Tuesday, July 17, 2018

Efektivitas Rumusan Visi Terhadap Dinamika Kerja

ad300
Advertisement
Apa itu efektivitas rumusan visi dan dinamika kerja? Bagaimana efektivitas rumusan visi itu terhadap roh kerja setiap orang dalam lebaga, khususnya lembaga pendidikan. Mari simak artikel ini.
Ada banyak arti yang tentang visi. Namun dari beragam definisi visi, saya ingin mengemukakan sebuah definisi visi, yaitu visi adalah kemampuan menggambarkan masa depan yang hendak dicapai, atau bisa juga secara sederhana visi adalah cita-cita ideal yang hendak diwujudkan. Visi itu sesuatu yang didepan, yang didepan itu ditarik ke masa kini yang diwujudkan dalam misi. Berangkat dari arti visi secara sederhana ini, kita mengerti bahwa visi itu demikian penting dalam kehidupan pribadi maupun kelompok. Secara pribadi setiap orang punya visi, anak punya visi, ayah dan ibu punya visi, keluarga punya visi, lembaga kerja punya visi, organisasi swasta dan pemerintah juga punya visi. KArena demikian penting visi itu maka lazimnya setiap lembaga/organisasi punya visi dan visi itu dirumuskan dalam kata-kata yang dapat diukur pencapaiannya. Memahami dan mengalami betapa pentingnya visi tersebut, saya menulis artikel ini. Saya menulis karena sebagai seorang pemimpin di sebuah organisasi pendidikan. Sejak saya dipercayakan menjadi pemimpin, saya kedepankan visi. Visi lembaga, saya tetapkan sebagai semangat kerja. Saya selalu katakan mari kita bekerja berdasarkan visi, saya meaksanakan kepemimpinan berdasarkan visi, staf melaksanakan aktivitas kantor berdasarkan visi. Visi itu harus menjadi roh/dinamika kerja kita. Jangan bekerja seperti air mengalir/kerja rutinitas tetapi kerja berdasarkan visi. Itulah sebabnya rumusan visi yang menginspirasi itu sangat penting untuk dilakukan. Visi demikian membutuhkan gaya filosofis, kreatif dan inovatif. Semua berpadu dalam membuat rumusan visi. Setalah itu misi. Namun saya fokus dulu pada visi.


John C. Maxwell (2009) menguinpirasi kita dengan pernyataan inspiratif yang nampak dalam judul bukunya "Berani Bermimpi dan Mewujudkannya". Pada Bab I, Maxwell merumuskan sebuah pernyataan inspiratif yaitu: Berkomitmen pada impian sejati Anda. Carilah apa yang Anda inginkan dan kejarlah itu, seolah-olah hidup Anda bergantung padanya.Ini bagian dari Bab I dari IX Bab yang disampaikan dalam judul buku John C. Maxwel. Anda bisa dapatkan di toko buku, misalnya fi TB Immanuel. Mungkin dalam artikel mendatang saya fokus pada 9 Bab buku maxwel. Tentu dalam bentuk resensi. Sekarang kita jadikan satu bab pertama dari buku maxwel untuk membahas efektivitas visi terhadap dinamika kerja. Untuk pokok ini saya bagi menjadi beberapa bagian kerja.
1. Kerja Pemimimpin dalam Kepemimpinan Lembaga Pendidikan
2. Kerja staf/karyawan
3. Kerja dosen
4. Kerja guru
5. Kerja kepala sekolah SD
6. Kerja kepala sekolah SMA
7. Kerja kepala sekolah SMK
8. Kerja pemimpin Sekolah Tinggi
9. Kerja pemimpin Institut
10. Kerja pemimpin univeristas
Semua bernuansa Pendidikan. Mengapa demikian karena penulisnya juga berasal dari dunia pendidikan. Oleh karena itu kita bahas dinamika kerja dalam dunia Pendidikan. Ada satuan Pendidikan Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas/Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan Perguruan Tinggi yang tersebar di seluruh Indonesia. Bila kita kelompokkan dari segi pulau maka:

