Tuesday, September 25, 2018

Cara Pendidik Profesional Mengefektifkan Produk Google Yang Bernilai Tambah

ad300
Advertisement
Apa cara Guru dan Dosen Mengefektifkan Produk Google Untuk Penghasilan dan Media Pembelajaran Online.?
Pendidik profesional dalam artikel ini yaitu guru dan dosen. Nilai tambah yang dimaksud yaitu bagaimana guru dan dosen memnafaatkan produk google seperti email, blogspot sebagai sumber penghasilan online dan menjadikannya sebagai media pembelajaran yang sukses mewujudkan ketercapai tujuan pembelajaran (faktor efektivitas). Nilai tambah dalam artikel ini dihubungkan dengan Google Adsense sebagai peluang penghasilan bagi guru dan dosen yang mau mengubah aktivitas mereka menjadi bernilai ekonomis. Ikuti penjelasan dalam artikel berikut ini.


Semua orang pasti mengenal Google. Google adalah sebuah perusahan online yang kantor pusatnya berkedudukan di Amerika. Google dikenal semua orang karena internet. Internet memungkinkan seseorang mengakses informasi dari komputer lain yang sudah terkoneksi dengan internet. Komputer lain yang terhubung dengan internet inilah yang membuat orang dapat mengakses informasi melalui mesin pencari seperti Google.

Informasi yang dimaksud di atas adalah informasi yang disimpan dalam bentuk website pribadi, website kantor, website perusahan. Dalam website-website yang disebutkan, pasti sudah ada informasi. Informasi tersebut berupa informasi yang dibuat secara pribadi untuk kemudian disimpan dalam website pribadi yang akan diakses secara umum oleh siapa saja di seluruh dunia. Informasi itu dapat berupa penjelasan suatu produk atau informasi keluarga, informasi cara pemeliharaan kesehatan, dan foto atau gambar. Demikian pula website kantor pemerintah maupun kantor swasta. Di dalam website kantor, tersimpan dokumen yang dipublikasikan untuk diketahui umum serta gambar-gambar maupun video. Demikian juga website-website yang dibuat untuk keperluan seperti permainan game, bisnis online berupa penjualan produk yang siap ditawarkan kepada pembeli. Ada pula yang menyediakan website Bisnis Online dengan Program Reseller dan affiliate, Cost Per Action, Cost Per Clik (CPC), Cost Per Mill, Permainan Game untuk anak-anak dll.



Bila yang disebutkan di atas tersedia di website yang dibuat di komputer lain dan dihubungkan dengan internet maka siapa saja yang komputernya terhubung dengan koneksi internet seperti WiFi, Kartu Paket Internet maka akan mudah mencari informasi yang diperlukan melalui mesin pencari seperti google. Google kemudian menampilkan informasi yang dicari seseorang dalam 10 tampilan awal untuk 10 situs teratas, bila informasi yang dicari itu cocok maka akan di klik. Hasilnya yaitu orang mendapatkan informasi yang ada di komputer lain. Misalnya saya membuat website kemudian saya koneksikan ke internet maka berita dalam website saya dapat ditemukan oleh siapa saja yang mencari informasi yang saya sampaikan dalam website saya. Demikian juga Blog seperti blogspot. Saya membuat blog dengan menggunakan komputer atau laptop kantor maupun pribadi untuk membuat sebuah blog. Setelah itu, saya publikasikan isi blog. Blog yang demikian tentu isinya dapat dibaca oleh siapa saja yang mencari melalui komputer atau laptop pribadi yang terhubung dengan internet seperti WiFi. Kini kita bisa menggunakan WiFi dari Indihome, Bold dll. Selain WiFi, kita dapat menggunakan kartu perdana seperti XL, Simpati, Axis, telkomsel. Melalui fasilitas koneksi internet seperti inilah maka kita dapat mengakses informasi dari kompueter lain yang terhubung dengan internet. Itulah sebabnya internet diartikan sebagai “terhubungnya satu kompeter dengan komputer lain di seluruh dunia.”

