Sunday, September 16, 2018

Tutuplah maka Kamu akan Diterima: Cara diterima Jadi Publisher Google Adsense

ad300
Advertisement
Apa makna Tutuplah Maka Kamu Akan Diterima: Cara Diterima Menjadi Publisher GA
Tanggal 27 Desember 2015 Pukul 23.49 WIB merupakan tanggal dan jam dimana saya berjuang untuk mendaftar menjadi PUBLISHER GOOGLE ADSENSE. Perjuangan itu tentu memiliki harapan agar diterima dan menerbitkan iklan di blog serta menghasilkan uang secara online atau sering disebut penghasilan online.
Saya pun mulai mendaftar dengan menggunakan email dari gmail dengan alamat: trio....@gmail.com. Dan seperti biasanya harus ada blog yang didaftarkan untuk menjadi tempat penerbitan iklan. Saya kemudian mendaftar blog saya: http://contoh-...blogspot.com. Setelah saya mendaftar ke GA melalui dashboard Blogspot, saya melihat muncul iklan yang membuat saya bergirang. Bersamaan seperti itu, saya tanpa pikir panjang mendaftar lagi sebuah blog yang berbeda email. Alamat emailnya ym...@gmail.com kemudian blog beralamat: http://metodologipenelitian.blogspot.com Menjelang beberapa hari, saya mendapat jawaban yang masuk di email saya seperti berikut:

Status permohonan AdSense Anda

Terima kasih atas minat Anda terhadap Google AdSense. Sewaktu meninjau permohonan Anda, kami menemukan bahwa informasi akun Anda cocok dengan akun AdSense yang saat ini disetujui yang terkait dengan ym...@gmail.com.

Karena Kebijakan Program AdSense kami tidak mengizinkan lebih dari satu akun, saat ini kami tidak dapat menerima permohonan baru Anda.
Jika tidak dapat mengakses akun Anda yang disetujui dengan ym..@gmail.com, ikuti langkah-langkah di pemecah masalah proses masuk kami. Jika Anda tidak dapat memperoleh kembali akses ke akun Anda dalam proses tersebut, Anda akan menemukan opsi untuk menghubungi kami. Selanjutnya, kami akan bekerja sama dengan Anda untuk mengakses akun menggunakan info masuk yang Anda inginkan.
Jika Anda membutuhkan lebih dari satu akun AdSense, harap lihat artikel bantuan ini untuk panduan selengkapnya tentang cara mengirimkan lebih dari satu permohonan. Jika ingin menambahkan trio...@gmail.com sebagai info masuk ke akun yang disetujui, Anda dapat melakukannya dengan mengikuti langkah-langkah ini.
Jadi, berdasarkan email balasan dari GA sudah jelas bahwa permohonan saya tidak diterima pihak Google Adsense.


Apakah dengan penolakan ini saya berhenti, tentu tidak! Saya tetap berusaha untuk mendaftar lagi. Saya kemudian mendaftar blog lain dengan email yang berbeda. Saya daftar emial: stt..gmail.com dengan nama blog: http://sttluk...blogspot.com. Namun hasilnya sama, saya mendaftar lagi email istri dengan harapan bisa diterima. Hasilnya sama yaitu tidakditerima. Kemudian saya daftar email dan blog anak saya, hasilnya juga sama, yaitu tidak diterima. Lalu saya daftar lagi dengan email dan blog yang saya buat khusus untuk informasi Sddimana saya menyelesaikan pendidikan sekolah dasar. Email ini tidak ada hubungan dengan nama saya, namun karena sering otak atik blog dari satu email ke email yang lain yang saya miliki maka secara otomatis terkoneksi juga. Jadi email yang saya pakai untuk daftar di GA sebagai berikut ini:

1. trio..@gmail.com
2. muan..@gmail.com
3. dryon...@gmail.com
4. stton...@gmail.com
5. evalita...@gmail.com
6. Medius...@gmail.com
7. fami...@gmail.com

