Tuesday, September 11, 2018

Efektivitas Membeli Buku Secara Online

ad300
Advertisement
Buku adalah salah satu sumber pengetahuan yang paling efektif. Pengetahuan yang benar tetapi diperoleh dari mereka-mereka yang telah mengadakan riset pustaka (kebenaran teori) dan riset lapangan (kebenaran empiris). Dengan demikian pengetahuan yang benar adalah pengetahuan rasional yang dipadukan dengan pengetahuan empirikal. Untuk mendapat pengetahuan yang benar maka seseorang harus mencari sumber pengetahuan yang benar itu. Bagi mereka yang rajin membaca buku akan mendapatkan pengetahuan yang luas. Dengan demikian orang semacam ini tidak ketinggalan pengetahuan yang terus menerus berkembang.

Sekarang setiap masyarakat ilmiah (dosen, guru, mahasiswa, siswa/peserta didik/murid) mesti membaca buku yang sifatnya mutakhir, yaitu buku yang terbit 5 tahun terakhir dari tahun di mana seseorang,khususnya mahasiswa yang mengadakan peneitian ilmiah berupa Skripsi, Tesis dan Disertasi.
Untuk mendapatkan buku maka ada macam-macam cara, seperti mendatangi perpustakaan sekalah atau perguruan tinggi, baik yang berbentuk universitas, sekolah tinggi, akademi, politeknik. Namun bila ingin mendapatkan buku yang nantinya menjadi koleksi pribadi maka pilihannya yaitu membeli buku. Membeli buku juga ada berbagai cara.
1. Mendatangi toko buku seperti Gramdeia,BPK Gunung Muia, Immanuel, toko buku Walisongo dll. 2. Membeli buku secara online. Ada banyak situs yang menawarkan penjualan buku secara online. Buku-buku yang dijual juga bermacam-macam. Hal itu tentu bergantung pada minat seseorang sesuai dengan program studi yang dipilih (bagi mahasiswa), dan bidang sudi yang diajar (bagi guru dan dosen. Seiring dengan perkembangan teknologi, kini telah hadir teknologi pembelian buku online dan pengiriman juga bersifat online. Lalu buku apa saja yang biasanya efektif dibeli secara online?

1. Buku-buku Filsafat

Bagi mahasiswa yang mengambil jurusan atau program studi Sarjana maupun Magister dan Doktor pada bidang filsafat, pasti akan mencari buku-buku filsafat. Buku-buku filsafatpun dikategorikan dalam berbagai rumpun. Ada buku filsafat Umum atau Filsafat Murni seperti Filsafat Platot, Sokrates, Filsafat Asia, dll. Namun ada pula buku-buku filsafat terapan. Buku-buku filsafat terapan tentu dibutuhkan oleh semua bidang studi. Artinya bidang studi manapun tetap membutuhkan filsafat. Misalnya bidang Hukum membutuhkan filsafat maka lahirlah ilmu yang secara khusus memperhatikan hukum dari perspektif filsafat (Filsafat Hukum), Bidang lain seperti ekonomi juga membutuhkan filsafat maka ada filsafat ekonomi, bidang Fisika, matematika, Pendidikan dll semuanya membutuhkan filsafat. Termasuk agamapun membutuhkan filsafat maka ada filsafat Agama atau filsafat teologi.
Beberapa buku yang kita kenal, misalnya:
1. Pengantar Filsafat
2. Filsafat Hukum
3. Filsafat Ilmu
dll
Bagi mahasiswa yang mengambil mata kuliah Filsafat Ilmu dapat membeli buku-buku filsafat ilmu, Demikian juga para dosen yang mengajar mata kuliah Filsafat Ilmu dapat membeli buku-buku filsafat Ilmu yang kini membanjiri toko buku. Artinya sudah banyak minat menulis buku filsafat Ilmu


Kita bisa mencari secara online dan membeli buku-buku filsafat secara online pula.
Misalnya mahasiswa Teologi di STT ingin membeli buku Filsafat yang ditulis oleh Norman L.G. dan Paul D.Feinberg. Buku filsafat ini berjudul: "Filsafat dari Perspektif Kristiani." Buku ini diterbitkan oleh toko buku Gandum Mas Malang. Buku ini bisa dipesan secara online di toko buku online. Bisa juga membeli secara manual di toko buku BPK Gunung Mulia Jakarta, Kalam Hidup, Immanuel, Obor yang berlokasi di Senen dekat Sekolah Penabur, dll.

Buku-Buku Pendidikan

Bagi guru maupun dosen yang terlibat dalam tugas mengajar, mesti membeli buku-buku terbaru, yaitu buku yang terbit mulai tahun 2014 -2018. Beberapa buku pendidikan yang ditulis dan diterbitkan 5 tahun terakhir (2014 ke 2018), antara lain. 1. Buku-buku tentang Revisi Kurikulum 2013, Implementasi Konsep dan Penerapan K2013
2. Buku-buku RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran)
3. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Eduaktif
4. Kode Etik Profesi Guru
5. Psikologi Pendidikan
6. Antropologi Budaya
7. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling
8. Mendidik untuk Kehidupan
9. Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah
Beberapa buku yang disebutkan di atas mewakili akan pembahasan tentang efektivitas membeli buku secara online. Efektivitas pembelian buku online tentu terletak pada tercapainya kerinduan memiliki buku tanpa harus pergi ke toko buku yang kadang butuh waktu yang lama. Bila ditempuh dengan kenderaan pribadi atau mobil pribadi maka biaya yang dikeluarkan juga cukup besar. Belum lagi biaya tidak terduga di jalan. Dikatakan demikian karena kita tidak dapat memprediksi secara tepat apa yang terjadi di jalan.
Oleh karena itu membeli buku secara online adalah cara efektif yang mendatangkan efisiensi dan produktivitas aktivitas kita di rumah atau dikantor.
Bila kita pergi ke toko buku maka kita sudah menghabiskan waktu sekian jam, namun bila kita ada di rumah maupun kantor maka kita dapat meyelesaikan tugas, katakanlah karya kita dalam bidang penelitian bisa diselesaikan beberapa bagian. Berdasarkan alasan-alasan ini maka membeli buku secara online adalah salah satu cara efektif.
Semoga Bermamnfaat
Share This
Previous Post
Next Post

Pellentesque vitae lectus in mauris sollicitudin ornare sit amet eget ligula. Donec pharetra, arcu eu consectetur semper, est nulla sodales risus, vel efficitur orci justo quis tellus. Phasellus sit amet est pharetra

0 comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.