Saturday, July 7, 2018

Efektivitas Main Sililang

ad300
Advertisement
Dikampung saya permainan anak ada yang disebut "Sililang". Sililang adalah permainan ayunan dengan menggunakan tali yang melingkar di pohon atau memotong tali kuat namanya tali kelereng. Tumbunya di hutan,talinya amat kuat. Tali tersebut diikat di pohon yang letaknya di jurang. Ini memang mengerikan. Karena kalau talinya putus maka terjadi "iring dikau" (jatuh yang menyebabkan kehilangan nyawa/mati. Ini permainan ekstrim dikampung saya, yaitu Mazmur. Bila ini mengerikan dan tidak banyak yang berani melakukan Sililang/permainan ayunan dengan tali yang diikat di pohon kemudian bisa dilakukan sendiri,yaitu mundur kebelakang sampai batas dimana dapat dipastikan untuk terjun (lakukan ayunan), atau didorong teman dari belakang. Permainan itusudah dimodernkan seperti nampak dalam gambar berikut ini.



PErmainan di kampung-kampung di wilayah Indonesia pasti mempunyai nama sesuai bahasa daerah. Kalau didaerah saya namanya "sililang". Biasanya setelah sekolah kami saling mengajak teman untuk main sililang. Siliang cocok dimainkan pada siang hari. Ini disebabkan karena untuk sililang yang menantang adalah sililang yang berada di pohon yang letaknya di tepi jurang/tingkat kemirangan tanah yang juga dianggap ekstrim.
Namun kami juga hati-hatikarena bisa dikerjain orang. Kami harus periksa tali yang digunakan untuk sililang. Bila sudah aman maka mulai bermain secara bergantian. Permainan ini uji nyali. Mengapa uji nyali karena letaknya di jurang, pohon yang tinggi. diatas pohon yang tinggi itu diletakkan tali/maksudnya ikat sekuat-kuatnya. Selain itu, setelah seseorang naik tali sililang yang pada ujungnya diikat sepotong kayu untuk dijadikan sebagai tempat duduk. Biasannya kayu bulat dan kuat. Setelah berada di atas teman-teman akan menarik ke daerah yang tinggi kemudian setelah dihitung 1-3 lalu dilepas. permainan ini akan berlangsung beberapa menit. Bila seseorang merasa pusing maka tidak akan melanjutkan. Kesempatan diberikan kepada teman-teman yang lebih siap. Itulah permainan "Sililang"



Permainan di atas bila dihubungkan dengan masa kini maka permaianan seperti yang kita kenal di tempat-tempat bermain yang disediakan pemerintah. Ada ayunan dengan rantai maupun tali sehingga yang ingin bermain dapat duduk ditempat kemudian dapat menggerakkan kaki untuk mendorong ayunan tersebut. Ayunan tersebut selanjutnya akan mengayunkan ke depan dan ke belakang. Tentu permainan demikian disukai anak-anak, bahkan orang dewasa juga. Dalam konteks sekolah, biasanya di TK dan juga di playgroup. Di tempat tempat ini disediakan permainan ayunan yang disediakan di seitar lokasi sekolah. Permainan ini tentu harus diawasi, bila tidak maka akan membahayakan anak. Namun anak-anak pada umumnya sudah bisa menggunakan permainan ini secara baik. Fasilitas ini juga menjadi daya tarik anak-anak. Anak-anak pasti merasa senang mengikuti sekolah dalam bentuk playgroup dan TK.

Bagi mereka yang memiliki naluri entrepreneur dapat memulai sebuah usaha dalam bidang alat-alat permainan, seperti menyediakan alat permainan ayunan. Alat-alat dapat dirancang dari tali dan penahan ayunan yang kuat. Tentu yang kuat adalah besi. Tukang las dapat membuatnya secara baik kemudian kita dapat mempromosikan kepada pengelola taman kanak-kanak maupun playgroup. Tentu usaha ini menguntungkan

Salam sililang untuk SD Negeri Kolomana.
Share This
Previous Post
Next Post

Pellentesque vitae lectus in mauris sollicitudin ornare sit amet eget ligula. Donec pharetra, arcu eu consectetur semper, est nulla sodales risus, vel efficitur orci justo quis tellus. Phasellus sit amet est pharetra

0 comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.