Friday, September 14, 2018

Publisher Google Adsense

ad300
Advertisement
Apa itu Publisher Google Adsense?
Publisher Google Adsense adalah Pribadi/organisasi yang mendapat kewenangan menerbitkan iklan di website atau blog yang disetujui Google Adsense.
Sumber Penghasilan di Google Adsense
Ada beberapa sistem yang ada di GA yang akan menolong kita dalam mendapatkan penghasilan online. Sumber yang saya maksud yaitu dari CPC, CTR, CPM dll. Masing-masing sumber dijelaskan sbb:
1. Cost Per Click atau disingkat CPC. Di Indonesiakan menjadi Biaya Per Klik, disingkat BPK. Kita akan mendapat penghasilan apabila pengunjung blog atau website mengklik iklan yang tayang di blog. Harga per klik tentu berbeda-beda. Ada yang ukuran benernya besar dan ada pula yang kecil. Tentu harganya berbeda-beda.
2. CLICK THROUGH RATE, disingkat CTR

Penghasilan yang kita dapatkan dari sistem CTR yang diterapkan Google Adsense yaitu jumlah klik iklan di blog kita oleh pengunjung kemudian dibagi dengan jumlah tayangan Iklan GA di blog kita. Misalnya sebuah iklan muncul di blog kita sebanyak 1500 kali dan kliknya oleh pengunjung blog hanya 12 kali maka cara menghitung pendapatan kita yaitu 12/1500 = 0,008 atau setara dengan 0,8 %
3. Cost Per Mille atau biasa disingkat CPM, bila di Indonesiakan maka biasa disebut Biaya Per Seribu atau BPS. Pendapatan atau penghasilan yang diperoleh dari sistem ini yaitu perhitungan google per seribu kali halaman tayang.
4. Reveneu Per Thousand Impression atau disingkat RPM. Penghasilan yang kita peroleh dari RPM yaitu dari setiap 1000 impresi. Harganya antara $1 - $5. Perhitungannya berdasarkan wilayah. Tentu Amerika dan Eropa berbeda dengan wilayah negara berkembang seperti Indonesia dan beberapa negara di Asia yang masuk kategori negara berkembang. Di Negara berkembang, sedikit yang menggunakan advertising, sementara di negara Amerika dan Eropa sangat banyak advertising yang menggunakan Adsense (iklan) untuk mempromosikan produk atau usaha yang dilakukan kelompok atau per-orangang.
RPM yang disebutkan di atas dibagi lagi dalam beberapa sistem, yaitu:
1. RPM Queri
2. RPM Halaman
3. RPM Permintaan Iklan
Penjelasannya dapat dilihat dalam beberapa blog yang sudah menjelaskan 3 sitem di atas. Hal yang ingin saya tekankan disini yakni bila blog kita sudah diterima GA maka iklan akan muncul dalam blog kita, dan kita mendapatkan bayaran dengan sistem perhitungan RPM Queri, RPM Halaman dan RPM Permintaan Iklan.
Tentu kita tidak terlalu paham perhitungannya tetapi yang jelas bahwa tiga sistem di atas memberi penghasilan bagi kita yang telah menjadi PUBLISHER GOOGLE ADSENSE.
Email dari Gmail

Menjadi Publisher GA harus punya email. Email yang saya sarankan adalah dari Gmail. Email ini adalah milik Google. Demikian pula GA juga milik Google. Jadi gunakan milik google juga. Tetapi kalau ada yang punya email seperti yahoo dll juga tidak apa-apa.

Blogspot

Menjadi Publisher Google Adsense harus punya website. Jika belum punya karena harus membayar domain dan hosting seperti saya memiliki domain dan hosting berbayar dari RumahWeb. Namun jika belum punya situs berbayar, maka blog gratis seperti blogspot juga boleh. Malah saya menggunakan blogspot untuk mendaftar Google Adsense. Kita tidak perlu membayar biaya keamanan blog. Semua sudah diantisipasi oleh Google.
Membuat blog juga gampang. Silakan mendaftar gratis di www.blogger.com
Bila menggunakan template dari pihak ketiga maka pakailah template yang SEO friendly dan Fast Loading serta yang sudah dircang kolom Adsnya. Template yang saya gunakan untuk mendafat menjadi Publisher Adsense miliki Google adalah template Evendly

Penghasilan online

Faktor penghasilan online juga menjadi daya dorong tersendiri dalam mendaftar menjadi Publisher Iklan milik Google. Bila Blog kita sudah disetujui dan sudah tayang iklan maka walaupun kita tidur, sistem tetap berjalan, pendapatan online juga tetap berjalan. Pendapatan itu didasarkan pada CPC dan sistem lain yang sudah dijelaskan di atas.

Memaksimalkan Pekerjaan Sebagai Publisher Iklan Google

Bila kita hendak mendapat penghasilan yang meningkat di GA maka kita harus berjuang lebih serius. Kita mesti mempublikasi artikel yang bermutu. Artinya artikel yang dibutuhkan pengunjung. Dikatakan demikian karena penghasilan itu berasal dari kunjungan para pembaca blog. Walaupun mereka tidak klik tetapi setiap yang mengunjungi blog kita tentu ada dalam sistem hitungan di atas.

WiFi

Menjadi Publisher perlu koneksi internet. Saya awalnya menggunakan modem internet, dan juga kartu paket data internet: Simpati, XL, Axix dll. Namun sejak beberapa tahun terakhir ini saya menggunakan WiFi, yaitu dari Indihome. Pemasangan WiFi di rumah sangat menolong saya dalam mewujudkan kerinduan menjadi Publisher Google Adsense. Dan sudah berhasil diterima GA pada bulan Agustus 2018.

Tampilan Google Adsense

Saya senang dengan tampilan iklan Google di Blog. Ada bermacam-macam ukuran yang kita bisa pakai. Saya gunakan yang responsif dan juga yang otomatis. Tampilan iklan di blog sering memperindah estetika blog.

Semoga bermanfaat.
Share This
Previous Post
Next Post

Pellentesque vitae lectus in mauris sollicitudin ornare sit amet eget ligula. Donec pharetra, arcu eu consectetur semper, est nulla sodales risus, vel efficitur orci justo quis tellus. Phasellus sit amet est pharetra

0 comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.