Friday, January 4, 2019

Paket Internet bagi Efektivitas Proses Pembelajaran

ad300
Advertisement
Zaman kini zaman teknologi canggih. kecanggihan itu disebabkan oleh terhubungnya satu komputer dengan komputer lain di seluruh dunia yang biasa disebut internet. Internet memungkinkan komputer atau handphone android yang satu terkonesi dengan komputer/laptop dan handphone Android lainnya. Melihat peluang ini ada banyak perusahan yang bergerak dalam teknologi komunikasi seperti pemanfaatan handphone, khususnya dengan kehadiran handphone layar sentuh yang disebut "Adnroid". Setiap orang dapat menggunakan handphone Android miliknya untuk berinternet dalam hal mencari informasi atau chatting dengan orang lain melalui Whatshapp, dll. Sebenarnya peluang ini dapat digunakan dalam proses pembelajaran.


Sekaran setiap guru dan peserta didik memiliki handphone Android. Dengan hp android, guru maupun peserta didik dapat berselancar di internet. Ada berbagai keperluang dalam menggunakan internet yang terkoneksi dengan handphone melalui jaringan paket internet. Ada banyak kartu prabayar yang menggunakan paket internet. Paket data internet yang biasa ditawarkan antara lain 30 GB. Harganya juga berfariasi bergantung kartu perdana yang dipakai. Di Indonesia kita kenal beberapa kartu prabayar yang dipergunakan untuk telepon maupun internetan. Kartu-kartu yang dimaksud seperti:
1. Kartu Perdana Telekomsel
2. Karty Perdana XL (Kartu XL Paket Data 30 GB)
3. Kartu Perdana AXIX
4. Kartu Perdana IM3 dengan 100 GB
5. Kartu Perdana Simpati
6. Kartu Perdana Tri
7. Kartu Perdana Smartfren

Jika berada di Malaysia maka kita menggunakan kartu perdana Malaysia, demikian juga di korea, kita menggunakan kartu perdana Korea. Demikian juga di Jepang,Amerika dan Negara-negara Eropa


Setiap kartu di atas terintegrasi dengan paket internet. Paket internet inilah yang memungkinkan seseorang dapat melakukan pencarian informasi melalui google.com di handphone Android. Peluang seperti ini sebenarnya dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Pembelajaran yang efektif juga dapat dilakukan melalui paket internet dengan handphone sebagai media mendapatkan informasi berupa pelajaran.

Para guru dan siswa yang memiliki handphone Android dan menggunakan paket internet dapat mengadakan proses pembelajaran melalui handphone. Namun mesti diingat bahwa hanya sebagian saja kegiatan pembelajaran yang dapat dirancang untuk untuk proses pembelajaran sebuah mata pelajaran. Hal ini disebabkan karena pembelajaran yang dilakukakan sekarang adalah pembelajaran tatap muka secara konfensional. Namun dengan kehadiran teknologi seperti penggunaan handphone Android dengan paket internet maka guru dan murid dapat melakukan sebagian kegiatan belajar mengajar melalui handphone yang terkoneksi dengan internet. Misalnya soal-soal pelajaran atau tugas-tugas yang harus dikerjakan oleh peserta didik. Guru dapat menciptakan kuis online melalui blog kemudian para peserta didik dapat mengerjakan tugas tersebut melalui handphone yang sudah terkoneksi internet melalui paket internet maupun Wifi sekolah dan rumah. Mengapa saya menyebut wifi rumah karena kini ada orangtua yang menggunakan WiFi dengan menggunakan Indihome, bold dll.

Berdasarkan pengalaman, saya menggunakan paket internet dengan menggunakan kartu perdana XL. Saya biasanya menggunakan paket internet seharga Rp 60.000,00 dengan 30 GB. Melalui paket internet ini saya juga menggunakannya dalam proses pembelajaran. Caranya yaitu saya menggunakan Hp Android dari Siaomi Redmi Note 5. Kemudian ketika saya hadir dikelas saya koneksi dengan blog yang khusus saya rancang untuk mata kuliah yang saya asuh. Saya kemudian mengajar dengan cara melihat sambil berjalan di kelas dan menjelaskan materi kuliah tersebut yang saya peroleh melalui handphone. Dengan cara ini saya memiliki cadangan media pembelajaran. Artinya bila laptop dan LCD tergaanggu maka saya cukup menggunakan handphone yang sudah diisi dengan paket internet. Sering juga menggunakan WiFi sekolah. Namun lebih banyak saya menggnakan paket internetan dengan kapasitas 30 GB.

Salam
Share This
Previous Post
Next Post

Pellentesque vitae lectus in mauris sollicitudin ornare sit amet eget ligula. Donec pharetra, arcu eu consectetur semper, est nulla sodales risus, vel efficitur orci justo quis tellus. Phasellus sit amet est pharetra

0 comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.