Tuesday, September 18, 2018

Efektivitas Asuransi Bagi Guru dan Dosen Swasta

ad300
Advertisement
Apa urgensi Asuransi bagi seorang pendidik, khususnya pendidik sseperti guru dan dosen yang statusnya swasta, bukan pegawai negeri. Karena PNS sudah ada mekanisme yang diatur negara. Jadi, tulisan ini hanya sifatnya berbagi informasi tentang perlunya asuransi bagi kita yang bekerja sebagai pendidik profesional tetapi masih swasta. Tentu rekan-rekan yang bekerja di Yayasan Pendidikan Swasta, ada pula yang sudah diatur oleh Yayasan untuk dana asuransi, namun ada pula yang sedang berjuang. Ada yang sedang dipikirkan dan diperjuangkan oleh Yayasan. Namun boleh jadi, guru atau dosen mendapat tawaran asuransi dari pihak-pihak penyedia layanan asuransi.

Ada macam-macam asuransi,seperti:
1. Asuransi Perjalanan
2. Asuransi Mobil
3. Asuransi Kesehatan
4. Asuransi Hari Tua
5. Asuransi Pensiun
6. Asuransi Pendidikan


Macam-macam asuransi di atas dapat dipilih oleh seorang pendidik. Misalnya pendidik (Guru dan Dosen) memiliki mobil maka mengasuransi mobilnya di asuransi mobil. Bila ada sesutu terjadi, misalnya namun kita tidak mengharapkan itu terjadi, namun bila terjadi kecelakaan maka kita bisa mengurus asuransi mobil. Namun harus berhati-hati dengan asuransi yang ditawarkan. Pastikan bahwa asuransi itu benar-benar ada dan memiliki kredibilitas layanan publik. Cek izin dan lain-lain. Setelah dipastikan semuanya, silakan daftar. Demikian pula asuransi lainnya seperti: Asuransi perjalanan, kesehatan, asuransi hari tua, asuransi pendidikan, asuransi hari tua

Sering kita ditawarkan bermacam-macam asuransi yang berasal dari luar negeri dan memiliki kantor pusat di Indonesia. Ada yang dari Amerika, Jerman, Swis, Perancis dan negara-negara lain.
Suatu saat ada yang menawarkan asuransi kepada saya, yang menawarkan asuransi adalah mantan murid saya. Saya meresponinya kemudian ia menghubungi saya untuk meminta waktu dalam memberi presentasi singkat tentang Asuransi Kesehatan yang ia tawarkan.. Namun saya belum sempat mendaftar untuk mengikuti asuransi ini. Alasan saya yaitu saya masih fokus untuk biaya kuliah dua anak saya. Setiap bulan cukup besar pengeluaran. Jadi, saya tidak jadi mengikuti asuransi tersebut. Berdasarkan pengalaman itu, kali ini saya tulis tentang Asuransi. Siapa tau ada yang mau ikut. Silakan saja mendaftar di Asuransi yang sudah jelas keberadaannya.
Pada waktu saya menulis artikel ini, saya coba cari jenis asuransi yang berasal dari dalam dan luar negeri. Saya ketemu dalam laman teratas google yaitu Asuransi Allianz. Ada beberapa jenis asuransi seperti mobil dan kesehatan,dll. Allianz berdasarkan penelusuran, saya dapati bahwa negara asalnya di Jemrman, tepatnya di kota Munich. Allianz core bisnisnya adalah Asuransi. Sudah ada di Negara kita. Silakan mempelajari sendiri asuransi ini. Termasuk asuransi lain.

Saya sebenarnya ingin ikut asuransi Pendidikan untuk anak-anak saya, selain itu Asuransi Hari Tua. Tetapi saya belum memutuskan untuk mengikutinya. Saya tidak tahu, kapan waktu yang tepat untuk mengikuti asuransi.Tetapi saya kira sudah mentok untuk ikut asuransi. Jadi, saya tulis untuk orang lain saja.

Semoga bermanfaat
Share This
Previous Post
Next Post

Pellentesque vitae lectus in mauris sollicitudin ornare sit amet eget ligula. Donec pharetra, arcu eu consectetur semper, est nulla sodales risus, vel efficitur orci justo quis tellus. Phasellus sit amet est pharetra

0 comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.