Mengapa tujuh email? Karena mendaftar selalu gagal. Jadi saya mendaftar lagi menggunakan email lain dan juga blog yang berbeda. Praktik seperti ini tentu tidak berhasil karena Google tidak mengijinkan satu orang memiliki lebih dari 1 akun GA. Pendaftaran di atas membuat perbaikan atas sejumlah blog yang saya ajukan tetap ditolak. Penolakan ini berkaitan dengan email yang saya sudah gunakan untuk mendaftar. Sekarang perhatikan jawaban Google Promosi (Maksudku sama dengan GA) berikut ini:
Terima kasih atas minat Anda terhadap Google AdSense. Sewaktu meninjau permohonan Anda, kami menemukan bahwa informasi akun Anda cocok dengan akun AdSense yang saat ini disetujui yang terkait dengan dryon...@gmail.com.
Karena Kebijakan Program AdSense kami tidak mengizinkan lebih dari satu akun, saat ini kami tidak dapat menerima permohonan baru Anda.
Jika tidak dapat mengakses akun Anda yang disetujui dengan dryonasmuanley@gmail.com, ikuti langkah-langkah di pemecah masalah proses masuk kami. Jika Anda tidak dapat memperoleh kembali akses ke akun Anda dalam proses tersebut, Anda akan menemukan opsi untuk menghubungi kami. Selanjutnya, kami akan bekerja sama dengan Anda untuk mengakses akun menggunakan info masuk yang Anda inginkan.
Jika Anda membutuhkan lebih dari satu akun AdSense, harap lihat artikel bantuan ini untuk panduan selengkapnya tentang cara mengirimkan lebih dari satu permohonan.
Jika ingin menambahkan trio...@gmail.com sebagai info masuk ke akun yang disetujui, Anda dapat melakukannya dengan mengikuti langkah-langkah ini.

Berdasarkan kasus di atas, jelas bahwa berapapun email dan blog baru yang dipakai untuk mendaftar akan tetap sama nasibnya yaitu ditolak bila mendaftar dengan lebih dari satu email.
Penolakan ini tentu kesalahan saya, saya bertindak tidak sesuai kebijakan google Adsense. GA hanya memperbolehkan 1 akun untuk 1 orang.
Penolakan di atas tentu disertai dengan solusi yang diberikan Google seperti menutup akun GA yang lain. Kemudian mengajukan 1 akun yang sudah diperbaiki sesuai saran Google. Setelah saya menutup akun GA yang lain (statusnya semua tdk diterima). Kemudian mengajukan satu email dan satu blog yang saya yakini layak diperbaiki dan didaftarkan kembali. Google menyarankan demikian, silakan perhatikan jawaban google kepada saya via email.
Jawaban GA Tanggal Jum, 22 Apr 2016 22.41
Status permohonan AdSense Anda

Isi email dari GA ke email saya:

“Seperti yang kami utarakan dalam email sambutan kami, kami melaksanakan peninjauan kedua terhadap permohonan AdSense Anda setelah kode AdSense ditempatkan pada situs Anda. Sebagai hasil dari peninjauan tersebut, kami telah menolak akun Anda karena pelanggaran berikut:

Kami tidak menyetujui permohonan Anda karena beberapa alasan yang tercantum di bawah ini.
Situs tidak sesuai dengan kebijakan Google: Saat ini kami tidak dapat menyetujui permohonan AdSense Anda karena situs Anda tidak sesuai dengan kebijakan program Google AdSense atau mematuhi pedoman Mutu Webmaster. Sasaran kami adalah memberikan pengiklan kami situs yang menawarkan konten bermakna dan kaya, menerima lalu lintas organik, dan memungkinkan kami menayangkan iklan yang ditargetkan dengan baik kepada pengguna. Kami meyakini bahwa saat ini situs Anda tidak memenuhi kriteria ini.
Berikut beberapa saran untuk membantu Anda meningkatkan pengalaman pengguna di situs Anda dan memenuhi kriteria AdSense:

1. Situs yang menampilkan iklan Google harus memberikan nilai yang signifikan bagi pengguna. Sebagai penayang, Anda harus menyediakan konten unik dan relevan agar pengguna memiliki alasan kuat untuk berkunjung ke situs Anda.
2. Jangan tempatkan iklan di laman yang dibuat secara otomatis atau laman dengan sedikit konten asli atau tidak berisi konten asli sama sekali.
3. Situs Anda juga harus menyediakan pengalaman pengguna yang baik melalui navigasi dan pengaturan yang jelas. Pengguna harus dapat dengan mudah mengeklik seluruh laman Anda dan menemukan informasi yang dicari.”

