Saturday, November 17, 2018

Oleh-oleh Terindah dari Nusantara

ad300
Advertisement
Negara kita terkenal dengan kekayaan alamnya. Oleh karena itu setiap daerah punya ciri khas. Ketika kita mengadakan perjalanan ke berbagai dari di Nusantara ini, kita pulang dengan mencari dan membeli oleh-oleh dari daerah yang kita kunjungi. Oleh-oleh itu kita bawa ke tempat tinggal kita melalui trasportasi laut dan udara.
Kisah pengalaman

Beberapa daerah yang saya kunjungi seperti daerah Padang. Saya sudah lupa tahun tetapi saya masih ingat kawan atau kenalan saya menjemput di Bandar Udara Padang (Bandar Udara lama). Ketika perjalanan kedua, saya turun di Bandar Udara Baru, kotanya atau nama tempatnya saya lupa. Pada waktu pulang, teman saya membawa ke sebuah toko oleh-oleh di PAdang, teman itu membeli dan petugas toko oleh-oleh membungkunsnya dengan kemasan yang mereka sudah siapkan. Tentu saya sangat senang karena saya bawa oleh-oleh dari Padang ke Jakarta, selanjutnya saya serahkan ke isteri untuk dibagi kepada kami dan tetangga terdekat. Biar sama-sama menikmati oleh-oleh.
Pengalaman kedua, ketika ke kota Medan, setelah pertemuan beberapa hari di Hotel Antares, saya kemudian mencari oleh-oleh Medan. Tentu saya senang karena isteriku dari Batak. Oleh karena itu saya cari oleh-oleh Medan yang disenangi seperti kue ketawa dan dodol Medan. Saya kemudian membawa oleh-oleh dengan melakukan penerbangan dengan pesawat Bandara Kuala Namu ke Jakarta.
Oleh-oleh dari Kota Ambon
Waktu saya kembali dari kota Ambon, temanku membeli ikan panggang Ambon, selain itu ikan bakar yang sangat lesat bila menikmatinya. Ikat bakar itu tentu dari ikan-ikan pilihan terbaik. Tidak sembarang ikan. Ikan yang biasanya ada di laut lepas dan bukan ikat seeperti ikan tongkol. Ikan iini biasanya ada di daerah teluk seperti di daerah saya banyak ikan tongkol. Namun ikan bakar Ambon yang saya bawa adalah ikanhasil tangkapan dari laut lepas. Artinya ikan-ikan yang bukan berada di perairan seperti teluk. Sewaktu isteri dan anak-anak menikmati ikan bakar mereka katakan sangat enak ikan Bakar Ambon

Oleh-oleh Solo

Sewaktu saya ke Solo, saya membeli oleh-oleh berupa Batik Solo. Saya suka Batik. Saya membeli juga daster yang terbuat dari Batik dan beberapa baju Batik untuk anak-anak.
Tentu banyak oleh-oleh, bergantung daerah yang kita kunjungi. Oleh-oleh itu kita namakan oleh-oleh Nusantara. Sekarang tersedia Toko Online yang menyiapkan ragam oleh-oleh yang ada di Nusantara ini. Misalnya kita kunjungi Pesona Nusantara, kita tinggal memesan oleh-oleh daerah mana yang kita mau nikmati bersama keluarga. Dengan tersedianya oleh-oleh Nusantara, kita dapat membelinya dan membawa ke luar negeri seperti ke Amerika, Belanda, Jerman, Slandia Baru, New Seland, Australia, Argentina, Brasil, Korea Selatan, China, Prancis,Ukraina, India, Singapur, Malaysia, Filipina, Jepang, Timor Leste dan negara-negara lain.

Mmembawa oleh-oleh ke rumah atau ke luar negeri berarti kita sedang mempromosikan produk Indonesia. Cinta produk Indonesia berarti kita harus memulainya dengan cara membeli dan atau menulis tentang produk-produk tersebut. Bila pembeli bertambah maka pendapatan negara juga ikut didalamnya. Mari kita mencintai produkIndonesia, khususnya oleh-oleh Nusantara. Oleh-oleh itu mulai dari Sabang sampai ke Merauke, bahkan tempat yang paling selatan di Indonesia yaitu pulau Rote.
Oleh-oleh Kupang, NTT

Di Kota Kupang kita akan menjumpai ragam oleh-oleh. Ada oleh-oleh Daging sei, gula merah, jagung bose dll.
Di Alor kita dapat oleh-oleh Jagung titik campur kenari dan Kue Rambut.

Salam oleh-oleh Nusantara
Share This
Previous Post
Next Post

Pellentesque vitae lectus in mauris sollicitudin ornare sit amet eget ligula. Donec pharetra, arcu eu consectetur semper, est nulla sodales risus, vel efficitur orci justo quis tellus. Phasellus sit amet est pharetra

0 comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.