Thursday, July 26, 2018

Efektivitas Proses Pembelajaran dalam Paradigma K2013

ad300
Advertisement
Pembelajaran berintikan kegiatan mengajar dan belajar. Kegiatan mengajar dilakukan guru dan belajar dilakukan oleh peserta didik. Namun dalam paradigma kurikulum 2013 belajar juga dilakukan oleh guru. Guru tidak hanya mengajar tetapi juga belajar. Belajar bersama-sama peserta didik dalam proses pembelajaran. Hal ini sesuai paradigma K 2013 yang berorientasi pada peserta didik.

Saya pernah membuat cerita tentang paradigma kurikulum 2013 dan kurikulum berbasis KKNI dengan perumpamaan penumpang dan pilot. Pesawat Pendidikan Indonesia akan terbang. Kini yang membawa pesawat adalah penumpang. Pilot duduk bersama-sama penumpang. Pesawat kemudian diterbangkan. Ternyata asik juga pilot dan penumpang duduk bersama-sama. bila penumpang salah membawa pilot maka kesalahan itu menjadi pengalaman berharga. Penumpang mengalami pengalaman yang menyenangkan karena ternyata penumpang punya kompetensi. Penumpang bukan hanya orang yang dilayani tetapi mereka juga bisa melayani, memberi masukan pada pilot tentang membawa pesawat pendidikan ke landasan yang dituju. Nama landasanya yaitu kompetensi dan karakter.

Cerita di atas ada kelemahannya namun pesan yang disampaikan adalah pembelajaran yang berpusat kepada peserta didik memiliki kelebihan yaitu terbentuknya kompetensi dan karakter yang diharapkan dalam kurikulum 2013 dan kurikulum berbasis KKNI.

Tadi dalam sebuah proses pembelajaran saya mencoba menerapkan pembelajaran berbasis peserta didik dengan pilihan-pilihan metode yang merupakan inovasi dari peserta didik ternyata mereka mengeksplor kemampuan mereka secara memuasakan. Pembelajaran berlangsung sangat menyenangkan. Rasanya waktu sangat kurang untuk meyelesaikan proses pembelajaran. Peserta didik sanagat antusias

Share This
Previous Post
Next Post

Pellentesque vitae lectus in mauris sollicitudin ornare sit amet eget ligula. Donec pharetra, arcu eu consectetur semper, est nulla sodales risus, vel efficitur orci justo quis tellus. Phasellus sit amet est pharetra

0 comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.