Terhubungnya satu komputer dengan komputer lain di seluruh dunia yang biasa kita lakukan melalui mesin pencari seperti Google. Saya juga membaca malam ini mesin pencari perjalanan yang disebut "Wego" yang berbasis di Singapura. Mungkin suatu saat kita akan bahas ini. Tetapi saya melanjutkan lagi dengan Google. Google adalah sebuah perusahan online yang sebenarnya memberi peluang kepada pendidik (Guru dan Dosen) untuk memanfaatkan Google dan produk-produk google dalam banyak manfaat (ragam manfaat). Ragam manfaat yang saya maksudkan seperti berikut:

1. Menjadikan Google sebagai Penopang efektivitas Pembelajaran Para pendidik dapat memanfaatkan Google dan produk-produknya seperti: Gmail, Blogspot untuk menunjang tercapainya tujuan pembelajaran. Misalnya guru dan dosen memanfaatkan blog untuk menulis dan memposting materi ajar dalam halaman blog. Materi ajar itu dibuat sesuai Kurikulum yang berlaku saat ini. Beberapa komponen yang mesti ada ketika memposting materi ajar di Blog, yaitu:

a. Rumusan Kompetensi Inti.

Menurut Daryanto dan Herry Sudtendro (2014:84), Kompetensi Inti merupakan tingkat kemampuan untuk mencapai Standari Kompetensi Lulusan yang harus dimiliki seorang peserta didik pada setiap tingkat kelas atau program yang menjadi landasan pengembangan kompetensi dasar.

b. Rumusan Kompetensi Dasar

Menurut Daryanto dan Herry Sudtendro (2014:84), Kompetensi Dasar adalah pembentukan kecakapan peserta didik yang meliputi: sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan dan ketrampilan dalam muatan pembelajaran, mata pelajaran, atau mata kuliah

c. Rumusan Indikator

Indikator Kompetensi Dasar adalah pengembangan kompetensi dasar sebagai tanda ketercapaian kompetensi dasar dan Standar Kompetensi. Kemudian indikator dijadikan sebagi sub-sub pokok bahasan dari setiap pokok materi pembelajaran. Misalnya bila Kompetensi Dasar dikembangkan dalam 7 Kompetensi Dasar maka setiap kompetensi Dasar dikembangkan, minimal 2 Indikator. Pengembangan Kompetensi Dasar menjadi 7 karena jumlah pertemuan ada 14 sampai 16 kali pertemuan untuk tingkat Perguruan Tinggi. Bila Kompetensi Daarnya misalnya 3, maka guru memperbanyak dalam setiap KD dalam lebih dari dua indikator. Hal ini tentu disesuaikan dengan kedalaman materi dan jam pelajaran yang tersedia serta jumlah pertemuan. Bila terlampau sedikit indikator maka dikuatirkan guru atau dosen kehabisan bahan pelajaran sebelum jumlah pertemuannya berakhir.

d. Materi Pembelajaran

Guru dan Dosen dapat memposting materi pelajaran/materi kuliah per kompetensi dasar kemudian diikuti dengan indikator dalam satu laman blog, sedangkan postingan berikutnya di laman blog yang berbeda untuk materi kompetensi dasar berikutnya. Demikian seterusnya sampai selesai materi untuk setiap kompetensi. Bila guru tidak ingin mempublikasikan materinya secara utuh maka cara lain dapat digunakan seperti memposting pokok-pokok penting atau garis besar materi pada kompetensi dasar yang akan disajikan kepada peserta didik. Memang dunia online sangat rentan terhadap kopi paste. Tetapi bila memposting seluruh materi maka blognya didaftarkan ke DMCA. Maksud mendaftar ke DMCA agar isi blog kita dilindungi dari hak ciptanya. Jadi kalau ada yang menerbitkan menjadi buku atau di blog lain tanpa menyebutkan sumber maka bisa dilaporkan ke DMCA dan Google. Hasilnya bila dimuat di blog lain maka blog tersebut bisa dihapus oleh Google. Yang penting ada bukti yang kuat sebelum diajukan ke Google dan DMCA.

