Monday, November 26, 2018

Pengaruh Google Adsense Terhadap Kreativitas Blogger

ad300
Advertisement
Mengapa tidak tulis perjalanan dengan pesawat ke Singapur, Australia, Filipina, Timor Leste, Amerika, dll. atau tulis tentang diskon besar-besaran yang biasanya diberikan toko-toko besar, Mall, toko online dalam menawarkan produk mereka. Ya ini penting tetapi fokus terhadap artikel ini juga penting. Maka hari ini hari spesial bagi saya dalam menuangkan sebuah hasil berpkir kreatif. Pertama saya pergi ke sebuah Bank untuk menyampaikan masalah yang saya hadapi yaitu ATMku terblokir. ATMku sudah terintegrasi dengan sebuah alat teknologi canggi yaitu cip. Penggunaan cip pada ATM tentu untuk faktor keamanan. Saya lanjut dengan masalah pada ATM saya, masalah ini terjadi dalam diri saya karena ada kesalahan saya dalam memasukan PIN, biasanya 3 kali kesalahan maka ATM otomatis terblokir. Merasa kesalahan saya karena salah memasukan pin ATM yang berakibat pada terblokirnya ATM maka saya harus pergi ke Bank untuk mengurus ATM agar bisa digunakan kembali. ATM yang saya pakai menggunakan cip. Dengan cip itu nasabah merasa aman atas keuangan. Bila tidak maka bisa dibobol oleh orang yang tidak bertanggungjawab.

Saya ke kantor Cabang, lalu setelah saya masuk kantor Bank, saya diminta antri, tidak lama kemudian saya berusan dengan seorang staf Bank. Layanan atas masalah yang saya hadapi berlangsung dengan sangat cepat. Masalahpun teratasi. Saya kemudian kembali ke rumah dan lanjutkan kesibukan yang lain. Salah satunya yakni rumah yang bocor dan bagaimana memperbaikinya. Saya harus memperbaiki sekarang karena beberapa waktu ke depan, yaitu pada awal Desember 2018, saya mengadakan perjalanan keluarg kota dengan pesawat. panitia yang mengundang saya sudah membeli Tiket pesawat PP Jakarta Kalimantan. Semuan kisah ini saya kemas dalam judul yang sepertinya tidak pas tetapi bagi seorang blogger bisa dikorelasikan. Silakan baca selanjutnya.
Kalau rumah bocor tentu mengganggu kedamaian keluarga. Sekarang saya narasikan pengalamanku hari ini tetapi dalam format judul artikel di atas.Jika demikian: apa yang saya maksudkan dengan judul artikel: Pengaruh Google Adsense Terhadap Kreativitas dan Inovasi Blogger. Pengaruhnya dimana?



