Wednesday, July 25, 2018

10 Karakter Guru yang Efektif

ad300
Advertisement

Guru EFektif adalah guru yang berhasil mengelola pembelajaran secara unggul. Keunggulan ini ditopang oleh karakter-karakter unggul yang harus dimiliki guru agar menjadi guru yang efektif. Jadi siapa guru yang sangat efektif itu?. Menurut Elaine K. McEvan (2014)ada 10 karakter, yaitu:

1. Guru yang bergairah dan terdorong visi. karakter ini akan medorong guru/dosen dalam melakukan kegiatan mengajar. Gairah itu selalu erat dengan nilai yang dianutnya atau yang mempengaruhinya. Itulah sebabnya Guru yang sangat efektif adalah guru yang bergairah dan terdorong misi
2. Guru yang Postif dan Riil
3. Seorang guru Pemimpin
Seorang Guru Pemimpin murid, mengarahkan orangtua dan memimpin rekan kerja, dan pribadi yang berpengaruh
4. Guru yang kesertaan
5. Gaya Mengajar.


Menurut McEwan (2014:67), Guru yang efektif memeragakan gaya yang unik, menampilkan drama, antusiasme, kegairahan, humor, kharisma, kreativitas dan kebaruan bagi pengajarannya. Maksudnya guru efektif selalu dengan inovasi-inovasi dalam proses pembelajaran.Guru model ini bukan peniru tetapi penemu.Gaya adalah karakter guru yang sangat efektif.
Hal ini memberi inspirasi kepada para guru dan dosen untuk menemukan Gaya yang khas dalam mengajar (Gaya sendiri), humor dalam mengajar, berkreartivitas dalam mengajar, guru yang inovatif.
6. Keahlian Memotivasi
Guru yang ahli dalam memotivasi adalah guru yang sangat efektif menolong peserta didik dalam belajar. Belajar hanya terjadi bila motivasi dari dalam dan luar peserta didik diberdayakan secara baik.
7. Guru yang memiliki kemampuan dalam efektivitas instruksional
8. Pemelajaran buku
9. Kecerdasan lapangan
10. Kehidupan mental

Share This
Previous Post
Next Post

Pellentesque vitae lectus in mauris sollicitudin ornare sit amet eget ligula. Donec pharetra, arcu eu consectetur semper, est nulla sodales risus, vel efficitur orci justo quis tellus. Phasellus sit amet est pharetra

0 comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.