Monday, July 9, 2018

Efektivitas Mengajar dalam Paradigma K2013

ad300
Advertisement
Singkat K2013 menujuk pada Kurikulum 2013. Efektivitas mengajar dalam Paradigma kurikulum 2013 Edisi Revisi yang dimaksud disini yaitu kemampuan guru menempatkan kompetensi profesionalnya dalam hal mengajar yang berbasis peserta didik. Dalam pembelajaran berbasis peserta didik yang ada dalam implementasi kurikulum 2013 Edisi Revisi mengharuskan guru meninggalkan pola lama yang sntralistik pada guru dengan pilihan metode mengajar yang melekat dalam diri guru yaitu bicara dari awal sampai selesai pelajaran (metode ceramah melulu). Dalam K13, metode itu mungkin jarang dipakai ataupun dipakai harus difariasikan. Hal ini berarti bahwa: efektivitas mengajar dalam paradigma kurikulum 2013 yang berorientasi pada kompetensi dan karakter menghendaki guru berperan sesuai paradigma. Guru sebagai fasilitatot dan modeling yaitu memberi contoh kehidupan yang sesuai dengan pengajjaran (integritas).
Untuk itu, perlulah mengusahakan efektivitas mengajar dalam konteks "Pembelajaran Berbasis Peserta Didik". Efektivitasnya terletak pada beberapa hal berikut:

1. Efektivitas mengajar guru dalam kurikulum 2013 mewajibkan meninggalkan pola lama. Disini Paradigma kurikulum K13 mengubah peran berpusat ke guru menjadi berpusat ke peserta didik.
2. Guru bersedia dari pemeran utama ke aktor (penulis skanario) berlangsungnya pembelajaran
3. Kreatif menggunakan metode pembelajaran
4. Guru berusaha menjadi Inovatif dalam metode pembelahjaran
5. Guru bersedia menjadi Pembelajar

uraian di atas mempertegas paradigma yang diusung dalam kurikulum 2013. Dalam kurikulum 2013 edisi refisi 2016/2017 dan implementasinya diharapkan mengembangkan kemampuan anak dalam kecakapan hidup yang mampu bersaing dengan kualitas pendidikan yang sedang berlangsung di berbagai negara. Artinya semua negara berjuang untuk memajukan pendidikan dengan cara memperbaharui kurikulum dan pelaksanaan kurikulum yang relevan dengan tuntutan zaman.

Banyak manfaat yang diperoleh peserta didik dalam satuan pendidikan SD, SMP dan SMA dalam mengikuti proses pembelajaran dengan penggunaan k2013.

Salam sukses
Share This
Previous Post
Next Post

Pellentesque vitae lectus in mauris sollicitudin ornare sit amet eget ligula. Donec pharetra, arcu eu consectetur semper, est nulla sodales risus, vel efficitur orci justo quis tellus. Phasellus sit amet est pharetra

0 comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.