Berdasarkan saran perbaikan GA seperti yang dicantumkan di atas, saya memperbaiki blog dari segi artikel ( lihat poin 1), saya menempatkan kode di artikel di jumlah pengunjung yang relatif banyak, membuat tombol navigasi tetapi loadingnya kurang cepat atau kurang fast loading, namun ada pula yang fast loading. Setelah perbaikan tersebut saya kirim ulang,
Jadi sejak 27 Desember 2016 sampai 2018, saya sudah mendaftar GA secara berulang-ulang. Perhatikan riwayat berikut ini:

Pendaftaran Tahun 2015

Mendaftar tanggal 27 Desember 2015,hasilnya tidak disetujui
Jum, 12 Feb 2016 01.06, hasilnya tidak diterima
Jum, 22 Apr 2016 22.41, hasilnya tidak diterima
Kam, 12 Mei 2016 23.03, hasilnya tidak diterima
Sen, 13 Jun 2016 22.43, hasilnya tidak diterima
Sen, 20 Jun 2016 22.07, hasilnya tidak diterima
Sen, 4 Jul 2016 22.59, hasilnya tidak diterima
Sel, 5 Jul 2016 22.21, hasilnya tidak diterima

Pendaftaran G.Adsense 2017

21/2 2017, hasilnya tidak diterima
1 /3 2017, hasilnya tidak diterima
Sab, 8 Apr 2017 10.06, hasilnya tidak diterima
Mendaftar Lagi Tahun 2018
14 Mei 2018, hasilnya tidak diterima
15 Mei 2018, hasilnya tidak diterima
17 Mei 2018, Hasilnya tidak diterima
21 Mei 2018, Hasilnya tidak diterima
23 Mei 2018, Hasilnya tidak diterima

PENUTUPAN AKUN GOOGLE ADSENSE

Tanggal 6 Juni 2018 22.38 memutuskan untuk menutup akun googleAdmob yang terkait dengan akun Googl Adsense. Karena bila tidak ditutup maka pendaftaran berikutnya akan tetap tertaut dengan akun ini dan google pasti menjawab tidak menerima permohonan menjadi publisher. Setelah menutup akun Admob, saya lanjutkan dengan penutupan akun GA yang berhubungan dengan email isteri dan anak. Jadi, tanggal 15 Mei dan 6 Juni 2018, saya menutup akun-akaun yang berhubungan dengan email yang pernah didaftarkan ke Google Adsense.

Kemudian saya fokus membangun sebuah blog untuk menunggu jedah waktu untukmendaftar ulang dengan email baru dan blog yang baru. Dalam waktu antara tersebut, saya pergunakan untuk menata blog seperti: Jumlah postingan yang orisinil, jumlah kata dalam postingan. Saya memilih antara 300 sampai 1500 kata. Saya posting artikel dalam masa transisi sebelum mendaftar sebanyak 3 sampai 6 artikel. Saya juga memperbaiki tata letak tombol navigasi, menulis tentang produk google, membuat sitemap (tombol navigasi) yang memudahkan pengunjung akses artikel blog, tombol navigasi yang saya pilih itu adalah template blog yang menata tombol navigasi pada header blog. Selain itu saya ganti template, saya gunakan template blog yang SEO Friendly dan Fast Loading (loadingnya tidak lelet), Mobile Friendly. Artinya tampilan blog dapat menyesuaikan dengan gadget yang digunakan pengunjung. Gadget yang biasa dipakai seperti: Handphone Android, iPad, netebook, laptop, Tablet dan Desktop Komputer. Setiap artikel saya sertakan gambar di dalamnya.

Setelah semuanya siap, saya kemudian mendaftarkan blog pada malam hari pukul 21.00. Katanya waktu ini waktu kerja di Amerika sehingga GA bisa cepat diperiksa dan disetujui dalam waktu singkat. Namun mungkin anggapan ini cocok dengan periode 2011. Kan tahun 2012 Google sudah menerima bahasa Indonesia sehingga blog berbahasa Indonesia bisa didaftarkan dalam keanggotaan GA. Tetapi saya coba mendaftar jam 21.00 WIB. Setelah itu saya menanti dengan was-was. Jangan sampai pengalaman tidak diterima terulang lagi.
14 Agustus 2018 pada pukul 21.36, saya mendaftar menggunakan email dan blog baru dengan platform Blogspot.
Lalu email masuk ke email saya dengan pemberitahuan: Informasi kontak pembayaran telah diubah.
17 Agustus 2018 Pukul 07.59 dapat Jawaban melalui email: yaitu tidakmenyetujui permohonan saya dengan alasan:

