kebun di Google Adsense buat artikel berkualitas. Jadi, konten berkualitas itu apa? Jawabannya ini:

a. Buat tulisan yang menarik dan orisinil. Maksudnya konten atau isi tulisan di blog tidak ditulis atau dimuat dalam blog lain.

b. Tidak posting yang Pornografi, judi, senjata. Ya saya setuju pendapat ini.

c. Tidak menulis kata kunci yang bertumpuk-tumpuk di satu laman postingan atau tulis kata kunci secara berulang. Ini tidak boleh. Ya saya setuju pendapat ini.
d. Menulis artikel minimal 500 kata dan disukai untuk dibaca pengunjung. Ada yang bilang antara 1000 - 1500 kata. Saya pernah mencoba artikel yang tulisannya sedikit, iklan Google Adsensenya tidak muncul tetapi kalau postingnya banyak pasti pasang kode iklan dan iklan GA pasti muncul. Namun sebaliknya bila kontennya sedikit, katakanlah teori 500 kata, saya yakin iklannya tidak nongol di halaman postingan. Jika tidak percaya coba saja. Ini berangkat dari pengalaman saya di blog kantor. Di Blog kantor yang saya buat, bila saya memposting artikel yang kata-katanya sedikit maka iklan tidak muncul pada laman tersebut. Namun ketika saya menambahkan dalam jumlah kata-kata yang lebih banyak maka iklan langsung muncul. Jadi saya setuju karena sumber ini menggunakan batas minimal 500 kata pada waktu mendaftar. Ingat ini hanya berlaku untuk setiap artikel. Artinya setiap artikel jangan dibawah 500 kata. Usahakan jumlah kata dalam artikelnya lebih banyak, tarulah 1 500 kata.

e. Buat halaman Privacy Police

Ya ini bisa diterima. Namun pengalaman saya di blog kantor waktu didaftarkan tidak ada privacy police. Yang ada di blog adalah ada nomor ijin dari Pemerintah atas usaha yang dilakukan. Saya perjelas saja, yaitu izin akreditasi sekolah dari BAN PT. Mungkin hal ini membuat Google Adsense percaya keberadaan blog tersebut. Tetapi untuk blog pribadi perlu membuat halaman Privacy Police. Kita bisa meminta jasa online gratis dari situs yang menyediakan privacy police. Lalu kita kopi paste ke blog. Lalu buat judul Privacy Police. Silakan kunjungi situs ini: http://www.privacypolicyonline.com/ Dan membuat privacy police untuk blog anda. Sifatnya gratis selamanya.

f. Buat halam Abou atau Tentang.

Di halaman about atau halaman Tentang kita membuat deskripsi diri kita. Identitas kita secara singkat, kemudian blog kita. Apakah blog khusus tentang topic-topik tertentu. Jelaskan di About sehingga dapat diketahui pengunjung. Hal ini menunjukkan bahwa pengelola blog memang bereksistensi dan bukan spam. Jadi, saya setuju bahwa blog pribadi yang didaftarke ke Google Adsense seharusnya atau wajib ada halaman about atau tentang

g. Menu Navigasi

Menu navigasi atau disebut juga tombol navigasi adalah fasilitas yang memudahkan pengunjung mengunjungi laman blog melalui menu navigasi yang kita tempatkan di header blog atau di bagian bawah blog. Bisa juga disamping. Namun umumnya di header dan footer blog.
Untuk membuat tombol navigasi maka kita bisa membuatnya sendiri langsung dari blog dengan memanfaatkan laman. Namun bila kita belum bisa maka kita bisa mencari di pihak ketiga. Cari saja menu navigasi di Google lalu pilih yang disukai kemudian kopi paste kode html atau xml ke laman blog dengan cara membuka gadget di blog kemudian masukan kode tersebut dan seret gadget tersebut sesuai keinginan. Apakah mau di header atau di footer blog.

5. Umur Blog

Umur blog disarankan 6 bulan tetapi ada juga yang dibawah 6 bulan. Tetapi sebaiknya anda membangun blog anda dengan mengisi artikel yang berguna. Pilih tema blog sesuai passion anda.
6. Link keluar

Ini saran dari salah satu webmaster. Katanya kalau pasang link keluar akan terlihat lebih alami. Bila memasang link keluar maka cari blog yang temanya sama dengan blog kita.