2. Menjadikan Produk Google Untuk Menghasilkan uang
Guru dan dosen dapat menjadikan peluang penghasilan online dengan memanfaatkan produk google seperti menggunakan blogspot dan email dari gmail. Bologspot dapat dijadikan sebagai sumber penghasilan online atau katakanlah penghasilan tambahan bagi guru dan dosen yang hobinya menulis, dan hobi-hobi lain yang ada dalam diri guru seperti: hobi memancing, hoby bermain bola voly, bola kaki, hoby tinju, hoby berkebun, hoby koleksi barang-baang antik, hoby memasarkan produk seperti menawarkan rumah kepada pembeli, dan hoby lain yang tidak disebutkan disini. Hoby-hoby tersebut dapat dirubah menjadi peluang menghasilkan penghasilan online melalui blog gratis milik google yaitu Blogspot.

Caranya:

2.1. Penghasilan online melalui Produk Google dengan sistem CPC (Cost Per Click)
2.2. Penghasilan online melalui Produk Google dengan sistem Menjual Produk
2.3. Penghasilan online melalui Produk Google dengan sistem Menjadi Reseller
2.4. Penghasilan online melalui Produk Google dengan sistem Cost Per Action
2.5. Penghasilan online melalui Produk Google dengan sistem Cost Per Mille
2.6. Penghasilan online melalui Produk Google dengan sistem Cost Per Lead
2.7. Penghasilan online melalui Produk Google dengan sistem Cost Per Instal App
2.8. Penghasilan online melalui Produk Google dengan sistem Instal Android


Berdasarkan pada beberapa jenis sumber penghasilan di atas yang dapat kita lakukan melalui blogspot, namun saya hanya sarankan dua hal: (1) Mengusahakan penghasilan online melalui Blogspot dengan sistem CPC dari Google Adsense, (2) Mengusahakan penghasilan melalui produk sendiri dan ditawarkan melalui blog. Maksudnya buat tulisan tentang produk yang mau dijual kepada publik melalui blog gratis. Kalau kita punya kemampuan dalam olah data statistik untuk karya ilmiah S1, S2, S3 maka kita dapat menawarkan jasa olah data. Harganya tentu kita cari di internet kemudian bandingkan, seteah itu buat harga jasa olah data per variabel.

Bagi mereka yang memiliki kemampuan menulis, bisa mempromosikan jasa penulisan artikel profesional. Kita dapat menentukan harga menulis artikel dengan biaya yang ditentukan bersarkan halaman atau jumlah kata. Ada yang membuat harga untuk jumlah 300 seharga Rp 9.000,00 dan seterusnya. Silakan lihat jasa penulisan artikel profesional. Artkel profesional artinya menulis untuk dibayar. Mereka yang menawarkan jasa menulis artikel profesional tentu punya keahlian dalam menulis. Itulah sebabnya mereka menawarkan artikel profesional.

Menulis artikel SEO untuk website.Ada website kantor atau perusahan yang mungkin menghendaki agar situsnya menempati urutan teratas google dalam kata kunci tertentu. Kita bisa menulis artikel SEO untuk website. Tentu ini butuh kecakapan khusus dan juga pengalaman dalam dunia situs dan blog atau hanya pengalaman di dunia blogging jua bisa.
Ada blog saya yang menempati urutan teratas dalam keyword: “Reward Cost Per Action” dan Juga “Bisnis Online 13265”. Ini hanya sekadar contoh situs atau blog yang berhasil mendapat peringkat 1 Google karena kata kunci yang disukai Google.

Bagi mereka yang punya hobi masak, dapat membuat blog tentang masakan kemuduan ditawarkan kepada pengunjung blog. Bila tidak langsung terlibat dalam hal masak maka cukup posting tentang cara masak, mengolah daging atau membuat masakan daerah tertentu.