1. Konten tidak memadai. Pastikan laman Anda berisi teks yang memadai - situs web yang kontennya sebagian besar adalah gambar, video, atau animasi Flash tidak akan disetujui.
2. Konten blog harus berisi kalimat dan paragraf lengkap, bukan sekadar judul.
3. Pastikan situs web Anda telah sepenuhnya rampung dan diluncurkan sebelum Anda mengajukan permohonan untuk AdSense - jangan ajukan permohonan ketika situs Anda masih dalam versi beta atau tahap "sedang dibuat" atau hanya terdiri dari kerangka situs web.
4. Tempatkan kode iklan di laman aktif situs web Anda. Tidak harus berupa laman utama, namun laman percobaan yang kosong kecuali untuk kode iklan AdSense tidak akan disetujui.
5. Sediakan sistem navigasi yang jelas untuk para pengunjung agar mudah menemukan semua bagian dan laman dalam situs web Anda.
6. Jika Anda ingin memonetisasi video YouTube, ajukan permohonan untuk program monetisasi YouTube. Perhatikan bahwa blog dan situs web yang hanya berisi video tidak akan disetujui.

Membaca jawaban seperti ini sebenarnya kecewa karena selalu ditolak atau tidak diterima. Namun saya tetap mengembaangkan semangat entrpreneur dalam diri saya, saya tidak boleh kendor semangat dalam perjuangan mewujudkan cita-cita. Saya kemudian memperbaiki sesuai arahan GA point 1 – 6. Dengan tindakan konkrit berikut:
Saya copot gambar-gambar yang ada di artikel blog. Namun tidak semuanya. Ada yang saya pertahankan. Lalu saya ajukan ulang. Hasilnya Jawaban melalui email bahwa blog saya tidak ditemukan ketika mereka merivie. Saya kemudian masuk di Google Webmaster dan mendaftar kembali kepemilikan blog saya. Lalu saya ajukan ulang. Hasilnya sama yaitu tidak diterima. Pihak Google sebagaimana biasanya memberi saran perbaikan. Saya memperbaiki beberapa bagian dari blog kemudian saya ajukan lagi.

Jawaban pada hari Kamis 30 Agustus 2018, pukul 08.13, yaitu karena konten tidak memadai maka mereka tidak menerima permohonan saya. Lalu ada saran perbaikan seperti yang disebutkan di atas. Saya kemudian lakukan perbaikan seperti yang disarankan google dengan tindakan sbb:

1. Untuk menjawab poin 1 maka saya lakukan tindakan yaitu segala tulisan saya seperti: Postingan bersambung pada kesempatan berikutnya saya hapus karena mungkin ini dianggap blog masih dalam taraf perbaikan. Kemudian saya tambahkan artikel dengan jumlah kata lebih dari 500 kata, ada pula yang saya posting 1.500 kata atau lebih. Kemudian gambar-gambar dari pixabay yang saya sertakan untuk setiap artikel, demikian juga foto hasil cepretan saya yang cocok untuk memperjelas pesan isi artikelpun saya hapus. Bayangkan ada 100 artikel, saya harus hapus foto-foto dari sebagian artikel, namun ada beberapa foto yang saya pertahankan. Tetapi lebih banyak saya hapus agar tidak dianggap sebagai blog yang dipesankan dalam pessan perbaikan nomor 1. Pasang gambar di artikel boleh saja tetapi jangan terlalu banyak. Seperti punya saya satu halaman artkel memiliki 1 foto, bahkan ada beberapa yang 2 sampai 3 foto. Tetapi umumnya 1 artikel 1. Dipostingan populer juga saya copot gambarnya supaya tidak dianggap sebagai blog yang hanya berisi gambar.

2. Poin 2 saya siasatin dengan cara menambah artikel singkat dengan perbanyak jumlah kata antara 300 sampai 1.500. Jadi setiap artikel yang masih kurang dari 300 kata saya buat tambahan penjelasan agar bertambah jumlah kata yang dikehendaki Google

3. Untuk poin ketiga saya memang sudah rampungkan blog dan selama masa review saya tidak merubah template. Namun saya sadar bahwa sering ada artikel yang terlalu singkat kemudian saya tulis kata: bersambung pada postingan berikutnya. Ya ini bisa dibaca sebagai tanda bahwa blog masaih dalam taraf perbaikan. Jadi saya usahakan menghapus kata-kata itu dan menambah penjelasan untuk postingan tersebut agar mencapai jumlah kata yang dikehendaki (300-1500 kata), lebih banyak lebih bagus.