1. Pulau Sumatera dan beberapa kepulauannya
2. Pulau Jawa dan Madura
3. Pulau Sulawesi
4. Pulau Kalimantan
5. Pulau-pulau Maluku (Ambon)
6. Pulau Papua
7. Pulau Bali (Wisata Dunia)
8. Pulau-pulau di wilayah Nusa Tenggara Barat
9. Pulau Tomor dan beberapa pulau dalam wilayan NTT

Setiap pulau-pulau yang disebutkan di atas pasti memiliki satuan pendidikan. Setiap satuan pendidikan membutuhkan pemimpin, staf/karyawan dan diatas kerja di arahkan pada visi. Itulah sebabnya rumusan visi itu sangat berpengaruh bagi pemimpin, bawahan dan seluruh civitas dalam kerja di lingkup satuan pendidikan.

Jadi rumusan Visi itu sangat penting. Rumusan visi menjadi sesuatu yang sangat penting karena rumusan tersebut akan memdorong atau menginspirasi setiap pribadi dalam sebuah lembaga, atau sebagai dinamika penggerak warga lembaga. Jika ada visi maka visi tersebut akan menggerakan setiap orang yang bekerja dalam lembaga tersebut.

Dalam artikel ini saya ambil contoh visi beberapa universitas dan guru-guru besar di berbagai universitas di Indonesia.

Visi Dewan Guru Besar UI:

"Mewujudkan Universitas Indonesia yang unggul dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi dan kebudayaan sebagai solusi masalah nasional dan global".


Dalam visi ini nampak apa cita-cita dari Dewan Guru Besar UI, yaitu mereka berkarya mewujudkan universitas Indonesia yang unggul dalam bidang :
Ilmu Pengetahuan,
Teknologi
Kebudayaan
Sebagai solusi masalah nasional dan global

Visi Alumni UI: "Membangun kemitraan Strategis melalui pengembangan Karir Alumni dan peningkatan Dana Abadi UI".


Harap dicek kebenaran informasi dalam blog ini dengan situs resmi UI. Maksud saya yaitu saya hanya mengambil dari situs jadi pembaca blog sebaiknya jadikan info ini sebagai info pengantar ke info sebenarnya yang tentu di peroleh dari bertanya langsung atau melalui website UI. Saya hanya karena senang dengan rumusan visi ini maka saya cantumkan sebagai contoh visi yang menginspirasi.

Univeristas Negeri Yogyakarta:

"Menjadi universitas kependidikan unggul, kreatif, dan inovatif berlandaskan ketaqwaan, kemandirian dan kecendekiaan pada tahun 2025"


Visi ini visi yang terukur, yaitu akan terpenuhi pada tahun 2025. Bila kita merumuskan Visi yang didalamnya dicantumkan waktu pencapaian maka visi itu akan mendorong pemimpin dalam melaksanakan kepemimpinan sesuai dengan target dalam visi, kemudian visi ini mendorong atau memberi semangat kerja kepada para dosen dan staf serta karyawan. Disini kita belajar rumusan visi dari UI, UNY dan UNPAD.

Selain visi di atas, secara pribadi saya sangat menyukai rumusan visi UNPAD:

”Menjadi Universitas Unggul dalam Penyelenggaraan Pendidikan Kelas Dunia Tahun 2026”. Visi UNPAD



Rumusan-rumusan visi tersebut di atas memiliki daya pengaruh bagi komunitas yang bersangkutan, bahkan bagi masyarakat pengguna. Visi itu menjadi daya tarik untuk mempengaruhi para orangtua mengizinkan atau mengirimkan anak-anaknya studi di kampus tersebut.

Semoga bermanfaat
Catatan: Bila visi beberapa universitas yang dicantumkan di atas menyalahi aturan maka saya akan menghapusnya. Saya hanya menyalin dari situs universitas yang bersangkutan. alamat situs saya cantumkan.
Share This
Previous Post
Next Post

Pellentesque vitae lectus in mauris sollicitudin ornare sit amet eget ligula. Donec pharetra, arcu eu consectetur semper, est nulla sodales risus, vel efficitur orci justo quis tellus. Phasellus sit amet est pharetra

0 comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.