Jika ada yang menaruh minat untuk menulis tentang ikat pinggang guru, sepatu kulit yang bermerek dan buatan Indonesia seperti Bucery dan sepatu-sepatu lain, dapat membuat blog khusus untuk memposting tentang ikat pinggang, sepatu, kaca mata, dompet, kaos kaki dll. Dapat menulis tentang bagian ini. Toh para guru dan dosen juga membutuhkan ikat pinggang, kaca mata dll. Jadi tentu ini menjadi sebuah tema yang layak untuk ditulis dan dipublikasi oleh seorang untuk menjadi sumber penghasilan dengan cara mendaftarkan blog ke Google Adsense dan berhasil diterima menjadi "Publisher GA".

Bila pengunjungnya ramai maka blog tersebut dapat didaftarkan ke Google Penghasil Uang yaitu “Google Adsense”. Sebelum mendaftar, tata blog dari segi tombol navigasi. Tombol navigasi harus fast loading, sederhana alias tidak terlalu rumit dan membingungkan pengunjung. Saran saya pakai template yang sudah ada tombol navigasi di header blog. Ada banyak template pihak ketiga yang tata letak tombol navigasinya bagus. Saya menggunakan Template Mark yaitu evendly. Jika Anda mau silakan coba. Tetapi bisa juga mencoba dengan template seperti Mas Sugeng. Saya belum mencoba, tetapi saya lihat templatenya ramai digunakan para blogger Indonesia. Jadi perlu dicoba. Templatenya tentunya berbayar. Tetapi kalau mau yang gratis ya silakan cari template SEO Friendly Fast Loading.
Setelah itu, silakan merubah sesuai keinginan kita. Misalnya kita membuat tombol navigasi Home, Kontak Saya, Tentang Saya, atau perhatikan di header blog Efektivitas (blog yang sedang Anda baca)
Jangan lupa posting tentang produk google dalam artikel blog. Maksdunya sebelum Anda mendaftar ke Google Adsense, jangan lupa posting produk google. Misalnya anda tulis tentang gmail, google drive, blogspot, Android, Android Auto dll. Silakan baca di bagian Produk Google yang diposting dalam blog ini.

Jadi, berdasarkan uraian di atas, produk google seperti email dari gmail dan blogspot dapat dipergunakan untuk “berpenghasilan online” dengan cara mendaftar ke Google Adsense dan menjual produk sendiri seperti menjual jasa penulisan artikel profesional, jasa masak dll. Sedangkan dalam konteks pembelajaran, Blogspot dapat dipakai sebagai “Media Pembelajaran Online dan interaktif”. Guru dapat berinteraksi dengan peserta didik melalui kolom komentar di blog. Dengan demikian tercapailah apa yang disebutkan dalam tema blog ini yaitu efektivitas pembelajaran. Hal ini menyangkut ketercapaian tujuan pembelajaran.

3. Dalam menunjukkan eksistensi diri sebagai pendidik (Guru dan Dosen)

Tugas pendidik adalah keterlibatannya dalam tridarma Perguruan Tinggi , yaitu melakukan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
Salah satu media yang paling efektif memperkenalkan tulisan kita atau karya pendidik dalam pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat yaitu melalui cara mempostingnya di “Blogspot”. Blogspot adalah salah satu produk google. Blog ini mudah dibuat oleh siapa saja, ia tidak terlalu rumit. Bila kita sudah kelas menengah dalam kegiatan ngeblog maka kita dapat membuat blogspot yang free menjadi blog yang berpenampilan profesional. Hebatnya lagi, Blogspot menerima template dari piha ketiga. Jadi kita dapat mengganti template yang lebih cocok dengan kemauan kita. Saya kebetulan memiliki estetika yang tinggi jadi saya selalu mengganti template blog agar blog kelihatannya berpenampilan kren dan disukai pengunjung.
Ya saya masuk ke inti pokoknya. Blogspot dapat kita gunakan menunjukkan eksistensi kita sebagai seorang pendidik. Menulis dan mempublikasi adalah bagian dari eksisten diri seorang pendidik profesional. Kita tidak perlu malu menggunakan blogspot karena alasan blognya bersifat free. Kita harus menjadikan blogspot sebagai media untuk menunjukkan semangat entrepreneur pendidik. Free tetapi dapat digunakan untuk bermanfaat bagiribuan orang di seluruh dunia. Semuanya bergantung kita. Saya tidak malu menggunakan Blogspot untuk memposting mata kuliah yang saya asuh. Saya bergelar Doktor, tetapi di atas saya ada bapak-bapak yang bergelar Profesor tetapi mereka menggunakan blogspot untuk mempublikasi apa yang mereka tulis. Itulah sebabnya saya tidak malu. Saya menggunakan blogspot untuk menunjukkan eksistensi saya sebagai seorang pendidik. Menulis dan mempublikasi tentang bahan mengajar dan bahan-bahan lepas seperti artikel blog untuk kepentingan “penghasilan online” seperti menjadi “PUBLISHER GOOGLE ADSENSE” juga menolong saya untuk berpikir kreatif, inovatif.