Seorang blogger yang menjadi publisher Google Adsense mesti berpikir kreatif? Jika demikian seperti apa berpkir kreatif itu.Tulisan berikut memberi jawaban atas beberapa pertanyaan awal yang telah dikemukan disini.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI Online), kita menemukan info tentang arti kreatif, yaitu kreatif diartikan dalam pengertian: (1) memiliki daya cipta; memiliki kemampuan untuk menciptakan; (2) bersifat (mengandung) daya cipta. Merujuk pada definisi kamus di atas, maka jelaslah bahwa orang yang kreatif adalah orang yang memiliki kemampaun mencipta (daya cipta). Mencipta berarti membuat sesuatu yang baru. Sesuatu yang baru itu dimulai dengan ide baru sampai menghasilkan sebuah produk. Dengan begitu mencipta dapat diartikan sebagaimana yang ada dalam situs https://www.apaarti.com, yaitu mencipta adalah kemampuan memusatkan pikiran angan-angan untuk menghasilkan sesuatu. Sekarang kita melanjutkan pada pengertian kreativitas. Kata kreativitas berasal dari kata kreatif (pengertiannya lihat uraian di atas), kata kreativitas diartiakan sebagai: 1. kemampuan seseorang untuk menciptakan sesuatu yang baru, baik berupa gagasan maupun karya nyata, dalam bentuk ciri-ciri aptitude maupun non aptitude, dalam karya baru maupun kombinasi dengan hal-hal yang sudah ada, dan semuanya relatif berbeda dengan yang sudah ada sebelumnya.
2. kreativitas adalah upaya melakukan aktivitas baru dan mengagumkan.
3. Kreativitas adalah menciptakan inovasi baru yang mencengangkan.
4. Kreativitas adalah suatu kemampuan untuk memecahkan masalah, yang memberikan individu menciptakan ide-ide asli/adaptif fungsi kegunaannya secara penuh untuk berkembang (Widayatun)
5. Kreativitas adalah keterampilan untuk menentukan pertalian baru, melihat subjek perspektif baru, dan membentuk kombinasi-kombinasi baru dari dua atau lebih konsep yang telah tercetak dalam pikiran (James R. Evans)
6. Kreativitas adalah kemampuan untuk memikirkan tentang sesuatu dalam cara yang baru dan tidak biasanya serta untuk mendapatkan solusi-solusi yang unik (Santrock)
7. Kreativitas adalah kemampuan untuk memberikan gagasan-gagasan baru dan menerapkannya dalam pemecahan masalah (Semiawan)
8. Kreativitas adalah kemampuan untuk mengkombinasikan, memecahkan atau menjawab masalah, dan cerminan kemampuan operasional anak kreatif (Munandar)
9. kreativitas adalah proses munculnya hasil yang sifatnya baru dalam suatu tindakan. Hasil baru tersebut berasal dari interaksi antar-individu, pengalaman dan kondisi hidup seseorang (Definisi Rogers yang dimuat dalam Munandar). 10. Kreativitas adalah kemampuan dalam menciptakan sesuatu yang sifatnya baru (Baron dalam Ngalimun dkk) 11. Kreativitas adalah daya cipta, daya khayal naif yang ada pada anak-anak (Menurut MASLOW, dalam Kemendikbud) lihat di Brainly.co.id dengan link: https://brainly.co.id/tugas/2839769#readmore
Jadi, pengaruh Google Adsense terhadap Kreativitas Blogger adalah kemitraan dengan Google Adsense, para blogger khususnya saya dipengaruhi untuk terus mengembangkan kemampuan mencipta dalam pengertian menemukan ide-ide baru untuk menulis. Berbagai hal yang dihadapai seorang blogger dapat dijadikan sebagai ide kreatif (ide baru) untuk menulis. Ide baru untuk menulis dapat ditemukan dalam interaksi pikiran para blogger ketika mengerjakan sesuatu di rumah maupun di kantor, bahkan di jalan serta acara santai sekalipun. Seorang blogger yang sudah bermitra dengan Google Adsense pasti memiliki ide-ide baru untuk menulis dan menjadi berguna bagi orang lain. Misalnya, baru-baru ini Selasa, 27 November 2018, saya tidak masuk kantor karena setiap hari Selasa saya libur. Ketika libur pada hari Selasa, saya melihat ada bagian atap rumah yang bermasalah, setiap hujan selalu menetes ke kamar ruang makan. Saya kemudian mengamati secara mendalam, pikiran saya diarahkan untuk memikirkan secara mendalam tentang bagian perbaikan dari atap yang sudah saya lakukan beberapa tahun yang lalu, namun tahun ini bocor. Setelah saya melihat dan memikirkan ternyata ada celah yang dapat saya gunakan. Celah yang saya maksudkan adalah memperbaiki bagian perbaikan tahun lalu dengan berpikir kreatif. Saya kemudian menemukan solusinya.


Saya mengambil alat untuk saya gunakan sebagai tempat saya berdiri dan memperbaiki bagian atap yang rusak. Ketika saya sedang mmemperbaiki, tiba-tiba keluar air yang sudah tertampung beberapa hari, airnya hitam. Maklum air talang. Wajah saya terkena siraman air tersebut. Saya kemudian tetap tenang agar saya tidak jatuh. Artinya saya tidak boleh panik. Setelah seluruh air tertumpah dan saya memastikan sudah kering/tidak ada sisa air, saya kemudian memperbaiki atap yang bocor dengan cara merubah posisi talang agar ketika hujan tidaktertampung dan mengeluarkan air yang berdampak pada ruang makan. Akhirnya saya berhasil memperbaikinya.
Apa pesan yang saya hendak sampaikan disini, yaitu:

1. Menjadi seorang blogger yang bermitra dengan Google adsense harus berpikir kreatif, berpikir demikian menolong saya untuk memperbaiki masalah kebocoran dalam rumah. Saya melihat bagian yang bocor dan berpikir secara kreatif, yaitu menemukan ide baru untuk mengatasi masalah kebocoran tersebut. Ternyata ada ide baru dan ide tersebut saya terapkan dan masalah bocor di ruang makan ter-atasi. Berpikir kreatif harus diikuti dengan tindakan nyata yang juga merupakan hasil berpikir kreatif. Waktu saya memperbaiki bagian yang bocor seharusnya memerlukan tangga, namun saya atasi dengan berpikir kreatif, adakah alat-alat dalam rumah yang saya bisa pakai untuk mengganti tangga. Saya kemudian menemukan ide yaitu mengambil meja dan diatas meja saya taruh sebuah meja kecil. Dengan demikian jangkauan terhadap bagian yang bocor di ruang makan terjangkau dan saya berhasil memperbaikinya.

