Monday, July 23, 2018

Pengertian Efektivitas Organisasi

ad300
Advertisement
Weblog efektivitas kembali memposting artikel tentang pengertian Efektivitas Organisasi.
1.Definisi Kamus (definisi statis)

Pengertian kata berdasarkan kamus, biasanya bersifat statis, tidak berubah maknanya dari waktu ke waktu, kecuali ada perubahan. Hal yang sama berlaku untuk kata efektivitas. Bila kita mencari kata efektivitas berdasarkan definisi kamus maka kita akan menemukan arti kata efektivitas. Namun arti kata efektivitas dan organisasi itu tidak berubah, artinya tetap sama dari waktu ke waktu, dari tempat yang satu ke tampat lainnya. Maksudnya dimanapun orang membuka kamus dan mencari arti kata efektivitas dan organisasi maka akan menemukan pengertian yang sama seperti yang dikemukakan orang lain yang pernah berusaha mengartikan kata efektivitas menurut definisi kamus, seperti Kamus Besar Bahasa Indonesia. Dalam Kamus Besar Bahasa indonesia online, kata efektivitas tidak diberi arti, namun ada rujukan untuk kata keefektifan. Kata ini berasal dari kata efektif (efek) yang diberi arti ada efeknya (akibatnya, pengaruhnya, kesannya), manjur atau mujarab, dapat membawa hasil, berhasil guna.

2. Pengertian organisasi

Sedangkan organisasi adalah suatu kelompok orang yang bekerja sama untuk tujuan bersama. Oragisasi juga diartikan tempat atau wadah orang berkumpul dan bekerja sama secara rasional dan sistematis, terencana, terpimpin dan terkendali dalam memanfaatka sumber daya, baik uang, metode, material dan lingkungan serta sarana prasarana data lain sebagainya yang digunakan orang untuk secara efektif, efisien, dan produktivitas

Efektivitas organisasi bicara tentang bagaimana organisasi mencapai kesuksesan. Ketika organisasi mencapai kesuksesan maka terpenuhilah efektivitas. Dalam mencapai efektivitas organisasi tentu tidak berlangsung dalam satu arah namun banyak arah. Ada pemimpin dan bawahan, selmuanya bermitra untuk keberhasilan sebuah organisasi. Keberhasilan mencapai tujuan adalah harapan pemimpin dan bawahan yang berada dalam sebuah organisasi.

Berdasarkan pemaparan di atas, jelaslah bahwa organisasi dilaksanakan berdasarkan sebuah tujuan. Ketika tujuan itu dicapai secara baik maka organisasi telah mencapai apa yang disebut dengan efektivitas. Demikian pengembangan pengertian efektivitas organisasi. Adanya organisasi karena adanya kerjasama. Kerja sama itu bermuara pada pencapaian tujuan.

Salam efektivitas


Share This
Previous Post
Next Post

Pellentesque vitae lectus in mauris sollicitudin ornare sit amet eget ligula. Donec pharetra, arcu eu consectetur semper, est nulla sodales risus, vel efficitur orci justo quis tellus. Phasellus sit amet est pharetra

0 comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.