Saturday, November 3, 2018

Cara Efektif Untuk Kebutuhan Promosi Blog

ad300
Advertisement
Setelah membuat blog maupun webiste, khususnya blog yang berisi konten yang berisi produk yang dapat memberi peluang penghasilan online perlu dipromosikan atau diiklankah agar mendatangkan pengunjung sebanyak-banyaknya. Namun bagaimana cara Efektif untuk Kebutuhan Periklanan Website dan Blog?
Apa itu periklanan online dan hubungannya dengan website atau blog?
Setelah mendaftar dan diterima di salah satu Adsense yang populer di dunia bahkan di Indonesia, saya menyadari betapa pentingnya mempromosikan blog atau katakanlah website yang telah didaftarkan di sebuah program Adsense milik Google. Tentu Adsense ini tidak asing lagi. Adsense ini menjadi primadona para blogger, khususnya blogger Indonesia termasuk saya. Saya berjuang selama beberapa tahun sebelum diterima menjadi Adsense milik google.
Setelah diterima menjadi bagian dari publisher Adsense Google, saya tentu memerlukan pengunjung blog. Mengapa saya membutuhkan pengunjung blog karena dengan pengunjung itu saya mendapat keuntungan berupa penghasilan online. Penghasilan online ini tentu berdasarkan klik dan CPM dan perhitungan lain yang dikenal dalam sistem Adsense milik Google.
Pemilik blog seperti yang dimaksud di atas membutuhkan pengunjung blog dalam jumlah yang besar, misalnya 1.000 pengunjung sampai angka yang lebih tinggi. Pengunjung demikian dapat kita usahakan secara alamiah melalui blog atau website. Namun kita butuh cara yang lebih berhasil untuk membawa jutaan pengunjung perhari ke blog. Jadi, apa cara efektif mendatangkan pengunjung ke blog atau website yang telah didaftarkan ke Adsense. Berikut beberapa cara yang menurut saya masuk dalam kategori cara efektif, yaitu:

1. Menulis artikel yang orisinil di atas 500 kata

Artikel yang singkat tentu tidak diminati mesin pencari google. Saya katakan begitu karena berdasarkan pengalaman, beberapa blog saya menduduki peringakt 1 dari google dengan kata kunci tertentu karena sewaktu membuat blog baru dan memposting tulisan, saya usahakan 500 kata bahkan lebih untuk setiap artikel yang saya posting. Hasilnya blog saya muncul dalam urutan pertama. Contoh blog saya dengan tema: “Berprestasi Dalam Seo”. Bila mencari kata ini dalam mesin pencari google maka akan menemukan blog ini berada pada urutan pertama. Selain itu, blog yang sudah diterima GA, dengan memposting artikel dengan jumlah kata lebih dari 500 kata maka setelah memposting akan muncul pesan sponsor. Namun bila dibawah dari jumlah kata itu, biasanya pesan sponsor agak lama bahkan tidak muncul dalam artikel yang kita posting. Namun bila artikelnya di atas 500 maka pesan sponsor pasti muncul. Terebih lagi kalau artikel yang diposting 1500 kata atau lebih maka akan ramai pesan sponsor. Tetapi harus diingat bahwa artikel itu originil dan bermanfaat untuk pengunjung blog dan sesuai dengan peluang usaha para sponsor. Misalnya kita menulis tentang topik yang muncul dalam judul artikel di atas, yaitu digital marketing. Para pengusaha membutuhkan promosi yang dalam teknologi internet disebut dengan digital marketing. Mereka mempromosikan produk mereka melalui pesan-pesan yang tentu berfungsi mempromosikan produk untuk diketahui oleh publik, mereka yang tertarik dengan informasi sponsor, pasti akan membeli produk tersebut. Itulah sebabnya beberapa perusahan menggunakan promosi melalui dunia iklan online.
Saya juga tentu membutuhkan promosi blog saya ke pengunjung blog. Salah satu cara yang saya lakukan adalah menulis artikel di atas 500 kata. Kadang saya tulis sampai 2.000 kata. Bagaimana cara mengetahui jumlah kata. Kita mengetahuinya pada waktu mengetik di word. Tampilannya dilihat pada layar laptop atau komputer pada bagian bawah, yaitu disebelah kiri. Ada tulisan page dan word. Jumlah kata itu akan terlihat di layar laptop atau komputer. Hal ini membuat saya untuk mengetik di laptop kemudian kopi paste ke laman blog. Namun ada juga yang saya ketik langsung di laman blog. Ketik langsung di laman blog tentu berbeda dengan mengetik di word kemudian kopi paste ke halaman blog. Sisi originilnya lebih bagus yang ketik langsung di laman blog. Itu menurut penilaian saya. Selanjutnya bila ingin mengetahui jumlah kata dari hasil mengetik langsung di laman blog, caranya kita kopi dan pastekan di sebuah laman baru di word, nanti muncul jumlah kata. Bila masih dibawah 500 kata maka kita tingkatkan lagi menjadi 1500 kata dan seterusnya.

