Saturday, November 17, 2018

Patung Yesus: Antara Toraja dan Timor Leste Serta Brasil

ad300
Advertisement
Hari ini saya menulis judul artikel tentang Patung Yesus dengan sebuah sub judul antara Toraja dan Timor Leste serta Brasil. Sub tema ini saya maksudkan untuk melihat patung Yesus yang didirikan di tiga tempat ini.Patung Yesus di Brasil, dibangun di atas sebuah gunung di Brasil, demikian juga di Toraja dan Timor Leste. Untuk memperkaya tahu kita tentang patung Yesus yang juga masuk dalam daftar keajaiban dunia, maka saya mulai dengan tulisan singkat tentang patung yang dibangun di Brasil, Timor Leste dan Toraja.



1. Patung Cristo Redentor

Patung Cristo Redentor, kata Cristo Redentor bahasa Portugis artinya Kristus Penebus. Jadi patung Cristo Redentor artinya “Patung Kristus Penebus”. Sesuai dengan namanya maka Patung Kristus Penebus dengan tangan patung yang terbuka yang dibangun dan berdiri megah disebuah gunung di Brasil, yaitu “Corcovado”. Gunung ini masuk dalam lokasi taman nasional Brasil hutan Tijuca. Adapun posisi Patung Kristus Penebus dengan mukanya menghadap ke kota Brasil . Bila kita melihat Patung Kristus Penebus, patung itu dirancang dengan posisi kedua tangan yang terbuka. Hal ini dimaksudkan sebagai tanda “tanda kayu salib”. Patung ini menunjukkan simbol umat Kristen dan simbol kota asal berdirinya patung Kristus penebus. Tanda kayu salib itu menunjukkan histori awal bagaimana Yesus mati dengan cara disalibkan di bukit Golgota. Dalam keyakinan Kristen, kematian-Nya di atas salib menjadi tebusan bagi manusia berdosa yang percaya kepada Yesus Kristus, ditebus dan diselamatkan dari hukuman dosa. Tinggi patung Kristus Penebus adalah 710 meter. Ukuran ini tentu membuat patung terlihat secara jelas oleh siapa saja yang datang ke kota Rio de Janeiro, Brasil dan berkunjung ke lokasi patung Cristo Redentor yang ada di Gunung Corcovado, taman nasional Tijuca-Brasil.

2. Patung Yesus di Toraja

Di Toraja patung Yesus dibangun di atas batu gunung, letaknya tentu di atas gunung. Saya pernah bercerita dari seseorang yang saya anggap sebagai orangtua, yaitu Pong Kembong. Beliau banyak bercerita tentang Patung Yesus di Toraja. Saya mendengar secara baik karena beliau orang asli Toraja, sudah pernah kesana(tempat patung Yesus). Jadi, di Indonesia, yaitu di tanah Toraja sudah ada patung Yesus dengan kedua tangan yang ter-ulur memberkati tanah Toraja.

3. Patung Kristus Raja

Di Timor Leste berdiri sebuah patung yang disebut Patung Kristus Raja. Posisinya ada di sebuah gunung di atas kota Dili. Patung ini jelas terlihat ketika memasuki kota Dili dari arah laut, darat dan udara. Histori patung Yesus Raja di Dili, Tomor Leste dapat kita baca di beberapa sumber online yang ada di internet. Berdirinya patung Kristus Raja di Timor Leste juga menjadi simbol umat Kristen, khususnya di Timor Leste.

Perkunjungan ke Tempat Patung Yesus di tiga tempat ini dapat dilakukan melalui transportasi udara. Misalnya ke Brasil tentu melalui rute penerbangan Jakarta - Brasil atau beberapa bandara di Indonesia yang melayani penerbangan langsung atau transit ke Bandara Brasil. Bagi yang tinggal di Jakarta, dapat menempuh penerbangan dari bandar udara Soekarno Hatta ke Brasil. Tiketnya kita dapat sesuaikan dengan kondisi keuangan kita. Ada tiket promo atau tiket murah ke Brasil. Silakan cari di situs penyedia layanan penerbangan ke Brasil.
Sedangkan perjalanan ke Timor Leste dapat dilakukan melalui bandar udara di berbagai wilayah di Indonesia yang memiliki rute penerbangan ke Dili. Misalnya ke Bali dan dari Bali ke Dili, Timor Leste.
Bila ke Toraja, kita dapat menempuh dengan perjalanan laut melalui kapal penumpang ke Ujung pandang, kemudian dari kota ujung pandang dengan mobil ke Toraja. Pilihan tercepat yaitu melalui penerbangan ke Makassar dari bandara Hasanudin, kita melanjutkan ke Toraja.

Tempat Penginapan

Kita dapat memilih hotel-hotel terdekat. Misalnya di Toraja, kita dapat mencari Hotel di sana dengan harga yang terjangkau. Demikian pula ketika kita ke Dili. Kita dapat mencari hotel-hotel yang ada di kota Dili. Kita dapat mencari kamar di Hotel Discovery Inn; Plaza Hotel, Timor Plaza Hotels dan Apartements, dll.

Penerbangan ke Kota Dili

Bagi yang ingin mengadakan perjalanan ke Timor leste, khususnya ke kota Dili maka pilihan pertama yaitu melalui trasnportasi udara. Pesawat yang melayani penerbangan dari Indonesia ke Timor Leste:
1. NAM Air
2. Citilink
3. Srwijaya Air
4. SikAir
5. Air North



Restoran di Dili

Ada macam-macam pilihan menu makanan, misalnya Masakan China, India dll.Bila hendak makan di kota Dili ya silakan cari tempat makan seperti ke:
1. Diya Restorant. Bila ingin makan malam ya ke restoran ini.
2. Panaoroma Restaurant
3. DiZa
4. Agora Food Studio
5. Doce Tantação
dll
Salam Damai Sejahtera
Share This
Previous Post
Next Post

Pellentesque vitae lectus in mauris sollicitudin ornare sit amet eget ligula. Donec pharetra, arcu eu consectetur semper, est nulla sodales risus, vel efficitur orci justo quis tellus. Phasellus sit amet est pharetra

0 comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.