Saturday, November 10, 2018

Tiket Kereta Api

ad300
Advertisement
Efektivitas kali ini memposting tentang Tiket Kereta Api. Semoga Efektif mencari tiket kereta api. Bicara tiket kereta api maka kita bicara beberapa hal seperti kapan membeli tiket kereta api, untuk tujuan apa dll. Biasanya pilihan untuk transportasi perjalanan darat seperti tiket Kereta Api dibutuhkan dibutuhkan saat liburan, berwisata dll. Ada yang membeli tiket kereta api untuk hari raya keagamaan. Misalnya hari hari pada bulan Desember seperti Natal 2018Selain itu tiket kereta api diperlukan untuk ragam tujuan seperti mengunjungi keluarga, berwisata ke daerah tertentu yang kaya akan wisata alamnya seperti keindahan pemandangan gunung, keindahan pantai seperti Bali dll. Singkat tiket kereta api sangat dibutuhkan. Pilihan untuk membeli tiket kereta api juga disebabkan beragam faktor, namun pengalaman saya menunjukkan bahwa pilihan membeli tiket kereta api disebabkan karena perjalanan dengan kereta api tentu menyenangkan. Bila pagi hari dan sore hari, kita dapat memandang keindahan sawah, pesisir laut, bila kereta api melewati daerah pantai, terbitnya matahari di ufuk timur. Terlebih lagi perjalanan ke darah.
Pada waktu saya kembali ke daerah saya di wilayah Indonesia Timur, saya harus membeli tikel kapal penumpang di Surabaya. Kapal penumpang yang melayani rute Surabaya ke beberapa wilayah Indonesia timur yaitu kapal Dobonsolo. Tiket kapal ini saya beli dengan cara harus berangkat ke Surabaya. Kisah ini terjadi tahun 1990, saya berangkat dari Jakarta menuju Surabaya, saya menginap di salah satu keluarga di Wonocolo. Pagi harinya saya ke kantor Pelni untuk membeli tiket dengan siap mengantri beberapa jam. Pada waktu ke Surabaya, saya menggunakan kereta api. Saya menggunakan kereta api ekonomi. Setelah membeli tiket kakal, saya kembali ke Jakarta lagi untuk mengikuti sebuah acara sekolah. Setelah itu kami berangkat rombongan ke daerah yang kami tuju.
Pada Waktu Kuliah di Semarang (2007 – 2012)
Saya mengambil kuliah program magister di salah satu perguruan tinggi di wilayah Simongan. Biasanya kuliah dilaksanakan pada waktu tertentu selama 2 Minggu. Kuliahnya dimulai dari Jam 08.00 – 17.00. Saya sering memilih transportasi kereta api untuk perjalanan mengikuti kuliah di Semarang. Pada waktu kembali juga demikian. Tiket kereta api yang saya biasa gunakan yaitu tiket kereta Eksekutif.

Saya sengaja memilih kereta api karena bisa bebas berjalan di kereta api jika kaki sudah pegal karena waktor lama duduk. Sering bermasalah di kaki saya dan ke saraf otak. Jadi kalau duduk terlalu lama tanpa bergerak seperti jalan maka saya akan mengalami stres yang luar biasa.

Pilihan Stasiun di Wilayah Jakarta Ke Jogja, Semarang, Surabaya dan kota-kota lain di Jawa

1. Stasiun Gambir.

Stasiun Kereta Api di ibu kota negara yaitu Jakarta, tepatnya yaitu di Jakarta Pusat. Sewaktu kuliah pada tahun 1989 dan 1990, saya menggunakan perjalanan ke Surabaya dan Cilacap dengan membeli tiket di Stasiun Gambir kemudian mengadakan perjalanan ke tempat tujuan. Pertama, saya menggunakan Kereta Api Gambir ke Pasar Turi Surabaya. Kemudian kedua, ketika mengadakan PKL, yaitu saya menggunakan kereta api untuk rute Jakarta Cilacap dan Cilacap Jakarta. Tentu perjalanan dengan kereta api menyenangkan. Apa lagi zaman sekarang tentu berbeda pada saat saya menggunakan kereta api tahun 1990. Pada tahun 2014, saya melakukan perjalanan bersama rekan-rekan ke Surabaya. Kami berangkat dari stasiun Gambir ke Surabaya, dan selanjutnya dari Pasar Turi kami sewa taksi untuk ke salah satu hotel dekat bandara udara di Surabaya, yaitu Bandara Juanda. Kami menggunakan kereta kelas ekonomi. Perjalanan yang memberi kesan tersendiri karena pengalaman yang sudah berlangsung lama terulang pada tahun 2014. Namun waktu kembali dari Surabaya ke Jakarta, saya memilih menggunakan pesawat. Saya tempuh ini karena saya ada acara di Jakarta sehingga saya pilih perjalanan yang ditempuh dalam waktu yang relatif singkat. Sementara beberapa teman kembali ke pasar turi untuk melanjutkan perjalanan dengan kereta Api ke Jakarta.

