Friday, January 4, 2019

Efektif Kegiatan Belajar Mengajar Tahun Ajaran Baru

ad300
Advertisement
Kegiatan belajar mengajar atau disingkat KBM pada tahun 2019 dimulai pada 7 Januari 2019. Pada tanggal ini sekolah yang terdiri dari Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Tingkat Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan perguruan tinggi berbentuk universitas, institut, sekolah tinggi, Akademi sudah memulai kegiatan yaitu masuk sekolah. Tentu pada tanggal 7 Januari 2019 kegiatan belajar mengajar dan perkuliahan belum dilaksanakan secara maksimal karena tanggal 7 Januari 2019 adalah tanggal berakhir libur natal dan tahun baru.


Sebelum tanggal 7 Januari 2019, tentu para orangtua sudah mulai belanja kebutuhan sekolah untuk anak-anaknya yang akan masuk sekolah pada tanggal 7 Januari. Para orangtua siswa tentu membeli buku dan alat-alat tulis untuk anaknya, termasuk membeli tas, sepatu, ikat pinggang dan tempat makan dan minum yang dapat dibawa ke sekolah. Dengan demikian, sebelum masuk sekolah, para orangtua sibuk mempersiapkan alat-alat yang diperlukan untuk anak. Ada yang membawa anaknya untuk mencukur rambut di tukang cukur atau salon pemangkas rambut di tempat-tempat khusus seperti di Pusat Grosir Cililitas, di sana saya melihat ada beberapa salon yang bagus untuk segala usia. Namun harganya juga menjadi pertimbangan. Ada yang membawa anak mencukur rambut di tempat cukur rambut yang terdekat dengan rumah. Ada pula yang mungkin membawa anak ke tempat cukur rambur seperti di salon-salon di Mall-mall yang ada di Jakarta (wilayah DKI) atau juga di daerah lain yang ada banyak tempat untuk memungkinkan anak bermain setelah menggunting rambung. Tempat mainan sering menyediakan game, mobil-mobilan dan lain-lain. Para orangtua hanya membayar sejumlah uang kemudian anak dapat bermain game atau permainan yang ada disekitar tempat salon rambut.


Ada pula anak yang meminta orangtua membeli tas sekolah. Tas sekolah yang dipilih biasanya yang lagi trend. Ada yang membelinya di toko penjual tas, ada pula yang memesan di tas sekolah di toko online seperti tokopedia. Para orangtua yang memesan tas melalui penjualan online tentu tidak harus mengeluarkan biaya untuk pergi bersama anak ke tempat penjualan tas di toko-toko yang menjual tas anak sekolah. Pemesanan secara online memudahkan orangtua untuk menerima di rumah. Karena setelah memesan dan membayar harga tas melalui transfer yang dilakukan melalui e-banking maka tas pun di antar ke rumah.

Ada juga anak yang meminta orangtua memesan sepatu kesukaannya untuk dipakai ke sekolah. Sepatu itu dijual secara online dan oleh karena itu harus dibeli juga dengan transfer uang melalui ATM seperti ATM Bank BRI, ATM BCA, ATM BNI, ATM Mandiri dll. Adapula yang melakukan pembayaran melalui kartu kredit. Kartu kredit yang ditawarkan seperti: Kartu Kredit Bank BRI, kartu kredit BCA, kartu kredit BNI, kartu kredit Mandiri, kartu kredit CitiBank,dll.Namun harus hati-hati berbelanja dengan kartu kredit karena bila tidak berhati-hati maka akan memiliki utang yang banyak dan bunga juga lumayan. Ini berdasarkan pengalaman saya dalam menggunakan kartu kredit.



Dari pihak kantor, mulai berbelanja alat-alat keperluan kantor seperti mempersiapkan alat-alat tulis,dan keperluan-keperluan lain yang berhubungan dengan proses belajar mengajar di tahun ajaran 2019/2020. Ada yang berbelanja LCD untuk keperluan presentasi dalamp roses belajar mengajar. Membeli laptop,kabel-kabel konektor yang diperlukan untuk menunjang kegiatan pembelajaran. Semuanya ini diupayakan dengan tujuan efektivitas proses pembelajaran. Yang saya maksudkan dengan efektivitas proses pembelajaran adalah tercapainya tujuan pembelajaran dalam diri peserta didik pada setiap KBM.

Para guru pun ada yang membeli mobil baru untuk digunakan sebagai alat kenderaan pribadi untuk keperluang ke kantor dan melaksanakan tugas seperti melakukan kegiatan belajar mengajar. Apalagi sekarang musim penghujan. Alangkah nyamannya kalau menggunakan mobil untuk pergi dan pulang dari kantor. Namun bagi mereka yang menggunakan sepeda motor ke kantor, ada jaket anti hujan atau anti air. Ada jaket anti hujan yang dapat dibeli secara online maupun pergi ke tempat-tempat penjual jaket dan membeli jaket anti hujan untuk digunakan ke kantor dan pulang dari kantor.
Selamat memasuki proses KBM dalam pergumulan efektivitas pembelajaran

Salam
Semoga bermanfaat.
Share This
Previous Post
Next Post

Pellentesque vitae lectus in mauris sollicitudin ornare sit amet eget ligula. Donec pharetra, arcu eu consectetur semper, est nulla sodales risus, vel efficitur orci justo quis tellus. Phasellus sit amet est pharetra

0 comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.