2. Mebuat artikel yang lebih banyak

Blog atau website yang telah kita daftarkan ke GA itu bertujuan untuk memberi penghasilan. Penghasilan itu tentu bekerja sama dengan banyak pihak. Misalnya dari para sponsor yang tertarik dengan postingan artikel kita. Nanti google yang mengaturnya. Artikel mana yang berkenaan dengan kebuthan sponsor maka pesan sponsor itu ditampilkan oleh google di laman blog kita. Jadi tugas kita adalah membuat artikel dan mempostingnya. Pengalaman saya, blog saya ini berisi jumlah artikel hampir mendekati 200 artikel. Saya melihat blog ramai dengan pesan-pesan sponsor yang tentu bermanfaat. Artkel yang lebih banyak dan berkualitas dalam isi tentu menjadi peluang yang lebih besar untuk dilirik sponsor. Misalnya dalam dunia bola kaki, banyak klub yang tertarik dengan Ronaldo karena Ronaldo punya kualitas sebagai pemain top dunia. Ada daya tarik dalam diri Ronaldo untuk membuat banyak orang datang menonton bola saat Ronaldo bermain bola bersama rekan-rekan setim di Juventus. Demikian pula artikel kita dalam blog atau website. Bila artikel kita berkualitas maka akan diminati para sponsor.
Siapakah para sponsor itu? Para sponsor adalah orang-orang atau perusahan yang hendak mempromosikan usahanya melalui dunia internet. Mereka inilah yang membutuhkan pesan melalui iklan promosi. Misalnya, saya ingin agar blog saya dapat dibaca oleh banyak orang di seluruh dunia, disini saya membutuhkan usaha mempromosikan blog saya melalui iklan yang saya buat dan promosikan di situs-situs tertentu yang menyediakan program Advertising.


3. Digital Advertising

Bila kita ingin agar blog dipromosikan dan berhasil mendatangkan pengunjung yang banyak, maka kita harus mempromosikan blog melalui program digital advertising. Saya ambil contoh Google Adword. Kita dapat mempromosikan blog atau situs kita melalui Google Adword. Selain itu melalui Tomato Digital. Kita dapat mempelajari program ini secara mendetail sebelum kita mempromosikan blog milik kita.
Melalui promosi yang kita lakukan maka blog atau website kita mendapat jumlah pengunjung yang relatif lebih banyak. Pengunjung yang banyak itu tentu memberi keuntungan tersendiri. Apalagi kalau pengunjungnya dari berbagai negara di dunia. Kunjungan pembaca dari berbagai negara akan memberi hasil pundi-pundi penghasilan dollar. Setia negara berbeda hasil. Ada yang jumlahnya relatif besar, namun ada pula yang kecil peluang dalam memberi penghasilan dollar. Ya namanya kita berjuang. Kita memulai dengan jumlah yang kecil kemudian berkembang menjadi besar. Kita berjuang dalam format: “berkorban sekecil-kecilnya untuk mendapat keuntungan sebesar-besarnya”. Mulai dengan $ 0,0001 sampai menjadi $ 4 dan seterusnya.

Sering orang termakan dengan promosi, seakan-akan penghasilan online di dunia blog itu membuat seseorang cepat kaya mendadak. Semua perjuangan membutuhkan tingkat pendapatan yang dimulai dari yang sedikit berkembang menjadi banyak bahkan memuaskan hati. “Saya menetapkan semangat saya untuk menjadi blogger yang tidak bermental cepat kaya” . Menjadi kaya itu butuh proses. Ketika berada dalam proses, kita membutuhkan mental tahan bantingan atau tahan terhadap berbagai kegagalan. Dari berbagai kegagalan kita berjuang untuk sukses. Weblog ini juga melalui proses perjuangan yang pernah mengalami kegagalan, namun bangkit lagi untuk berjuang. Akhirnya diterima juga dalam program Adsense.
Artikel ini berhasil mencapai jumlah kata 1.095 kata. Tentu saya membutuhkan kesabaran, jumlah waktu untuk menulis langsung di depan laptop. Ya ini karena sudah terbiasa membuat tulisan. Walaupun ada kekurangan dalam postingan ini tetapi yang jelas artikel ini pasti berguna.

Semoga memberi inspirasi
Share This
Previous Post
Next Post

Pellentesque vitae lectus in mauris sollicitudin ornare sit amet eget ligula. Donec pharetra, arcu eu consectetur semper, est nulla sodales risus, vel efficitur orci justo quis tellus. Phasellus sit amet est pharetra

0 comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.