Thursday, January 3, 2019

Tips Efektif Membuat Menu Navigasi Blog

ad300
Advertisement
Pada waktu kita membuat blog, kita mesti menyiapkan apa yang disebut dengan menu navigasi atau sering disebut dengan sitemap. Menu navigasi bagi sebuah blog mempunyai manfaat yang sangat penting bagi pengunjung blog. Menu navigasi tersebut dapat kita buat sendiri dengan memanfaatkan fasilitas di laman blogspot, namun kita juga dapat memanfaatkan dari para desainer template blog atau mereka yang bergerak dalam bidang profesi desain website. Mereka akan mendesain sebuah template blog dengan tombol navigasi atau sitemap yang profesional. Jika demikian, apa yang dimaksud dengan navigasi, khususnya navigasi blog. Ada ragam pengertian, kita bisa mencarinya dalam berbagai sumber. Namun dalam postingan artikel ini, kami dapat mengertikan navigasi blog dalam pengertian berikut.


Kata Navigasi yang kita pakai di Indonesia dan juga di dunia berasal dari bahasa Yunani, yaitu dari kata “Navis” dan “Agake”. Kata Navis berarti perahu kapal, sedangkan Agake berarti mengarahkan. Dengan demikian arti harafiah dari kata Navis Agake yaitu mengarahkan sebuah kapal dalam sebuah pelayaran. Kata navigasi kemudian dipakai juga dalam perjalanan darat. Ini biasanya disebut Navigasi Darat, kata navigasi juga dipakai untuk perjalanan udara yang disebut Navigasi Udara. Dalam melakukan navigasi, dibutuhkan alat sebagai petunjuk arah. Dulu para pelaut menggunakan petunjuk arah yaitu dengan melihat bulan dan bintang. Dalam perkembangan selanjutnya muncul peta dan kompas. Orang yang menggunakan peralatan navigasi disebut navigator.
Berdasarkan penjelasan di atas, navigasi sangat dibutuhkan oleh siapa saja. Orang yang akan mengadakan perjalanan ke sebuat tempat membutuhkan navigasi. Misalnya perjalanan mendaki gunung, seseorang membutuhkan navigasi, perjalanan memasuki sebuah hutan dibutuhkan navigasi, perjalanan menuju sebuah lembah juga membutuhkan navigasi, demikian juga perjalanan melalui sungai, pantai dan lain sebagainya membutuhkan navigasi.
Menurut wikipedia, naviagasi dapat juga disebut pandu arah. Dengan demikian, navigasi diartikan penentuan kedudukan (position) dan arah perjalanan baik di medan sebenarnya atau di peta. Dalam konteks blog, Navigasi blog adalah panduan arah atau petunjuk yang memberi kemudahan kepada pengunjung blog untuk mencari informasi yang diperlukan dalam sebuah blog. Dengan adanya menu navigasi di blog maka memudahkan pengunjung blog mencari informasi yang diperlukan.
Dalam dunia blog, khususnya pada blogspot, Navigasi biasanya disebut Sitemap atau juga daftar isi blog. Kita bisa menggunakan salah satu dari tiga pilihan kata ini. Disini saya memilih Navigasi. Saya memilih navigasi karena dalam konteks Google Adsense, biasanya salah satu syarat untuk diterima yaitu blog harus memiliki tombol atau menu Navigasi yang memudahkan pengunjung untuk mengunjungi artikel-artikel dalam blog kita.


Berdasarkan penjelasan di atas maka navigasi blog adalah panduan arah atau petunjuk yang memberi kemudahan kepada pengunjung blog untuk mencari informasi yang diperlukan dalam sebuah blog. Dengan adanya menu navigasi di blog maka memudahkan pengunjung blog mencari informasi yang diperlukan.
Sekarang anda bandingkan dengan menu navigasi atau sitemap yang ada pada blog efektivitas. Anda akan mengatakan bahwa menu navigasi pada blog ini begitu profesional. Tentu menu navigasi blog ini adalah hasil desain dari template blog pihak ketika. Mereka sudah mendesain menu navigasi ini sedemikian profesional. Saya hanya merubah dan menambahkan sesuai keperluan saya. Untuk merubah, kita harus sedikit mengerti tentang kode html blog, khususnya kode-kode html yang akan kita rubah dan menambhakan dengan menu yang baru. Selain itu kita dapat menambahkan kode sitemap pada menu navigasi. Bila belum ada menu sitemap maka kita dapat membuatnya dengan cara melalui gadget atau masuk di edit HTML dan mencari kode html dari menu navigasi yang akan kita rubah maupun menambah menu baru. Silakan klik sitemap pada blog ini dan perhatikan artikel dalam sitemap tersebut. Akan nampak urutan dalambentuk daftar isi. Sitemap demikian akan membantu pengunjung mencari informasi yang diperlukan dalam blog.
Dalam desain website, para desainer website mendesain tampilan website dengan menu navigasi yang tentu mengandung unsur profesional. Dengan demikian, sebuah website dapat tampil secara profesional dan menyenangkan pengunjung.

Dalam blog ini saya menggunakan tiga sitemap yang unik. Tiga sitemap ini sebenarnya dapat membuat pembaca blog bingung namun karena saya suka akan tampilan dari ketiga bentuk sitemap ini maka saya menggunakannya dalam blog ini. Namun perlu diingat, banyak sitemap atau katakanlah banyak tombol navigasi akan membuat pendaftaran kita di Google Adsense menjadi bermasalah, maka saya siasati dengan beberapa alternatif. Satemap yang satu saya namakan "Tombol Navigasi", silakan lihat di header blog ini, kemudian sitemap yang kedua saya beri nama Artikel Blog, silakan lihat di kategori "Produk Google Pembelajaran", letaknya pada bagian akhir dari tombol navigasi yang diberi nama Produk Google Pembelajaran. Kemudian malam ini saya memasukan satu lagi sitemap yang saya suka dan saya beri judul "Daftar Isi Blog".
Silakan lihat tampilan dari ketiga sitemap berikut ini:

1. Tombol Navigasi ke-1

Tombol navigasi ini unik karena mampu mengklasifikasikan atau mengelompokkan judul-judul artikel postingan. Silakan klik dan lihat sendiri keunikan dari tombol navigasi ini.

2. Tombol Navigasi ke-2


Tombol navigasi ini juga fungsinya sama dengan yang pertama,hanya saja bentuknya berbeda. Kemampuan tombol navigasi ini adalah mampu mengklasifikasi judul artikel dalam sub judul. Sitemap ini cocok untuk membuat blog bahan ajar online.

3. Tombol Sitemap ke-3

Tombol navigasi atau sitemap ini berbeda dengan 1 dan 2. Dalam tombol navigasi yang ketiga yaitu keunikan pada desainnya yaitu ada tiga kolom yang dapat dipakai untuk mencari artikel yang ada dalam blog. Selain itu, keunikan tombol navigasi ini terletak pada tampilan gambar. Bila setiap postingan ada gambar yang disertakan maka akanditampilkan dalam sitemap. Silakan klik sitemap ketiga dan lihat sendiri keunikannya.

Salam
Share This
Previous Post
Next Post

Pellentesque vitae lectus in mauris sollicitudin ornare sit amet eget ligula. Donec pharetra, arcu eu consectetur semper, est nulla sodales risus, vel efficitur orci justo quis tellus. Phasellus sit amet est pharetra

0 comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.