Tuesday, November 20, 2018

Cara Efektivitas Mengurus Paspor

ad300
Advertisement
Perjalanan ke luar negeri, apalagi ke negara-negara terkenal di dunia sangat didambakan oleh setiap orang yang punya rencana untuk mengunjungi negara terkenal tersebut. Untuk mengadakan perjalanan ke negara lain, kita membutuhkan pasport. Untuk mendapatkan pasport maka kita harus mengurusnya. Namun bagaimana mengurus passport secara efektif? Apa kegunaan passport? Sudahkah Anda memiliki passport? Mari kita pahami pengertian passport dan segala aspek yang melekat pada passport.Usaha memahami pasport menolong kita untuk mengurus pasport, khususnya bagi mereka yang belum memiliki pasport.


Pengertian Passport

Menurut Wikipedia, “Paspor adalah dokumen resmi yang dikeluarkan oleh pejabat yang berwenang dari suatu negara yang memuat identitas pemegangnya dan berlaku untuk melakukan perjalanan antar negara.”
Sebuah passport berisi biodata pemegang passport atau paspor. Biodata yang kita masukan dalam paspor antara lain: foto pemegang, tanda tangan, tempat dan tanda tanggal kelahiran, info kebangsaan dan beberapa informasi lainnya yang diperlukan untuk sebuah paspor.

Pengurusan Passport


Perkembangan teknologi internet mempengaruhi layanan seperti layanan passport. Kini ada layanan e-passport atau e-paspor (elektronik paspor). Dalam passport telah diberi sebuah chip yang terintegral dengan passport. Tentu dalam chip tersebut telah tersimpan biodata pemegangnya beserta data biometrik-nya. Adapun data biometrik ini disimpan dengan tujuan agar lebih meyakinkan bahwa pemegang paspor adalah pemiliknya dan oleh karena itu pemilik passport tersebut berhak atas passport tersebut (Wikipedia).

Fungsi Passport atau Paspor

Paspor berfungsi untuk:
Perjalanan Internasional bagi pemegang paspor (pemilik sebenarnya). Perjalanan internasional yang dimaksud disini yaitu perjalanan ke negara-negara yang ada di dunia. Perjalanan ini disebut perjalanan internasional. Ada perjalanan internasional dalam satu daratan seperti perjalanan warga Indonesia ke Timor Leste. Timor Leste secara negara berbeda dengan negara Indonesia. Secara geografis atau pulau, timor Leste menyatu dengan satu pulau yang disebut dengan pulau Timor atau Timor Barat, wilayahnya meliputi Kabupaten Atambua yang berbatasan langsung dengan Timor Leste, kemudian kabupaten lain seperti Timor Tengah Selatan dengan ibu kota SOE, Timor Tengah Utara dengan ibu kota Kefamenanu, dan Kota Kupang sebagai ibu kota Propinsi NTT. Selain perjalanan Internasional di daratan Timor, kita juga mengenal ada perjalalan internasional di daratan Kalimantan, yaitu ketika seorang warga negara Indonesia seperti orang Kalimantan asli atau mereka yang tinggal di Kalimantan ingin mengadakan perjalanan ke Malaysia dan Bruneidarusalam yang menyatu dengan pulau Kalimantan, maka warga Indonesia tersebut harus memiliki passpor. Dengan paspor ini, seorang warga Indonesia atau dari warga negara lain memasuki wilayah yang dikuasai oleh negara lain. Biasanya ada pemeriksaan di perbatasan. Ini terjadi bila kita mengadakan perjalanan darat, tetapi jika melalui Bandar Udara maka pemeriksaan terhadap paspor di Bandara dan juga ketika memasuki bandara di Negara lain.

Perjalanan Internasional dengan daratan yang Berbeda

Perjalanan ini biasanya terjadi pada wilayah negara-negara yang secara kepulauannya terpisah dengan Indonesia. Negara-negara yang pulaunya terpisah dengan kepulauan Indonesia juga dibagi berdasarkan jarak. Ada yang jarak tempunya tidak memerlukan waktu yang lama misalnya 1 Jam dengan penerbangan pesawat. Misalnya penerbangan dari Jakarta ke Singapura, dari Medan ke Singapura, dari Pontianak ke Penang, dll. Sedangkan perjalanan internasional yang jauh seperti:
1. penerbangan dari Jakarta ke Amerika Serikat
2. dari jakarta ke Korea Selatan
3. dari Jakarta ke Jepang
4. dari Jakarta ke Taiwan
5. dari Jakarta ke Ukraina
6. dari Jakarta ke Arab Saudi
7. dari Jakarta ke Mesir
8. dari Jakarta ke Dubai
9. dari Jakarta ke Afrika Selatan
10. dari jakarta ke Spanyol
11. dari Jakarta ke Portugal
12. dari Jakarta ke ke Belanda
13. dari Jakarta ke Prancis
14. dari Jakarta ke Argentina
15. dari Jakarta ke Uruguai
16. dari Jakarta ke Brasil
17. dari Jakarta ke Yunani
18. dari Jakarta ke Argentina
19. dari Jakarta ke Turki
20. dari Jakarta ke Inggris
21. dari Jakarta ke Moskow
22. dari Jakarta ke China
23. dari Jakarta ke Taiwan
24. dari Jakarta ke Australia
25. dari Jakarta ke Swedia
26. dari jakarta ke Bulgaria
27. dari Jakarta ke Canada
28. dari Jakarta ke Swis
29. Penerbangan dengan pesawat dari Jakarta ke Barselona
30. Penerbangan dengan pesawat dari Jakarta ke Manscester dengan pesawat Emirates, Qatar Airways
31. Jakarta ke Kota Milan
32. Jakarta ke kota New York, AMerika Serikat dengan Qatar Airways
33. Jakarta ke Madrid dengan-Spanyol dengan penerbangan Qatar Air Ways

