Monday, September 17, 2018

Alat-alat yang Efektif Bagi Guru dan Dosen

ad300
Advertisement
Pendidik yang saya maksud disini yaitu Guru dan Dosen. Guru dan Dosen memerlukan alat-alat yang menopang pelaksanaan tugasnya secara efektif. Alat-alat itu beberapa sudah dibahas dalam postingan dalam blog ini. Oleh karena itu di laman ini khusus membahas tentang beberapa alat saja. Alat-alat itu dianggap belum dibahas sehingga perlu dibahas disini. Alat-alat yang dimaksud, yakni:

1. Transportasi Online atau Ojek online.

Kehadiran ojek online di Indonesia menjadi salah satu trobosan yang sangat baik. Saya tidak tahu guru-guru dan dosen-dosen yang lain. Namun saya sendiri merasa alat transportasi ini efektif menolong saya dalam perjalanan ke kantor dan pulang dari kantor. Saya tinggal pesan, kemudian layanan ojek online segera menjemput saya. Saya menggunakan aplikasi pesanan ojek online yang disediakan oleh Go-Ojek. Harganya juga murah, saya ke kantor dengan jasa ojek online dengan biaya Rp 10.000,00. Kembali ke rumah juga menggunakan jasa ojek online dengan biaya Rp 10.000,00. Dulu sebelum ada layanan ini saya membayar Rp 20.000,00 untuk sekali perjalanan saya ke kantor.


2. Grab Car

Kehadiran layanan ini juga sangat bermanfaat. Kita tinggal pesan dengan menggunakan aplikasi apps yang ada di Hp Android milik kita. Bila lowbet, kita bisa menggunakan aplikasi teman kantor atau kenalan.

3. Helm Motor
setiap guru dan dosen yang menggunakan kenderaan roda dua seperti motor harus menggunakan helm. Helm motor menjadi salah satu alat penopang aktivitas guru dan dosen. Pakai helm motor yang Berstandar Nasional Indonesia (SNI)

4. Sepatu Pendidik

Hal ini nampaknya sepele tetapi sebenarnya sepatu punya kontribusi untuk menopang keberhasilan kerja para guru maupun dosen. Tidak mungkin guru dan dosen pergi ke tempat mengajar dengan berjalan kaki telanjang/tanpa sepatu. Sepatu guru dan dosen juga bermacam-macam merek.Sering pendidik lebih tertarik dengan sepatu kulit.

5. FlashDisk

Bila guru dan dosen tidak mau direpotkan dengan membawa laptop ke kantor maka cukup saja data guru dan dosen atau materi guru dan dosen dapat disimpan di flashdisk dan digunakan pada waktu diperlukan. Kapasitas Flashdish juga bermacam-macam, mulai dari 4 GB sampai yang lebih besar misalnya 20 GB atau lebih.

6. Kaca mata Guru dan Dosen

Guru dan dosen memerlukan kaca mata. Bagi mereka yang sudah berusia tentu memerlukan kaca mata minus dan plus. Namun bila mata masih kuat maka tidak perlu kaca mata. Kaca mata juga tersedia dalam merek-merek terkenal. Misalnya kacamata illustro.

7. Alat Tulis
Guru dan dosen membutuhkan alat tulis seperti spidol,bolpoin dll. Alat-alat ini memudahkan guru dalam mengajar.
8. Jam Tangan

Dulu di kampung saya, setiap orang yang memakai jam tangan disebut guru. Misalnya seorang pria dewasa memakai jam tangan maka dipanggil bapak guru, demikian juga seorang perempuan dewasa yang menggunakan jam tangan dipanggil ibu guru. dalam perkembangan selanjutnya istilah ini betul-betuldikenakan kepada guru yang mengajar di sekolah.
Jam tangan tentu memiliki unsur efektif bagi guru dalam proses pembelajaran

9. Kartu ATM
Kartu ATM dan fungsinya pasti sudah paham. Alat ini berguna bagi guru dan dosen
10. Kartu Kredit
Ini sekadar opsi, tidak diharuskan. Karena bila tidak hati-hati menggunakan kartu Kredit maka kita akan memiliki utang yang pada akhirnya kita tidak mampu bayar. Mungkin Bank dapat menyita rumah dll.

