Wednesday, July 11, 2018

Pembelajaran yang Efektif Berbasis Peserta Didik

ad300
Advertisement
Pembelajaran yang Efektif Berbasis Peserta Didik dapat dilangsungan di dalam ruangan maupun di tempat terbuka.Artinya tempat dapat di tentukan atau dipilih di gedung maupun di luar gedung. Yang perlu diperhatikan yakni tidak membahayakan peserta didik dan guru. Pembelajaran efektif berbasis peserta didik seperti gambar berikut ini:

Apa yang dimaksud dengan Pembelajaran efektif. Pembelajaran efektif adalah pembelajaran (mengajar-belajar) yang memfasilitasi kemampuan belajar sendiri kepada peserta didik untuk belajar
Pembelajaran kooperatif Numbered Head Together (NHT). Model pembelajaran ini memberi ruang/kesempatan kepada peserta didik untuk belajar dan bekerja sama dalam kelompok-kelompok kecil yang beranggotakan 4-5 orang peserta didik. Kelompok ini belajar dan bekerja sama untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditentukan (bandingkan, Komalasari, 2010: 62)
Pembelajaran kooperatif sering juga disebut penomoran berpikir bersama diartikan sebagai jenis pembelajaran kooperatif yang dirancang (distrategoskan) untuk mempengaruhi pola interaksi edukatif peserta didik sebagai sebuah alternative terhadap struktur yang kita kenal dengan sebutan “kelas tradisional.” Lihat Trianto, 2010:82
Untuk mengenal pembelajaran kooperatif oleh guru dalam satuan sekolah seperti SD, SMP dan SMA/SMK dapat diperhatikan dalam sejumlah indicator pembelajaran koopreatif sebagaimana yang dikemukan Ibrahim (2006:6). Indikator yang dimaksud yaitu:

(1) Peserta didik yang terlibat dalam proses pembelajaran harus menyadari bahwa model pembelajaran kooperatif menolong mereka dalam prinsip sehidup sepenanggungan bersama dalam kelompok.
(2) Peserta didik yang terlibat dalam proses pembelajaran harus menyadari bahwa model pembelajaran kooperatif menolong mereka dalam mewujudkan sikap bertanggungjawab atas segala sesuatu di dalam kelompoknya.
(3) Peserta didik yang terlibat dalam proses pembelajaran harus menyadari bahwa model pembelajaran kooperatif menolong mereka untuk melihat bahwa semua peserta didik yang ada di kelompok memiliki tujuan yang sama.
(4) Peserta didik yang terlibat dalam proses pembelajaran harus menyadari bahwa model pembelajaran kooperatif menolong mereka membagi tugas dan tanggungjawab yang sama di antara anggota kelompok
(5) Peserta didik yang terlibat dalam proses pembelajaran harus menyadari bahwa model pembelajaran kooperatif menolong mereka untuk siap dievaluasi atau diberi hadiah penghargaan yang terbuka untuk semua anggota kelompok
(6) Peserta didik yang terlibat dalam proses pembelajaran harus menyadari bahwa model pembelajaran kooperatif menolong mereka dalam berbagai kepemimpinan dan kebutuhan ketrampilan belajar bersama selama proses pembelajaran
(7) Peserta didik yang terlibat dalam proses pembelajaran harus menyadari bahwa model pembelajaran kooperatif menolong mereka
(8) Peserta didik yang terlibat dalam proses pembelajaran harus menyadari bahwa model pembelajaran kooperatif menolong mereka untuk siap bertanggungjawab secara pribadi atas materi yang telah didiskusikan dalam kelompok

Pembelajaran yang efektif bukanlah sebuah teori tanpa perwujudan. Pembelajaran yang efektif adalah pembelajaran yang diusahakan. Maksudnya pendidik mesti melakukan proses belajar-mengajar yang berfokus pada pelaksanaan pada:
(1) Proses pembelajaran yang efektif
Melakukan proses belajar-mengajar yang membuat peserta didik memperoleh kualitas pemahaman, kecerdasan, ketekunan, kesempatan dan mutu pembelajaran. Proses pembelajaran yang menyebabkan terjadinya pembentukan karakter unggul sebagai bangsa. Dengan kata lain mengusahakan pembelajaran yang mengubahkan. (2) Hasil yang dicapai peserta didik.

Pembelajaran yang efektif bukanlah sebuah teori tanpa perwujudan. Pembelajaran yang efektif adalah pembelajaran yang diusahakan. Maksudnya pendidik mesti melakukan proses belajar-mengajar yang berfokus pada pelaksanaan pada:

(3) Proses pembelajaran yang efektif
Melakukan proses belajar-mengajar yang membuat peserta didik memperoleh kualitas pemahaman, kecerdasan, ketekunan, kesempatan dan mutu pembelajaran. Proses pembelajaran yang menyebabkan terjadinya pembentukan karakter unggul sebagai bangsa. Dengan kata lain mengusahakan pembelajaran yang mengubahkan.
(4) Hasil yang dicapai peserta didik.

Berbagi Informasi tentang Kuliah

Hari ini saya mendapat info via email tentang kuliah di salah satu universitas di Indonesia yaitu:UAI. Silakan kunjungi melalui link: UAI

Saya sekadar memberi informasi. Bagi yang ingin medaftar ke UAI, silakan langsung di website resmi Universitas Al Azhar Indonesia. Metode kuliah yang ditawarkan yaitu "metode Blended Learning." Sebuah kuliah yang mengkombinasikan tatap muka (kuliah di kelas) dan online. Tentu ini mengasyikkan Berlanjut
Share This
Previous Post
Next Post

Pellentesque vitae lectus in mauris sollicitudin ornare sit amet eget ligula. Donec pharetra, arcu eu consectetur semper, est nulla sodales risus, vel efficitur orci justo quis tellus. Phasellus sit amet est pharetra

0 comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.