Perjalanan internasional yang disebutkan di atas tentu membutuhkan paspor. Dengan demikian paspor diperlukan ketika memasuki perbatasan suatu negara baik melalui darat maupun melalui udara. Di perbatasan ada pemeriksaan paspor, dan yang dengan menggunakan penerbangan, pemeriksaan paspor dilakukan di bandar udara, yaitu ketika memasuki ruang bandar udara untuk penerbangan ke negara tujuan. Menurut wikipedia, paspor akan diberi cap (stempel) atau disegel dengan visa yang dilakukan oleh petugas negara tempat kedatangan.

Perjalanan Internasional antar Negara dalam Jarak Tempu yang lama dan dengan biaya yang mahal. Misalnya ketika kita mengadakan perjalanan ke Andorra dengan pesawat. Kita harus membeli tiket seharga sesuai bandar udara yang kita tuju, Bila kita mengadakan perjalanan dari Jakarta ke Bandar Udara yang ada di kota Toulouse maka kita mebayar sejumlah uang sebesar Rp 10.073.600 (Sumber Google), demikian juga Jakarta ke Castres, kita harus mempersiapkam dana sebesar Rp 17.522.900, kemudian Jakarta ke Perpignan sebesar Rp 17.930.600. Inilah biaya perjalanan internasional. Pasti ada yang lebih mahal, tetapi dengan angka-angka ini kita tahu bahwa perjalanan internasional membutuhkan biaya yang relatif berbeda, ada yang murah ada yang mahal. Namun murah dan mahal itu relatif. Hal ini bergantung dari sumber keungan yang ada pada seseorang, bila orang kaya atau katakanlah pengusaha ternama maka dana ini tentunya tidak mahal.


Cara Efektif Mengurus Paspor

Kita bisa menggunakan fasilitas e-paspor untuk mengurus paspor

Maskapai Perjalanan Internasional

Bila kita mengadakan perjalanan internasional ke negara-negara yang membutuhkan durasi waktu yang relatif lama seperti penerbangan ke Amerika, Eropa, Afrika maka kita membutuhkan maskapai penerbangan yang bersifat internasional seperti:

1. Garuda Indonesia
2. Etihad Airways
3. Japan Airlines
4. Jetstar Airways

Keempat maskapai penerbangan di atas menjadi pilihan bagi kita dalam perjalanan internasional.

Tempat Penginapan dalam Perjalanan Internasional

Biasanya orang yang mengadakan perjalanan internasional, tinggal di Hotel. Dalam hal ini mereka yang mengadakan perjalanan ke Belanda membutuhkan Hotel-hotel yang ada di Belanda. Info berikut ini sebagai info umum tentang hotel-hotel di Belanda. Rinciannya tentu lihat di situs-situs penyedia layanan perjalanan internasional. Baiklah berikut beberapa hotel di Belanda.

1. Hotel ibis Schiphol Amsterdam Airport
2. Meininger Hotel Amsterdam City West
3. ibis Amsterdam Centre
4. Jaz Amsterdam
5. Amsterdam Teleport Hotel
6. Holiday Inn Express Rotterdam - Central Station
7. New West Inn Amsterdam
8. Holiday Inn Express Rotterdam - Central Station
Bila Anda ingin info yang lengkap silakan lihat di https://www.traveloka.

Kemudian mereka yang mengadakan perjalanan ke Makedonia. Misalnya perjalanan melihat perjalanan para rasul yang pernah singgah di Makedonia seperti rasul Paulus. Alkitab menyebut daerah ini, khususnya Bible Perjanjanjian Baru. Kemudian kalau mau menginap maka kita bisa cari hotel-hotel yang ada di Makedonia:
1. Villa Dea
2. Villa Diamond
3. Urban Hostel & Apartments
4. Hotel City 5
5. Hotel New Star
6. Hotel & Spa Tino Sveti Stefan
7. Park Hotel & Spa
8. Hotel Living
9. Metropolis Skopje Apartments
10. Hotel RM
11. Kiki Apartments

Lihat rincian info lengkap di https://www.booking.com/

Salam
Share This
Previous Post
Next Post

Pellentesque vitae lectus in mauris sollicitudin ornare sit amet eget ligula. Donec pharetra, arcu eu consectetur semper, est nulla sodales risus, vel efficitur orci justo quis tellus. Phasellus sit amet est pharetra

0 comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.