4. Poin 4 saya kira blog saya tidak termasuk didalamnya jadi saya tidak melakukan apa-apa untuk saran perbaikan ini.

5. Nomor 5 saya sadari karena ada 2 sitemap (tombol navigasi blog/daftar isi blog) yang saya tempatkan di header blog dengan nama Sitemap Seo Friendly dan Sitemap 2. Saya rubah menjadi Tombol Navigasi Blog, dan satunya saya rubah menjadi artikel blog kemudian saya tempatkan di tombol deretan produk Google (lihat tombol produk Google) di header blog. Pada tombol dropdown akan terlihat link yang dimaksud.

6. Saya belum berminat untuk GA di Youtube karena saya belum punya kecintaan dengan video. Saya lebih suka menulis.Namun saya ada koleksi video, mungkin suatu saat nanti.

Setelah itu saya ajukan kembali pada tanggal 5 September 2018 dan menunggu jawaban. Ternyata hasilnya pada tanggal 6 September 2018 pukul 11.37 saya mendapat jawaban melalui email bahwa: SITUS SAYA SEKARANG TERHUBUNG KE ADSENSE. Selamat! Akun anda kini telah disetujui sepenuhnya.
Ketika membaca jawaban seperti yang disebut disini, saya menjadi sangat bergembira. Gembira karena perjuangan yang relatif lama telah membuahkan hasil. Pengalaman ditolak berkali-kali atau tidak diterima kini menjadi pengalaman yang menyenangkan, Dengan begitu saya sebut PRNGALAMAN INI DENGAN SEBUAH SEBUTAN:

MENUTUP DULU BARU DITERIMA

Maksud dari ungkapan di atas yaitu kalau mau diterima GA tutup dulu akun yang lebih dari satu. Karena Kalau daftar Adsense Google dengan lebih dari satu email akan membuat tidak diterima pengajuan permohonan menjadi publisher. Oleh karena itu tutup akun yang lain dan fokus dengan akun baru. Bila tetap bertahan dengan blog yang pernah ditolak tetapi belum kita tutut akun Ganya maka usahakan perbaikan yang disarankan kemudian ajukan. Bila sesuai kebijakan pasti diterima. Posting artikel yang berkualitas yaitu mempertimbangkan pengalaman pengguna, yaitu mereka yang mencari informasi di blog kita dan kepentingan mereka yang akan tertarik memasang iklan di blog kita. Misalnya tulis tentang teori efektivitas pendidikan, coba hubungkan dengan teknologi atau alat-alat eloktronik seperti: Komputer, Laptop, Handphone, WiFi, iPad, Kabel HML, Cara menghubungkan Hp Android ke Proyektor, Kabel yang dipergunakan untuk koneksi ke Proyektor, mini proyektor, Kabel HDMI yang dipakai untuk terhubung ke Proyektor sehingga efektif presentasi materi dengan menggunakan Handphone Android. Informasi ini tentu berguna untuk guru, mahasiswa, dan dosen. Selain itu informasi ini juga berhubungan dengan sponsor yang akan memasang iklan. Faktor inilah yang patut dipertimbangkan dalam menulis artikel agar diterima Google Ads.

KABAR GEMBIRA IKLAN ANDA SUDAH TAYANG

Sampai disini apa yang saya tulis dalam artikel terdahulu tertanggal 07 Agustus 2018 sudah terpenuhi yaitu blog ini diterima GA. Silakan baca artikel terdahulu di Tutup GA untuk diterima
“Habis gelap terbit terang. Habis ditolak berkali-kali terbit penerimaan. Mentari di Google Adsense pasti terbuka. Mengapa begitu karena saya sekarang bujangan. Maksudnya sudah bercerai dengan 5 akun GA. Jadi siap-siap mendaftar untuk 1 akun Google Adsense untuk sejuta harapan. Kiranya matahari terbit dan bersinarlah di Google Adsense untukku dan untukmu”
Akhirnya tetap bersabar, bersemangat dalam perjuangan. Jangan putus asa kalau permohonan Anda ditolak berkali-kali. Saya tidak apakah ada blogger yang pengalaman seperti saya. Mendaftar tahun 2015 kemudian baru lolos diterima Google Ads tahun 2018

Salam perjuangan
Share This
Previous Post
Next Post

Pellentesque vitae lectus in mauris sollicitudin ornare sit amet eget ligula. Donec pharetra, arcu eu consectetur semper, est nulla sodales risus, vel efficitur orci justo quis tellus. Phasellus sit amet est pharetra

0 comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.