Saya baru menulis tentang bahan-bahan ajar dari setiap mata kuliah yang saya asuh. Ada pula saya membuat beberapa blog khusus untuk memposting tentang “Metodologi Penelitian” Khususnya metodologi penelitian kualitatif. Saya belum sempurna dalam metodologi penelitian tetapi apa yang saya lakukan dalam penelitian kualitatif untuk disertasi saya, saya posting dalam blog kolokium riset penelitian kualitatif dan juga penelitian teologi.

Pada akhirnya Produk Google seperti: Email gmail, blogspot dapat kita manfaatkan untuk berpenghasilan online dengan mengikuti salah satu produk Google yang menghasilkan uang yaitu Google Adsense. Untuk ikut serta dalam GA maka kita harus mendaftar, jika pendaftaran disetujui maka kita menjadi “Publisher Google Adsense. Setelah itu kita memasang kode GA di Blog untuk terbitkan iklan sponsor yang bekerja sama dengan Google Adsense (GA).

Alat yang kita perlukan untuk mewujudkan penghasilan online dan eksistensi kita yaitu memiliki laptop. Silakan merek apa saja, karena ada macam-macam merek laptop. Ada buatan Asia seperti Korea, Jepang; Laptop buatan Amerika, Laptop buatan Eropa seperti: Laptop dari Jerman, Laptop dari Prancis, Laptop dari Belanda atau Made In Belanda, Made in China, Made in India dan lain-lain. Saya sejak 2008 menggunakan laptop Hp. Kondisinya sudah tua, bagian kirinya sudah patah, dan berhasil di bawa ke tukang service cumakondisinya semakin parah, hampir tidak dapat dioperasikan namun berkat lem tembok maka patahan/rekan yang para pada laptopku dapat tersambung utuh. Rupanya lem beton juga berguna untuk laptop. Namun kita harus hati-hati agar tidakterkena kulit atau jari, bila itu terjadi maka akan menyatu dengan laptop dan sulit dipisahkan. Jadi tentu saya berhati-hati melemnya. Mau LEMBIRU tetapi saya sangat sayang laptopku ini. Punya histori sendiri bagi saya. Laptopku membuat saya berhasil meraih gelar dan PP kuliah Jakarta – Semarang denga transportasi yang lancar. Sering menggunakan kereta api eksekutif bila hendak kembali ke Jakarta. Saya ke stasius tawang kemudian memesan kereta eksekutif kemudian kembali ke Jakarta (Statisu Jatinegara). Saya tidak banyak mengalami kesulitan karena bila ada teman yang meminta bantuan untuk sekadar mengetik dan mengedit maka saya layani. Maklum teman-teman kuliahku rata-rata orang sibuk dan berduit. Jadi setelah mereka merasa ditolong ya mereka juga tolong saya dalam memberi pengertian untuk biayaku balik ke Jakarta. Saya tidak meminta, namanya tolong teman. Tetapi nampaknya mereka lebih mengerti. Ya saya terima dengan senang hati.

Semoga berkesempatan mencoba berpengahsilan online dan eksistensi sebagai pendidik.

Salam YM
2.254 kt
Share This
Previous Post
Next Post

Pellentesque vitae lectus in mauris sollicitudin ornare sit amet eget ligula. Donec pharetra, arcu eu consectetur semper, est nulla sodales risus, vel efficitur orci justo quis tellus. Phasellus sit amet est pharetra

0 comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.