2. Mewujudkan pikiran kreatif tidak selalu berjalan mulus, ada insiden-insiden yang tidak kita sangka terjadi dalam proses mewujudkan ide baru. Apa yang saya maksudkan dengan insiden dalam mewujudkan ide baru, insiden yang saya maksudkan yaitu ketika saya membongkar bagian yang pernah saya perbaiki sebelumnya, keluarlah air yang sudah tertampung beberapa hari. Air yang dimaksud yaitu air hujan. Warna airnya menjadi hitam karena sudah beberapa hari tertampung dalam sebuah talang yang saya pernah pakai untuk memperbaiki bagian yang bocor pada beberapa tahun lalu. Saya sempat terkena derasnya air yang keluar dari talang tersebut ke bagian wajah dan ke seluruh tubuh. Saya tetap tenang berdiri di atas meja. Karena bila saya panik maka saya akan terjatuh dari dua tumpukan meja, tingginya kira-kira 160 cm dengan posisi yang riskan.

3. Peristiwa ini menjadi peluang berpikir kreatif untuk saya mengolahnya menjadi sebuah artikel untuk dipublikasikan dalam blog ini. Tentu kalau saya publikasikan dalam blog ini mendatangkan keuntungan ekonomis bagi saya karena blog ini sudah diterima Google Adsense. Artinya seorang blogger yang sudah mendaftarkan blog ke Google Adsense dan berhasil diterima maka sang blogger tersebut harus rajin membuat postinganpostingan yang berguna bagi pembaca. Saya yakin postingan ini berguna bagi pembaca khsusnya mereka yang sudah berkeluarga dan sedang berusaha untuk berkeluarga. Saya dulu sebelum menikah membaca buku-buku yang memberi petunjuk praktis bagaimana cara mengatasi masalah-masalah dalam rumah, seperti: kabel listrik yang putus dan harus menyambung, stopkontak yang bermasalah, dapur bohlam lampu pijar yang tidak berfungsi secara baik, mengatasi kerusakan kecil pada kulkas, gosokan, memperbaiki rumah bila bocor, dll. Bila kita dapat mengatasi sendiri maka meminimalisasi anggaran yang harus kita keluarkan untuk hal-hal kecil yang terjadi di rumah. Saya bersyukur karena saya beajar beberapa hal bagian listrik di rumah dengan seorang teman yang punya kompetensi di bidang listrik, saya sering meminta bantuannya, sambil saya belajar dari dia bagaiman mengatasi gangguan listrik di rumah. Tentu gangguan dalam skala kecil, bila yang lebih besar maka saya harus memanggil orang PLN atau orang yang mengerti Listrik. Namun kerusakan kecil seperti putusnya kabel di dalam tempat stopkontak, saya sudah bisa perbaiki sendiri. Menyambung kabel listrik yang ada di rumah, semacam instalasi kecil, saya bisa lakukan sendiri tanpa memanggil orang lain. Bagian ini tentu merupakan pengaruh dari kemitraan dengan Google Adsense yang mempengaruhi saya dalam berpikir dan bertindak kreatif.
Bagi seorang blogger yang telah bermitra dengan Google adsense atau info jelasnya yaitu seorang blogger yang sudah diterima menjadi publisher Google Adsense (blognya diterima untuk menerbitkan iklan) maka ia selalu berpikir kreatif. Tanpa berpikir kreatif maka seorang blogger yang sudah membangun kemitraan dengan Google adsense (menebitkan iklan di blog) maka sulit untuk menulis dan mempostingnya di blog. Sebalinya jika berpikir kreatif maka seorang blogger tetap punya peluang besar untuk menulis hal-hal yang berhubungan dengan tema blog. Dalam konteks tema blog ini maka berpkir kreatif dan bertindak mewujudkan kreatif disbut efektivitas.

Demikianlah postingan “Pengaruh Google Adsense Terhadap Kreativitas Blogger”
Share This
Previous Post
Next Post

Pellentesque vitae lectus in mauris sollicitudin ornare sit amet eget ligula. Donec pharetra, arcu eu consectetur semper, est nulla sodales risus, vel efficitur orci justo quis tellus. Phasellus sit amet est pharetra

0 comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.