11. PayPal (rekening virtual)
Artikel
Media Ilmiah Bahan Ajar Online Berbasis Free Weblog (Blog)

Menulis dan mempublikasi karya ilmiah dosen dapat dilakukan melalui media apa saja. Dalam perkembangan teknologi, khususnya internet telah melahirkan banyak pilihan media yang dapat digunakan oleh seorang dosen di Perguruan Tinggi untuk mempublikasikan karya yang berhubungan dengan Tridarma Perguruan Tinggi.
Beberapa media yang dapat dipilih yaitu website. Ada website berbayar atau website professional dan website gratis dengan berbagai platform seperti blogspot dan wordpress. Kedua platform inibersifat gratis. Namun dapat ditingkatkan menjadi berbayar.
Para dosen tidak berkurang gengsi ketika menggunakan blog dalam mempublikasikan karyanya, khususnya di bidang pengajaran. Bila dosen menulis dan membublikasi bahan ajar melalui website (berbayar maupun gratis) maka sebenarnya dosen tersebut telah berperan dalam menyediakan sumber belajar.Sumber beajar tersebut dapat berupa sumber belajar yang direncanakan dan yang tidak direncanakan untuk pembelajaran tetapi bernilai pengajaran ketika dikunjungi oleh orang lain yang sedang mencari informasi yang berhubungan dengan bahan yang dicari, kemudian dijadikan sebagai pengalaman belajar atas pokok yang dicari.
Menyadari akan salah satu indicator eksistensi dosen adalah buah pemikirannya yang bersifat ilmiah (perpaduan pengetahuan teoritis dan empiris) yang dipublikasikan, maka pemanfaatan website free seperti blogspot dan wordpress menjadi salah satu pilihan diantara pilihan website berbayar.

Saya telah memulai menulis dan mempublikasikan materi ajar dan beberapa artikel lepas yang bersifat edukatif melalui beberapa blog yang saya kelola. Sejak saya mengenal dan menggunakan blogspot dan wordpress, saya telah menghasilkan 100 lebih blog. Beberapa diantaranya saya fokuskan pada materi ajar. Judul-judul blog yang khusus untuk mengajar saya beri judul: “Bahan Ajar Online” dihubungkan dengan mata kuliah yang saya ajarkan di homebase saya.

Akhirnya mari rekan-rekan dosen, kita tidak perlu malu menggunakan weblog (blogspot dan wordpress) untuk mempublikasikan karya ilmiah, khususnya menjadikan blog sebagai media pembelajaran online. Bila kita sudah membuat blog yang berisi bahan ajar maka blog tersebut dapat dipakai ketika kita mengajar di kelas. Bila rekan-rekan hendak membuat blog pengajaran dan memposting bahan ajar dalam bentuk powerpoint maka pilihan terbaik yakni wordpress. Mengapa di wordpress karena ada fasilitas download. Namun bila rekan-rekan menggunakan blogspot maka carilah website gratis yang menyediakan hosting gratis, materi dalam bentuk powerpoint disimpan dalam hosting tersebut dan kita pasang linknya di blog. Kirangya beberapa blog di atas menginspirasi rekan-rekan dosen dalam menyiapkan blog yang berisi bahan ajar online.

Semoga bermanfaat
Share This
Previous Post
Next Post

Pellentesque vitae lectus in mauris sollicitudin ornare sit amet eget ligula. Donec pharetra, arcu eu consectetur semper, est nulla sodales risus, vel efficitur orci justo quis tellus. Phasellus sit amet est pharetra

0 comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.