Stasius Jati Negara

Pada waktu saya kuliah di Semarang tahun 2007 - 2012, saya memilih stasiun Jatinegara untuk membeli tiket kereta api ke semarang. Saya memilih Jatinegara karena dekat dengan tempat tinggal saya. Bila saatnya berangkat maka saya ke stasiun dengan motor atau menggunakan taksi. Sekarang saya belum tahu, apakah masih boleh berangkat dari stasiun Jatinegara atau harus ke stasiun Gambir. namun berdasarkan pengalaman beberapa tahun terakhir, saya pernah membeli tiket di Stasiun Jatinegara tetapi berangkatnya dari Gambir menuju ke Surabaya atau Semarang, agak lupa. Namun pesan yang saya hendak sampaikan bahwa perjalanan dengan kereta api pada zaman sekarang tentu mengalami kemajuan yang sangat pesat. Kemajuan itu tentu dari kualitas layanan dari sisi kenyamanan dan lain sebagainya. Saya beberapa kali menggunakan kereta api kelas eksekutif dari semarang ke Jakarta yang ditempuh dalamwaktu yang relatif singkat. Jika saya tidak salah ingat 4 sampai 6 Jam. Di kelas eksekutif, saya menikmati perjalanan yang membahagiakan. Tidurpun enak, apalagi kalau sudah capek duduk dan pegal kaki bisa jalan jalan di dalam kereta api. Saya cukup menyebut dua stasiun di Jakarta, karena yang lain saya belum pernah menggunakannya. Sementara di Jawa, saya hanya menyebutkan stasiun Tawang dan Stasiun Pasar Turi Surabaya. Tempat-tempat ini pernah saya lewati karena menggunakan perjallanan dengan kereta api. Untuk stasiun di Jogja, saya hanya sekali saja yaitu ketika mengikuti acara di Kali urang Yogyakarta. Namun berdasarkan infrmasi, perjalanan dengan kereta ke Yogyakarta peminatnya cukup padat,atau bisa dikatakansangat padat. Ya hal ini saya maklumi karena Jogjakarta punya tempat-tempat wisata terkenal di dunia. Kekayaan tempat wisata di Jogja juga tentu mempengaruhi meningkatnya peminat yang menggunakan jasa perjalanan dengan kereta api. Hal ini berarti kita harus beli tiket dalam waktu beberapa hari sebelum mengadakan perjalanan ke Jogja. Bila setelah atau sebelum mengunjungi tempat wisata di Jogja, kita bisa menikmati ciri khas masakan Jogja. Tentu makanannya enak. Silakan mencoba makanan khas Jogja ketika tiba di Jogja.

Cara Membeli Tiket Kereta Api dari Jakarta ke Jogja, Semarang, Solo dan Surabaya.

Dulu saya kalau mau ke Solo atau Semarang, saya ke stasiun kemudian membeli tiket lalu mengadakan perjalanan ke tempat yang saya tuju seperti ke Solo. Saya pasti turun di stasiun Solobalapan. Kemudian menyewa taxi ke tempat yang saya tuju. Namun sekarang kita dapat membeli tiket secara online. Kita bisa membelinya di toko-toko seperti AlfaMart, Indomart, dan tempat-tempat lain yang menjual tiket kereta api online. Sekarang banyak toko online seperti tokopedia dll. Jadi, tidak terlalu sulit untuk membeli tiket kereta api. Tinggal cari di google kemudian beli tiket. Beberapa tempat wisata yang disebut disini seperti ke Merapi Park, dll. Untuk membeli tiket, kita bisa melakukan melalui situs-situs yang yang melayani jasa layanan online untuk berbagai keperluan tiket dan juga sewa hotel.Kita tinggal klik dan membayar sejumlah uang untuk harga yang ditentukan.