7. Widget-Widget

Di blog, khususnya blogspot ada banyak widget. Jadi sebelum mengajukan blog ke Google Adsnese sebaiknya pasang beberapa widget yang perlu saja, seperti:

a. Gadget Popular Post
b. Recent Post
c. Arsip
d. Kategori/label
e. Profil Google Plus

8. Halaman Pendukung

Halaman pendukung yang dimaksud disini yaitu:

a. Kontak saya
b. Privacy Police
c. ToS (Term of Service)
d. Sitemap (tombol Navigasi)
e. DMCA
f. Disclaimer

Dari point a sampai f, cukup Anda memiliki Kontak saya dan Privacy Police

9. Pengunjung

Pengunjung memang menjadi factor penentu. Beberapa blog saya ditolak karena pengunjung kurang memadai. Jadi pengunjung juga penting. Namun ada juga yang menyatakan bahwa dengan pengujung yang sedikit blognya dapat diterima. Mungkin ada factor lain yang dinilai oleh Google Adsense. Namun beberapa blog saya ditolak karena salah satunya adalah factor pengunjung. Di blog kantor, pengunjung blog pada saat didaftarkan berjumlah 16.000 ribu tetapi usia blognya sudah lama, yaitu dibuat tahun 2012 dan didaftarkan ke google Adsense pada bulan April 2018, dan langsung diterima. Dalam blog ini tidak ada privacy police, tidak ada ToS, Tidak ada kontak saya. Namun ada izin pelaksanaan sekolah dari BAN yang dicantumkan di header Blog. Munkin karena itu blog langsung diterima dan menerbitkan iklan Google Adsense.

10. Template

Nah kalau yang satu ini saya akui. Hal ini terjadi pada blog kantor yang saya daftarkan kemudian diterima google. Tombol Navigasinya sangat bagus. Ketika diakses/diklik tidak butuh waktu yang lama atau loadingnya sangat cepat. Saya menggunakan template pihak ketiga tetapi tombol navigasinya fast loading. Jadi, kalau salah satu factor persiapan pendaftaran blog ke google Adsense dari sisi Template maka saya sarankan pakai template yang seo friendly atau yang responsive. Paling bagus lagi kalau ada ruang untuk iklan. Seperti “Template yang disediakan oleh “Bayna Blogger Template”. Template ini gratis jadi kita bisa pasang di blog. Kalau mau yang berbayar silakan daftar dan bayar tentu melalui paypal atau kartu Kredit. Saya gunakan yang gratis. Saya menggunakan template ini karena tampilannya sangat professional. Firut-fitur yang tersedia di template ini juga komplit. Fitur yang dimaksud:

a. Full responsive

Saya menyukai feature ini karena blog kita dapat diakses di Hp, Desktop, Laptop, iPad, Notebook. Ukurannya langsung menyesuaikan dengan ukuran gadget yang kita pakai untuk kunjungi blog. Misalnya laptop dan iPad

b. Mobile Friendly

Bila kita menggunakan template di luar blogspot maka perhatikan apakah ada feature mobile friendly. Artinya blog kita bisa diakses dengan gadget seperti Tablet, handphone, desktop

c. Page Speed Insights Optimized

Ini memungkinkan kecepatan loading blog. Jadi jika menggunakan template pihak ketiga maka pastikan apakan kecepatan loading blog pada waktuk dikunjungi. Apakah cepat atau lemot itu bergantung pada feature ini. Maksudnya dengan feature ini kita bisa mengunji kecepatan loading blog. Bila terlalu lama loading maka pengunjung akan meningkalkan blog kita. Oleh karena itu perlu Template Blog yang Fast Loading

d. Seo Opimized

Featur ini memungkinkan blog kita cepat diakses atau terindeks oleh mesin pencari seperti Google. Salah satu faktornya yaitu fasilitas Seo yang dipasang di template blog. Saya biasa menggunakan template yang disediakan di template Mark. Ada banyak pilihan template professional, fast loading dan SEO Optimised, dll. Dalam blog ini saya menggunakan template evendly yang disediakan Template Mark. Silakan kunjungi template mark

e. GT Metrix Report
f. Testing Tool Validator
g. Easy Admin Panel
h. Drop down menu
i. Sosial Icon
j. Ads Ready
Bagian ini saya suka karena sudah tersedia ruang untuk menerbitkan iklan. Misalnya kalau diterima GA maka kita cukup masukan kode GA pada laman blog dengan cara masuk ke edit laman dan cari kode html untuk ruang publis ikaln. Jai, ini persiapan untuk Google Adsense
k. Related Post
l. Author Box
m. Social Share Buttons
Bila kita promosi blog ke media social maka kita cukup klik tombol ini. Semua sudah

tersedia di template blog
n. Facebook Comment
Bagi yang mau promosi blog melalui facebook dapat menggunakan fasilitas ini.
o. Dll

Demikian pembahasan cara efektif mendafatr dan diterima Google Adsesnse

Semoga bermanfaat


Share This
Previous Post
Next Post

Pellentesque vitae lectus in mauris sollicitudin ornare sit amet eget ligula. Donec pharetra, arcu eu consectetur semper, est nulla sodales risus, vel efficitur orci justo quis tellus. Phasellus sit amet est pharetra

0 comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.